Pengertian Ultimate Edition

OS Ultimate Edition

Ultimate Edition merupakan turunan atau bisa juga dikatakan cabang pengembangan (Fork) dari Ubuntu serta Linux Mint. Seperti yang telah di utarakan oleh penciptanya yaitu "tujuan pengembangan Ultimate Edition yaitu untuk menyediakan sebuah sistem operasi yang komplit atau lengkap terintegrasi dengan rapi, dengan stimulasi visual yang lebih, disamping mudah digunakan".

Ultimate Edition ini pertama kali nya dirilis pada bulan Desember tahun 2006 berupa dengan ‘Ubuntu Christmas Edition’ sebagai hadiah Natal kepada pemerintah atau komunitas  pengguna Linux dari penciptanya yaitu Glen Cady atau sebutan lain (TheeMahn).

(Baca juga: Kelebihan dan kekurangan Windows 7)

Kelebihan Ultimate Edition lainnya itu termasuk mudah dalam meng-upgrade hanya dengan satu tombol saja, selain itu juga menyediakan tema desktop khusus menampilkan efek 3D yang kreatif, mendukung fitur opsi jaringan yang luas termasuk WiFi dan Bluetooth, di samping itu juga mengintegrasikan segudang paket aplikasi extra bersama repositorinya. Hebat !

Dengan menyusul rilis perdana nya yang berupa Ultimate ‘Ubuntu Christmas Edition’, lalu TheeMahn menerbitkan Ubuntu Ultimate 1.1 dengan jumlah software yang dipaketkan yang meningkat, melebihi dari yang telah ditawarkan oleh Ubuntu. Sambutan dari kalangan pecinta Ultimate cukup baik, mendorong TheeMahn dalam meneruskan pembuatan rilis-rilis baru yang kaya akan fitur nya, sejajar dengan keinginan penggemarnya juga.

Dalam menjawab permintaan komunitas bermain (gaming community), TheeMahn kemudian menerbitkan edisi khusus yaitu ‘Ubuntu Ultimate Gamers Edition’. Edisi Gamers datang membawa banyak game atau program permainan versi yang langsung bisa dijalankan serta dapat diinstalasi di Linux. Beberapa jenis games meminta kesepakan lisensi sebelum diinstalasi dan Ulimate Edition menyediakan dukungan instalasi menggunakan aplikasi Upgrade yang tersedia.

Pada tanggal 18 Oktober 2007, perusahan Canonical, yaitu pemilik merek Ubuntu menyurati pengembangnya agar dapat menghentikan penggunaan logo dan nama Ubuntu pada Distro yang telah dirilisnya. Sejak saat itu juga, Distro yang reputasinya sedang menanjak atau booming, langsung mengganti namanya menjadi Ultimate Edition.

Sejak awal itu Ultimate Edition telah mengintegrasikan lingkungan GNOME sebagai desktop pilihan utama (default), meskipun pada beberapa rilis tersedia yaitu sebelum login pilihan untuk mengaktifkan lingkungan desktop lain yang dikemas seperti KDE dan Xfce. Pada rilis 3.5 Ultimate Edition menggunakan KDEsebagai pilihan utama (default).
Pengertian Ultimate Edition
Ultimate Edition

Pada Repositori Ultimate Edition tersimpan update software terkini, yang juga dimasukkan dengan software non resmi yang tidak ditemukan di repositori Ubuntu mana oun. Pencipta dari Ultimate Edition telah menyediakan skrip Nautilus terbaru dengan buatan sendiri yang digunakan langsung untuk Ultimate Edition.

(Baca juga: Sistem Operasi Kubuntu, Lubuntu)
 
Tercantum sebagai GDM Maker dimana tersedia tulisan Nautilus yang bertugas untuk mengotomatisasi proses pembuatan tema dari GDM. Usplash Maker tersedia berupa tulisan Nautilus yang digunakan untuk mengotomatisasi proses pembuatan tema Usplash. Di sisi lain juga tersedia skrip dengan ikon Upgrade atau  memperbaharui yang memberi kemudahan tanpda kesulitan dalam menginstal program tambahan termasuk Flash, Java dan Google Earth yang semuanya bisa dieksekusi dari ikon di desktop. Pada Ultimate Edition versi terbaru juga tersedia tombol ikon Upgrade untuk menggunakan program baru yang bernama Ultamatix.

Begitu banyak applikasi yang tersedia untuk Ultimate Edition, diantaranya itu adalah: 
  • Firefox Web Browser
  • Frostwire; 
  • aMSN Instant Messenger; 
  • Firestarter Firewall; 
  • Evolution Mail and Calendar; 
  • Blender 3D Modelling; 
  • GIMP Image Editor; 
  • Inkscape Vector Graphics Editor; 
  • Amarok; 
  • XBMC Media Center; 
  • Brasero Disc Burner; 
  • DVD Styler; 
  • ISO Master; 
  • Wine/Play On Linux; 
  • dan Ultamatix.
Itulah Pengertian Ultimate Edition serta sejarah nya. Lebih dan kurang semoga bermanfaat deh ya. Terima Kasih !

Subscribe to receive free email updates: