Pengertian Windows 7


Pengertian Windows 7

Windows 7 merupakan sistem operasi dimana yang dirilis oleh Microsoft pada 22 Oktober 2009. Sebelumnya adanya windows 7 disebut dengan Windows Vista.

Seperti versi Windows dari yang sebelumnya, Windows 7 memiliki antarmuka pengguna grafis (GUI) yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan item pada layar menggunakan keyboard dan juga mouse. Namun, menariknya lagi Windows 7 juga termasuk fitur yang disebut dengan "Windows Touch"  dimana mampu mendukung masukan touchscreen dan fungsionalitas multitouch. 

Sebagai contoh, Anda dapat klik kanan file dengan menyentuhnya dengan satu jari saja dan menekan dengan yang lain. Anda juga dapat memperbesar gambar dengan menyentuhnya dengan dua jari, kemudian menyebar jari Anda terpisah. Windows 7 dibundel dengan beberapa program sentuhan-siap yang dirancang sedemikian rupa untuk digunakan touchscreen.

Windows 7 juga mencakup beberapa fitur multimedia baru. Salah satu contohnya adalah "Play To" sebuah program yang memungkinkan Anda untuk streaming audio dan video ke komputer yang berbeda atau perangkat dalam rumah Anda. The "HomeGroup" fitur memudahkan untuk berbagi file media dan data lainnya antara komputer. 


Hal ini juga memungkinkan untuk berbagi printer di jaringan rumah. "Remote Media Streaming" fitur memungkinkan Anda untuk mengakses musik, video, serta perpustakaan foto pada komputer Anda dari lokasi terpencil.

Fitur dalam pencarian di Windows 7, disebut dengan  "Windows Search," yang artinya memungkinkan Anda untuk melihat hasil dari pencarian segera setelah Anda mulai mengetik di kotak pencarian. Windows Search mengelompokkan hasil dengan jenis file dan menampilkan cuplikan teks yang menunjukkan di mana frase pencarian ditemukan pada setiap hasil. 


Setelah hasil pencarian dikembalikan kemudian mungkin untuk mempersempit hasil dengan menyaring mereka dengan tanggal, jenis file, ukuran file, dan parameter yang lainnya juga. Anda dapat mencari drive lokal, hard drive eksternal, dan drive jaringan semua menggunakan Windows Search antarmuka standar.

Pengertian Windows 7
Tampilan Windows 7

Windows 7 tersedia dalam edisi berikut:

  1. Windows 7 Home Premium - versi standar diinstal dengan sebagian besar PC di rumah dan mencakup semua fitur yang tercantum di atas.
  2. Windows 7 Professional - biasanya diinstal pada komputer bisnis dan mencakup semua fitur Home Premium serta fitur tambahan seperti modus Windows XP (XPM) dan Domain Join.
  3. Windows 7 Ultimate - versi paling lengkap, yang memiliki semua profesional fitur serta perlindungan data BitLocker dan dukungan bahasa tambahan.

Persyaratan sistem untuk Windows 7:

  •     1 GHz atau lebih cepat 32-bit (x86) atau 64-bit (x64) processor
  •     1 GB RAM atau 2 GB RAM untuk versi 64-bit
  •     16 GB ruang hard disk atau 20 GB untuk versi 64-bit
  •     Perangkat grafis DirectX 9 dengan WDDM driver 1.0 atau lebih tinggi

Pengganti Windows XP keluarga sistem operasi Microsoft untuk komputer pribadi adalah sistem operasi Windows Vista, yang mendukung banyak teknologi baru dibandingkan dengan pendahulunya. Windows Vista merupakan pengantar untuk sistem operasi berikutnya Windows 7, yang pada dasarnya adalah pengembangan dari pendahulunya. 

Penerus sistem operasi Windows XP memiliki suatu kemajuan dalam fungsi dan desain, dan kemajuan memiliki harga dalam menuntut sumber daya komputasi.

Dimana dalam sebuah sistem operasi tentunya mempunyai nilai lebih dan kurang tersendiri. Kelebihan dan Kekurangan windows 7 merupakan hal yang perlu anda baca agar semakin jelas informasi yang anda terima tentang windows 7.


Itulah Pengertian dari windows 7 serta fitur dan juga syarat sistem untuk windows 7. Semoga bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates: