linux Fedora

Sistem Operasi Fedora

Fedora - Sulit untuk menyimpulkan sisi mana Fedora lebih populer dengan khalayak Internet - fakta bahwa itu adalah sistem operasi bebas yang kuat didasarkan pada kernel Linux, atau bahwa itu merupakan konsep baru dalam distribusi perangkat lunak sumber terbuka di mana komunitas global pendukung memainkan peranan penting.
Fedora adalah sistem operasi berbasis Linux yang diciptakan kembali pada tahun 2003 sebagai distribusi komunitas yang disebut Proyek Fedora. Hal ini dirilis bersama dengan Red Hat Enterprise Linux, yang menjadi distribusi Linux resmi berikutnya setelah Red Hat Linux dihentikan. Tujuan utamanya adalah untuk melayani sebagai sumber inovasi perangkat lunak untuk melepaskan Red Hat Enterprise Linux. Hubungan antara dua distribusi Linux menjelaskan asal-usul nama Fedora - 'fedora' mengacu pada topi fedora karakteristik digunakan di Red Hat "Shadowman" logo.

Rilis fedora

Set pertama Fedora rilis, yang dikenal sebagai Fedora Core 1-4, diluncurkan dalam periode 2003-2005, diikuti oleh Fedora Core 5-6 set pada tahun 2006 dan Fedora 7 pada tahun 2007. versi Mereka, bagaimanapun, tidak lagi didukung oleh Proyek Fedora. Versi Fedora berikut - Fedora 8 (diperkenalkan pada tahun 2007), Fedora 9 (dirilis pada musim semi tahun 2008) dan Fedora 10 (diluncurkan pada akhir tahun 2008), semua resmi didukung oleh proyek Fedora. Terbaru dari mereka - Fedora 10, kode bernama 'Cambridge', fitur satu set baru dari karakteristik yang inovatif seperti karya seni baru 'Solar, startup lebih cepat dengan Plymouth, berbasis web paket installer, dukungan filesystem ext4, Gula Desktop Environment dan banyak lainnya.
apa itu sistem operasi linux Fedora
Walpaper Linux Fedora

Fedora dan perangkat lunak open source

Proyek Fedora terkenal yang didukung oleh masyarakat yang terus meningkat dari kedua pendukung maju dan teknis berpengalaman dari seluruh dunia yang terus menciptakan perangkat lunak open-source gratis inovatif untuk pengguna Fedora. Selain itu, semua fitur baru yang dirilis oleh masyarakat Fedora dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam distribusi Linux lainnya. Produktivitas yang tinggi ini membuat Fedora sebuah 'pabrik' untuk inovasi perangkat lunak bebas open-source di mana semua orang bisa memberikan kontribusi sebagai pekerja sukarela.

Ini adalah praktek mapan pengembang Fedora untuk mendistribusikan semua perbaikan software dan inovasi dengan membuat perubahan hulu. Hal ini memungkinkan untuk setiap update akan langsung tersedia untuk semua distribusi Linux yang sudah menggunakan fitur Fedora. Contoh yang sangat sukses rilis perangkat lunak open-source di bawah Proyek Fedora meliputi: NetworkManager, PolicyKit, FreeIPA. SELinux, HAL, D-bus, PulseAudio.
Kemampuan fleksibel Fedora juga membuatnya mudah bagi semua orang untuk membuat distribusi mereka sendiri berbasis Linux. Hal ini dapat dilakukan dengan cara set Fedora alat berputar, yang memungkinkan individu untuk cepat memilih paket yang diinginkan dan membuat gambar hidup untuk CD / DVD atau USB, atau cakram instalasi. Ini telah membantu banyak versi resmi Fedora seperti Fedora Electronic Lab dan Fedora Xfce spin berevolusi.


Fedora dan keamanan

Sama seperti semua distribusi Linux, Fedora difokuskan pada keamanan. Tidak seperti Ubuntu, yang distribusi sangat populer Linux lain berdasarkan Debian, Fedora di firewall hadir sejak awal dan dapat dengan mudah dikonfigurasi baik menggunakan terminal atau melalui antarmuka grafis. Fedora juga merupakan salah satu promotor utama untuk SELinux, yang merupakan singkatan dari Security Enhanced Linux, sebuah fitur yang mengimplementasikan kebijakan keamanan beberapa, yang hilang di sebagian besar distribusi berbasis Linux. Selain itu, Fedora dilengkapi dengan beberapa peningkatan keamanan kustom, yang berasal dari hubungannya dengan Red Hat Enterprise Linux. Hal ini membuat Fedora pilihan yang sangat populer untuk server web. Fedora juga OS pilihan untuk Linus Torvalds, pencipta kernel Linux, dan digunakan sebagai sistem operasi untuk beberapa sistem NASA dan superkomputer, seperti Roadrunner.

Itulah sedikit informasi dari linux fedora. Semoga bermanfaat dan dapat digunakan sebaik-baiknya.

Subscribe to receive free email updates: