Pengertian Batch System

BATCH SYSTEM

Pengertian Batch System


Batch merupakan nama yang diberikan untuk tugas melakukan pekerjaan yang sama berulang-ulang, satu-satunya perbedaan yang input data disajikan untuk setiap iterasi dari pekerjaan dan mungkin file output.Batch komputer operasi semacam ini kebutuhan sistem operasi ini biasa terjadi pada komputer mainframe yang dibeli khusus dengan pengolahan data berulang besar dalam pikiran. Misalnya, mainframe dibentuk untuk memproses 30 juta pernyataan pensiun, masing-masing dihitung untuk pelanggan tertentu.

Sebuah pekerjaan batch tidak perlu intervensi oleh seseorang setelah perintah awal ditetapkan.
Menyiapkan pekerjaan batch adalah sedikit seperti mengisi formulir, dengan rincian spesifik yang perlu disediakan. Rincian termasuk: Pekerjaan Pemilik Prioritas Pekerjaan (beberapa pekerjaan yang kurang mendesak daripada yang lain) Berapa banyak waktu prosesor diperbolehkan untuk pekerjaan itu (menghindari CPU memonopoli) garis maksimum yang akan dicetak (menghindari cetakan terbatas) rincian file data (untuk input dan output) Apa yang harus dilakukan jika pekerjaan gagal untuk berjalan dengan baik (misalnya membuat laporan pekerjaan gagal) Data Akuntansi (untuk mengisi Pemilik Job untuk batch)
 
Sementara Batch system yaitu job-job yang mirip dipersatukan dan dijalankan secara berkelompok setelah itu kelompok yang dijalankan tadi selesai maka secara otomatis kelompok lain dijalankan pula. Jadi, dengan kata lain adalah teknologi proses komputer dari generasi ke-2. Apabila suatu tugas tengah dikerjakan pada 1 rangkaian, kemudian akan di eksekusi secara berurutan. Pada komputer generasi ke-2 sistem komputer nya masih belum dilengkapi oleh sebuah sistem operasi. Akan tetapi, dalam beberapa fungsi sistem operasi, seperti sistem operasi yang sedang hangat pada jaman sekarang ini. Sebut saja, FMS ( Fortarn Monitoring System ) dan IBSYS.

Contoh Batch System, jika sebuah e-mail dan transaksi batch processing. Dalam suatu sistem batch processing tersebut, transaksi secara individual dientri melalui peralatan terminal, dilakukan validasi tertentu, dan kemudian ditambahkan ke transaction file yang berisi transaksi lain, sehingga dientri ke dalam sistem secara periodik. Dalam waktu itu kemudian yaitu selama siklus pengolahan selanjutnya, transaksi file dapat divalidasi lebih lanjut dan kemudian digunakan untuk memperbaharui master file yang berhubungan.

Pengertian Batch System
Batch System

Bentuk dari Bacth system ada 2, yaitu :

  1. Multi-programming merupakan salah satu teknik penjadwalan. Dimana tugas (task) nya itu dalam keadaan sedang  berjalan. Sampai tetap berjalan hingga ia melakukan operasi yang membutuhkan waktu untuk menunggu respon dari luar (external event). Contohnya ketika membaca data dari disket/CD dan sebagainya, atau sampai komputer sendiri memaksa untuk menukar tugas yang tengah berjalan dengan tugas lainnya. Sistem operasi yang yang menggunakan multi-programming ini  berperan sebagai scheduler-nya yang bertujuan agar memaksimalkan penggunaan CPU.  
  2. Multiprocessing merupakan istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang berkenaan kepada kemampuan pemrosesan komputer yang dilakukan secara serentak atau pun teratur. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan dua CPU atau pun lebih dalam sebuah sistem komputer. Istilah ini juga lebih merujuk kepada dukungan sebuah sistem dalam mendukung lebih dari satu prosesor dan meng-alokasikan tugas kepada processor-processor tersebut.

Subscribe to receive free email updates: