Apa itu Interprocess Communication?


Pengertian Interprocess Communication


Interprocess Communication (IPC) adalah satu set antarmuka pemrograman yang memungkinkan programmer untuk mengkoordinasikan kegiatan antara proses program yang berbeda yang dapat dijalankan secara bersamaan dalam sebuah sistem operasi. Hal ini memungkinkan program untuk menangani banyak permintaan pengguna pada saat yang sama. Karena bahkan permintaan pengguna tunggal dapat mengakibatkan beberapa proses yang berjalan di sistem operasi atas nama pengguna, proses harus berkomunikasi satu sama lain. IPC interface membuat ini mungkin. Setiap metode IPC memiliki kelebihan dan keterbatasan sendiri sehingga tidak biasa untuk satu program untuk menggunakan semua metode IPC.


Pengertian lain dari IPC adalah proses komunikasi yang digunakan antara program dan proses yang berjalan di sistem operasi multitasking atau antar komputer jaringan. 

Ada dua jenis IPC (Interprocess Communication)

LPC (panggilan prosedur lokal) LPCs digunakan dalam sistem operasi multitasking untuk memungkinkan tugas secara bersamaan berjalan untuk berbicara satu sama lain. Mereka bisa berbagi ruang memori, sinkronisasi tugas, dan mengirim pesan ke satu sama lain.  

RPC (remote procedure call) RPC mirip dengan LPC tapi pekerjaan melalui jaringan. RPC menyediakan mekanisme yang klien gunakan untuk berkomunikasi permintaan untuk layanan untuk sistem network attached lain seperti server. Jika Anda berpikir dari aplikasi client / server sebagai program yang telah dibagi antara front-end dan back-end sistem, RPC dapat dilihat sebagai komponen yang mengintegrasikan mereka melalui jaringan. RPC kadang-kadang disebut mekanisme kopling.

Pengertian Interprocess Communication
 Interprocess Communication

Keuntungan IPC

Salah satu keuntungan menggunakan IPC adalah bahwa program dapat mengambil keuntungan dari proses ditangani oleh program atau komputer lain. Model client / server mengambil keuntungan dari RPC, seperti yang didistribusikan arsitektur objek seperti Microsoft DCOM (Distributed Component Object Model) dan CORBA (Common Object Request Broker Architecture).
Mekanisme komunikasi interprocess normal dalam UNIX adalah pipa, dan soket adalah mekanisme komunikasi interprocess yang bekerja di jaringan. Ini menjadi bagian dari UNIX ketika TCP / IP stack protokol diintegrasikan ke Berkeley UNIX di awal 1980-an. Ini adalah proyek yang didanai oleh DARPA.

Fitur IPC 

Fitur IPC dijelaskan di sini digunakan jika program perlu berkomunikasi dengan satu sama lain atau berbagi daerah memori: Shared Proses memori dapat bertukar nilai dalam memori bersama. Memori menjadi semacam papan buletin di mana proses dapat mengirim informasi status dan data yang perlu dibagi. Antrian Sebuah antrian IPC adalah daftar terstruktur dan memerintahkan segmen memori di mana proses menyimpan atau mengambil data.  

Semaphore Sebuah semaphore menyediakan mekanisme sinkronisasi untuk proses yang mengakses sumber daya yang sama. Tidak ada data dilewatkan dengan semaphore-itu hanya koordinat akses ke sumber daya bersama. Pipa pipa A menyediakan cara untuk proses untuk berkomunikasi dengan satu sama lain dengan bertukar pesan. Pipa bernama menyediakan cara untuk proses yang berjalan pada sistem komputer yang berbeda untuk berkomunikasi melalui jaringan. Slot mail adalah sistem pesan-toko dan-maju yang tidak memerlukan stasiun untuk melakukan sinkronisasi dengan satu sama lain.

Subscribe to receive free email updates: