Pengertian Sistem Operasi Linux Kubuntu

Sistem Operasi Kubuntu

Pengertian Sistem Operasi Kubuntu
Dekstop Linux Kubuntu

Linux Kubuntu adalah varian resmi dari sistem operasi Ubuntu yang menggunakan KDE Plasma Desktop bukan lingkungan grafis Unity. Sebagai bagian dari proyek Ubuntu, Kubuntu menggunakan sistem yang mendasari yang sama. Setiap paket dalam Kubuntu berbagi repositori yang sama seperti Ubuntu,  dan dirilis secara teratur pada jadwal yang sama dengan Ubuntu.

Kubuntu Linux disponsori oleh Canonical Ltd sampai dengan tahun 2012, dan kemudian langsung oleh di lanjutkan oleh System Blue. Sekarang karyawan System Blue  berkontribusi dulu, untuk KDE dan juga Debian, dan pengembangan Kubuntu dipimpin oleh kontributor masyarakat. Selama changeover, Kubuntu tidak lupa mempertahankan penggunaan proyek server Ubuntu dan pengembang yang ada.    
(Baca juga: Tentang Linux Red Hat)

Linux Kubuntu itu sepenuhnya sistem operasi open source yang telah dibangun atas kernel Linux. Untuk perangkat lunak harus tersedia tanpa biaya,perkakas perangkat lunak mesti dapat digunakan oleh pengguna dalam bahasa lokal mereka dan juga untuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik tersendiri, dan pengguna juga harus memiliki kebebasan dalam menyesuaikan dan mengubah perangkat lunak. Menurut mereka dengan apa yang mereka lakukan. Maka dari itu di bawah ini alasannya:

  • Kubuntu akan selalu free, dan tidak ada biaya ekstra untuk “edisi enterprise”, sehingga membuat karya terbaik mereka tersedia bagi setiap orang dengan persyaratan-persyaratan yang sama. 
  • Kubuntu tidak lupa menyertakan infrastruktur terjemahan dan prasarana aksesibilitas terbaik yang dimiliki oleh komunitas perangkat lunak bebas, hal ini berguna untuk membuat Kubuntu dapat dipergunakan oleh banyak orang dari seluruh penjuru dunia. 
  • Kubuntu dirilis secara berkala dan dapat diprediksikan; misal dalam merilis terbarunya yang diluncurkan setiap enam bulan sekali. 
  • Kubuntu berkomitmen penuh pada prinsip dari pengembangan perangkat lunak open source (Konsistensi) sehingga  mendorong masyarakat untuk mengunakan perangkat lunak open source, memperbaikinya lalu membagikannya. 
  • Dalam komunitas Kubuntu adanya para pengembang, programer, penguji, penulis teknis, penguji dokumentasi, penerjemah, dan tak kalah pentingnya dengan masyarakat pengguna yang setia dengan Kubuntu setiap harinya.

Kubuntu berbasis pada sistem Ubuntu, tetapi dipaketkan dengan versi terakhir Linux KDE. Kubuntu berarti :“Peduli Kemanusian” dalam bahasa Bemba. Sedikit berbeda, bahwasanya Kubuntu dibaca dengan “koo-boon-too”. Uniknya ya hehe

Kemudian Ubuntu adalah ideologi etis Afrika Selatan yang berpusat pada kesetiaan dan hubungan masyarakat nya antara satu dengan lainnya. Kata Ubuntu berasal dari bahasa Zulu dan Xhosa. Ubuntu di ucapkan dengan (“oo-BOON-too”) dapat dilihat dari segi sebagai konsep tradisional Afrika, serta dipandang sebagai salah satu asas pendirian republik Afrika Selatan baru dan terhubung dengan ide kebangkitan kembali masyarakat Afrika umumnya. Terjemahan lain dari prinsip Ubuntu adalah “Kepedulian terhadap sesama manusia”. 

Kubuntu ini Unik

Fast forward ke 2014 lalu Kubuntu ternyata menjadi OS yang sama sekali berbeda. Telah banyak yang menjalankannya. Ini sangat stabil, dipoles dan menawarkan pengalaman hebat dan juga andal.Tidak tahu rahasia di balik peningkatan mengejutkan di distro tersebut. Sejak komunitas Linux KDE membagi software Linux KDE ke dalam tiga komponen dan Kubuntu mulai yang menerima didanai oleh System Blue distro yang semakin baik dengan setiap rilis.Jonathan Riddell, pengembang utama Linux Kubuntu. Menampilkan semangat KDE khas, ia dikaitkan segalanya untuk masyarakat.Riddell mengatakan, "Saya pikir faktor utama adalah tim KDE mengagumkan memberikan kita perangkat lunak tersebut besar. Pada Kubuntu kita tertanam dalam komunitas KDE jadi kami ingin berpikir kami memberikan pengalaman KDE terbaik dan kami selalu melihat untuk meningkatkan KDE hulu dari membuat perubahan dalam distro. Aku benar-benar senang Kubuntu akan menjadi distro besar pertama dengan Plasma 5 dan umpan balik sejauh ini luar biasa. Dengan sedikit keberuntungan pengumuman hari ini akan melihat lebih banyak serapan dalam proyek Linux desktop terbaik asli. "

Nah, begitulah hasil informasi yang saya dapat tentang Pengertian Sistem Operasi Linux Kubuntu. Semoga bermanfaat dan semakin nambah ilmu. Terima kasih ...

Subscribe to receive free email updates: