Pengertian Sistem Operasi

Sistem Operasi

Assalamu'alaikum wr.wb ...


Menyapa sahabat IT rasanya senang sekali. Rekan-rekan yang sama-sama berjuang dimana tidak pernah berhenti menggali ilmu, agar engga sia-sia jadi mahasiswa yang kegiatan nya tidak lepas dari internet. Hemm.. Kali ini saya akan menjelaskan pengertian dari Sistem Operasi. Saya yakin sistem operasi pasti tidak asing lagi bagi sahabat IT, hanya saja untuk pengertian nya kita masih simpang siur harus menjelaskan seperti apa. Nah, langsung aja simak uraian beikut ini:


Pengertian Sistem Operasi

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) yaitu seperangkat program yang bertugas mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan juga menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi merupakan jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Singkatnya Sistem Operasi adalah perantara antara hardware dan software.


Program master kontrol (seperti DOS, Linux, MacOS, Solaris, Unix, dan Windows) yang secara otomatis berjalan pertama ketika komputer diaktifkan, dan tetap di latar belakang sampai komputer dimatikan. Ini biasanya datang terinstal (pada bagian boot hard disk utama komputer) dan biasanya program yang paling kompleks dan terbesar untuk digunakan oleh komputer. Seorang pengguna komputer biasanya lebih dipengaruhi oleh kemampuan dan keinginan dari OS daripada orang-orang dari perangkat keras. 

Layanan utama yang disediakan oleh OS termasuk (1) user-interface, (2) melaksanakan perintah dari pengguna dan program aplikasi, (3) mengawasi instalasi dan menjalankan program dan hardware lainnya, (4) mengontrol fungsi input-output , (5) mengalokasikan sumber daya sistem seperti memori, waktu prosesor, ruang disk, dan perangkat periferal untuk mengatur aliran kerja dalam komputer, (6) berkas penanganan dan manajemen direktori, dan (7) menyediakan file-sharing dan networking fungsi.
 
Dasar sistem operasi biasanya diturunkan dari sistem operasi lain yang masih kurang lengkap, di lakukan nya penambahan agar mempermudah si pengguna sistem operasi tersebut seperti ditambahkan fasilitas GUI (Graphical User Interface) sehingga yang awalnya sistem operasi cuma menampilkan Mode Text saja tetapi dapat menjadi sistem operasi yang mempunyai mode grafis. Contohnya: MS Windows merupakan sistem operasi yang diturunkan dari DOS (Disk Operating System). Linux adalah sistem operasi yang diturunkan dari UnixMac OS merupakan sistem operasi yang diturunkan dari Unix.

Fungsi sistem operasi secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai resource manager, yang bertugas mengelola sumber daya dan menga-lokasikannya, Contoh: memori, CPU, Disk Drive.
  2. Interface (tatap muka), dimana berperan sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang user friendly atau dengan kata lain lebih mudah dipahami dan juga bersahabat.
  3. Coordinator, berperan mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur secara berurutan.
  4. Guardian, sebagai penyedia akses kontrol yang melakukan untuk melindungi file serta memberi pengawasan pada data/program.
  5. Gate Keeper, berfungsi sebagai pengendali hak akses oleh pengguna yang mengendalikan siapa saja yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya tersebut.
  6. Optimizer, sebagai penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi serta penggunaan.
  7. Accountant, befungsi untuk mengatur waktu pada CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O (Input/Output), disk storage, dan waktu koneksi terminal.
  8. Server, berfungsi sebagai pelayanan pengguna komputer.
Nah, itulah menegenai pengertian sistem operasi, semoga bermanfaat dan sewaktu-waktu dapat di pergunakan dengan sebaik-baiknya. Sekian dan terimakasih :)  

Subscribe to receive free email updates: