Perbedaan Multi Processing Simetris dan Asimetris

 Perbedaan Multi Processing Simetris dan Asimetris

A: Apa perbedaan antara asimetris dan simetris multiprocessing?
B: Multiprocessing mengacu komputer dengan lebih dari satu prosesor. Sebuah komputer multiprocessing dapat menjalankan beberapa thread secara bersamaan, satu thread untuk setiap prosesor di komputer.



Komputer multi-prosesor yang umum digunakan sebagai platform server high-end, host untuk sesi interaktif multi-user, dan sistem single-user untuk menjalankan sumber daya intensif aplikasi desktop.

Multiprocessing sistem operasi dapat berupa asimetris atau simetris. Perbedaan utama adalah bagaimana cara prosesor dalam beroperasi.

Catatan

Jangan bingung multitasking dengan multiprocessing. Multitasking adalah teknik sistem operasi untuk berbagi prosesor tunggal di antara beberapa thread (kecil, komponen executable independen dari aplikasi) dari eksekusi. Sebuah sistem operasi multitasking hanya muncul untuk menjalankan beberapa thread pada waktu yang sama; sistem operasi multiprocessing sebenarnya begitu.
(Baca juga: Apa itu Mesin Virtual)

Perbedaan Multi Processing Simetris dan Asimetris
Gamb. Multi Processing Simetris dan Asimetris

Multiprocessing Asymmetric

Multiprocessing Asymmetric - Dalam multiprocessing asimetris (ASMP), sistem operasi biasanya menyisihkan satu atau lebih prosesor untuk digunakan eksklusif. Sisa dari prosesor menjalankan aplikasi pengguna. Akibatnya, prosesor tunggal menjalankan sistem operasi dapat jatuh di belakang prosesor menjalankan aplikasi pengguna. Hal ini akan memaksa aplikasi untuk menunggu sementara sistem operasi menangkap, yang mengurangi throughput keseluruhan sistem. Dalam model ASMP, jika prosesor yang gagal adalah prosesor sistem operasi, seluruh komputer bisa turun.
(Baca juga: Cara Kerja dari FTP/peran penting dalam men-download)

Symmetric Multiprocessing

Symmetric Multiprocessing - multiprocessing simetris (SMP) teknologi yang digunakan untuk mendapatkan tingkat yang lebih tinggi dari kinerja. Di multiprocessing simetris, setiap prosesor dapat menjalankan semua jenis benang. Prosesor berkomunikasi satu sama lain melalui memori bersama.

Sistem SMP menyediakan load-balancing dan toleransi kesalahan yang lebih baik. Karena benang sistem operasi dapat berjalan pada prosesor apapun, kemungkinan memukul hambatan CPU sangat berkurang. Semua prosesor diperbolehkan untuk menjalankan campuran aplikasi dan sistem operasi kode. Kegagalan prosesor dalam model SMP hanya mengurangi kapasitas komputasi dari sistem. Biasanya dalam mempelajari internet kita juga tidak terlepas dengan namanya HTML.

Sistem SMP secara inheren lebih kompleks daripada sistem ASMP. Sejumlah besar koordinasi harus berlangsung dalam sistem operasi untuk menjaga semuanya disinkronkan. Untuk alasan ini, sistem SMP biasanya dirancang dan ditulis dari bawah ke atas.

Sistem operasi Windows NT ® adalah Microsoft® sistem SMP. Windows NT kernel bekerja dengan lapisan abstraksi perangkat keras untuk mengelola beberapa prosesor. Lapisan abstraksi perangkat keras menyembunyikan rincian perangkat keras Symmetric Multiprocessing dari sisa dari sistem operasi. Kontrol kernel yang kode berjalan pada setiap prosesor pada waktu tertentu. Windows NT kernel memungkinkan dukungan multiprosesor dengan mengalokasikan benang berdasarkan prioritas thread di semua CPU yang tersedia dalam suatu sistem. Thread dari aplikasi apapun dapat berjalan secara independen pada setiap prosesor yang tersedia. Ini memastikan bahwa prosesor sistem selalu sesibuk mungkin menjalankan kode prioritas tertinggi.

Windows NT kernel mengirimkan semua thread sistem operasi di semua prosesor yang tersedia, termasuk I / O, jaringan, dan grafis. Meskipun peningkatan performa terbaik akan datang dari aplikasi multi-threaded, Anda akan sering mendapatkan dorongan kinerja kecil berjalan bahkan aplikasi berulir tunggal pada sistem multi-prosesor.

Itulah ulasan dari Perbedaan Multi Processing Simetris dan Asimetris. Semoga bisa bermanfaat untuk semua teman-teman di luar sana dan tentunya ilmu bertambah itu menyenangkan. Sekian dulu untuk artikel kali ini, terima kasih :)

Subscribe to receive free email updates: