Linux Debian

Linux Debian

Linux debian merupakan sistem operasi free (bebas) yang dikembangkan secara terbuka oleh banyak programer sukarela atau pengembang Debian yang bergabung dalam Proyek Debian. Sistem operasi Debian adalah gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan bersama lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga kemudian populer dengan nama Debian GNU/Linux. Ternyata sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan juga salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya dan kekreatifannya. Jika diperhitungkan distro berbasis Debian, misalnya Ubuntu, Xubuntu, Kubuntu, Lubuntu, Knoppix, Red Hat, Mint, dan yang lainnya, maka Debian lah merupakan distro Linux yang paling populer yang banyak digunakan di dunia.

Kombinasi filsafat Debian dan metodologi dan alat GNU, kernel Linux, dan perangkat lunak bebas penting lainnya, membentuk distribusi perangkat lunak unik yang disebut Debian GNU / Linux. Distribusi ini terdiri dari sejumlah besar paket perangkat lunak. Setiap paket dalam distribusi mengandung executable, script, dokumentasi, dan informasi konfigurasi, dan memiliki pengelola yang terutama bertanggung jawab untuk menjaga paket up-to-date, pelacakan laporan bug, dan berkomunikasi dengan penulis hulu (s) dari kemasan perangkat lunak. Basis pengguna yang sangat besar kami, dikombinasikan dengan sistem pelacakan bug kami memastikan bahwa masalah yang ditemukan dan tetap cepat. (Baca juga: Cara belajar dasar HTML)

pengertian linux debian
Dekstop linux debian

Perhatian Debian terhadap detail memungkinkan kita untuk menghasilkan berkualitas tinggi, stabil, dan distribusi terukur. Instalasi dapat dengan mudah dikonfigurasi untuk melayani banyak peran, dari firewall dilucuti-down untuk workstation ilmiah desktop untuk server jaringan high-end. 

(Baca juga: Cara Menginstal BackTrack)
 
Debian sangat populer di kalangan pengguna tingkat lanjut karena keunggulan teknis dan komitmen yang mendalam terhadap kebutuhan dan harapan dari komunitas Linux. Debian juga memperkenalkan banyak fitur untuk Linux yang sekarang biasa.

Sebagai contoh, Debian adalah distribusi Linux pertama yang termasuk sistem manajemen paket untuk memudahkan instalasi dan penghapusan perangkat lunak. Itu juga distribusi Linux pertama yang bisa ditingkatkan tanpa memerlukan instalasi ulang.
Debian terus menjadi pemimpin dalam pengembangan Linux. Proses perkembangannya adalah contoh betapa baik model pengembangan Open Source dapat bekerja - bahkan untuk tugas-tugas yang sangat kompleks seperti membangun dan memelihara sebuah sistem operasi lengkap.Fitur yang paling membedakan Debian dari distribusi Linux lainnya adalah sistem manajemen paket nya. Alat-alat ini memberikan administrator sistem Debian kontrol penuh atas paket yang terinstal di sistem itu, termasuk kemampuan untuk menginstal satu paket atau secara otomatis memperbarui seluruh sistem operasi. 

Paket-paket individual juga dapat dilindungi dari sedang diperbarui. Anda bahkan dapat memberitahu sistem manajemen paket tentang perangkat lunak Anda telah disusun sendiri dan apa dependensi itu memenuhi.Untuk melindungi sistem Anda terhadap "kuda Trojan" dan perangkat lunak jahat lainnya, server Debian memverifikasi bahwa paket upload datang dari terdaftar pengelola Debian mereka.Pembuat paket Debian juga menaruh perhatian besar untuk mengkonfigurasi paket mereka dengan cara yang aman. Saat masalah keamanan dalam paket dikirim muncul, perbaikan biasanya tersedia sangat cepat. Dengan pilihan pembaruan sederhana Debian, perbaikan keamanan dapat didownload dan diinstal secara otomatis di Internet. (Baca juga: Perbedaan Internet, WWW, dan Web)

Itulah artikel singkat dari Linux Debian. Semoga bermanfaat dan dapat di gunakan dengan sebaik-baiknya. Baca juga kelebihan dan kekurangan linux debian Terima kasih !

Subscribe to receive free email updates: