Kelebihan dan Kekurangan Linux Debian

Kelebihan dan Kekurangan Linux Debian


Hari ini, saya ingin berbagi kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi Debian.Seperti yang telah kita ketahui, Linux Debian juga salah satu sistem operasi yang banyak dari di sukai. Akan tetapi di samping itu, setiap sistem operasi pasti memiliki untung dan rugi. Maka dari itu, mari kita simak uraian berikut ini: 
Kelebihan dan Kekurangan Linux Debian
Tampilan Linux Debian

Kelebihan/keuntungan Debian

  • 100% perangkat lunak bebas. FSF tidak setuju satu ini, tapi bahkan mereka mengakui bahwa Debian adalah 100% gratis-kecuali jika Anda mengaktifkan repositori nonfree-label. Jadi tidak memungkinkan hal nonfree, dan Anda dalam kondisi yang baik.  
  • Dapat diandalkan. Anda tidak dapat membaca tentang Debian tanpa mendengar cerita stabilitas luar biasa dan kesempurnaan jelas. Meskipun saya sudah beberapa kerusakan sistem utama pada Debian di masa lalu, yang bisa dikatakan dari setiap sistem operasi. 
  • Friendly. Anda dapat membuat Debian melakukan hampir apa pun yang Anda inginkan, biasanya tanpa banyak (atau) pengetahuan tentang administrasi lanjutan Linux. Salah satu hal yang bisa dibilang paling keren yang dapat Anda lakukan adalah menjalankan repositori APT pada mesin Debian Anda.   
  •  Cepat. Ini agak subjektif, dan hasil dapat bervariasi tergantung perangkat keras, tetapi pada hardware saya setidaknya, Debian jauh lebih cepat daripada Ubuntu, yang pada gilirannya menjalankan lingkaran di sekitar Windows. Kecepatan tidak masalah besar bagi saya, tapi jelas nyaman.  
  • Debian gratis. Windows proprietary. Hampir tidak ada menggunakan Debian. Kebanyakan orang menggunakan Windows. Tetapi debian juga tidak kalah menarik dari dengan windows 
  • Debian dapat bekerja hampir setiap komputer. Bahkan PC yang tidak X86 berbasis, ada kesempatan baik ada setidaknya port Debian resmi, jika tidak repositori resmi sepenuhnya matang. Dan bahkan dalam dunia bervariasi dari x86 dan x86_64, (Baca juga: Sejarah Android x86) Debian dapat berjalan di hampir semua perangkat keras, dari tertua ke terbaru. Pada beberapa perangkat keras baru, meskipun, hal-hal yang mungkin tidak memiliki dukungan penuh, dan pada hardware lama, Anda mungkin tidak mendapatkan desktop grafis untuk menginstal. Tapi Debian masih berjalan pada hampir semua.  
  • Debian memiliki versi sendiri dari Firefox, yang disebut Iceweasel. Idenya adalah untuk membuat browser web lebih stabil dengan cara semacam "penundaan udara". Ini masih sangat berguna, hanya berdasarkan pada sedikit lebih tua Firefox membangun. Dan itu hanya stabil seperti sisa Debian, yang hanya mengagumkan.


Kekurangan/Kelemahan Debian

  • Google Chrome tidak akan menginstal, dan Chromium terjebak dengan flash player Gnash.
  • "tidak begitu resmi" repositori nonfree. Debian menjaga dari memenuhi persyaratan FSF untuk sistem bebas. Jadi, FSF membenci Debian. Mereka benci hampir pernah di distribusi Linux, jadi ini tidak terlalu buruk.
  • Debian sangat sulit untuk menginstal. Hal ini terutama berlaku jika Anda tidak memiliki koneksi Internet, karena Anda akan perlu satu ton CD. Cukup banyak, Anda juga dapat menginstal Debian melalui installer jaringan, yang download Debian langsung dari repositori dan menginstal untuk Anda, atau dapat menginstal dengan sekelompok cakram. Either way, itu bukan proses yang sangat mudah, terutama jika Anda memiliki hardware yang tidak tepat-standar. 
  • Repositori Debian sering menjadi tuan rumah sangat keluar dari versi tanggal software. Ini adalah bagian dari hal stabilitas. Dibutuhkan waktu yang lama untuk versi baru dari perangkat lunak untuk pergi dari stabil ke pengujian untuk stabil. Beberapa program baru masih belum di stabil, meskipun Ubuntu memiliki versi terbaru sekarang. 
  • Terdapat kata-kata yang sulit di mengerti. Itu kurang dikonfigurasi, sulit untuk belajar.

Itulah kelebihan dan kekurangan linux debian. Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika ada kekurangan, untuk itu maka mohon untuk di tinggal kan komentar teman-teman. Sekian dan terima kasih !

Subscribe to receive free email updates: