3 Cara Ampuh Merawat Baterai Hp Android Agar Lebih Tahan Lama

3 Cara Ampuh Merawat Baterai Hp Android Agar Lebih Tahan Lama

3 Cara Ampuh Merawat Baterai Hp Android Agar Lebih Tahan Lama
3 Cara Ampuh Merawat Baterai Hp Android Agar Lebih Tahan Lama

Merawat baterai hp android agar lebih tahan lama - Dalam hal merawat baterai hp ini sebenarnya suatu hal yang diharuskan agar baterai android anda nantinya bisa lebih menjadi tahan lama atau awet. Karena jika baterai android itu terlalu cepat habis juga membuat pengguna tidak nyaman, sehingga terpaksa harus membawa charger atau pun powerbank. Maka dari itu, baterai hp android perlu dirawat untuk itu jangan sembarangan dalam penggunaannya.


Peminat android sangat banyak. Karena fiturnya yang begitu banyak manfaatnya, selain itu dari segi harga pun juga bersahabat sekali dengan kantong. Tetapi karena dengan kecanggihan nya hp android ini, terdapat pula sejuta pertanyaan. "mengapa hp android baterainya itu cepat habis?". Oke sebenarnya jawabannya itu simple saja, yaitu karena banyak sekali aplikasi besar maupun kecil didalam hp anda. Aplikasi tersebut menguras baterai saat kita sedang menggunakannya, biasa nya ini sering saat bermain game, internetan atau sedang download. Ini contoh yang besarnya. So, apabila dalam hp android yang sering anda bawa kemana-mana itu, ada sebuah aplikasi yang tidak digunakan lagi maka sebaiknya hapus saja dan jika yang digunakan jangan dihapus melainkan setelah anda menggunakannya langsung saja anda keluarkan baik dalam tab atau pun backgroundnya.


3 Cara Ampuh Merawat Baterai Hp Android Agar Lebih Tahan Lama. Di bawah ini dapat anda lihat beberapa  cara yang dapat dilakukan dalam memaksimalkan baterai hp android agar lebih tahan lama dan juga awet:

1. Lihat Jangka Waktu Pengisian

Dalam jangka waktu pengisian sebuah hp sebaiknya dijaga dan jangan sampai anda membiarkan sebuah hp anda  itu tercharge dengan sendirinya dalam jangka waktu yang berlebihan. Di jaga disini artinya bukan di jaga sepenuhnya, melainkan mengontrolnya jika sudah terlalu lama meningglkannya. Baterai hp itu juga memiliki kapasitas daya tampung yang telah ditetapkan, jangankan baterai hp, baterai laptop juga begitu, untuk perbedaannya mungkin kita dapat menggunakan laptop tanpa baterai yaitu dengan cara baterai kita lepas lalu tancapkan saja charger ke laptop dan anda pun sudah bisa menggunakannya, tetapi hp tidak demikian.

Baterai itu ada nya lithium-ion dan ada juga yang berbahan nikel. Untuk baterai yang bahan nya nikel sebaiknya anda isi/charge saat daya baterai itu sudah habis. Jenis baterai ini merupakana jenis baterai hp jaman dahulu bahola dan untuk sekarang kebanyakan menggunakan jenis/bahan dari lithium-ion dimana teknik atau cara pengecasan baterai lithium ini baiknya itu ketika daya baterai masih tersisa sekitar 40% dan minimal 20% atau 15%  agar baterai lebih tahan lama.




*Catatan
Dalam baterai jenis lithium-ion sebaiknya perlu anda lakukan pengurasan total sekali-kali untuk keperluan kalibrasi juga. Gunakanlah hp sampai baterainya habis total, boleh sebulan sekali namun jangan terlalu sering juga, dan untuk pengecasan sebaiknya lagi lakukan dalam posisi mati dan jangan digunakan selama baterai itu belum penuh hingga 100%. Hal ini mungkin bisa anda lakukan ketika anda sedang istirahat/tidur agar tidak mengganggu.

2. Minimalkan Penggunaan Power Bank

Begitu banyak yang menggunakan power bank untuk pengecasan, mungkin hal ini juga kepraktisan dari pengguna. Namun perlu anda sadari dengan menggunakan powerbank secara berlebihan dapat membuat baterai mudah panas dan dalam waktu dekat dikhawatirkan anda harus mengganti baterai yang baru. Sebaiknya jika anda sedang berada dirumah tetap mengecas seperti biasa umumnya yaitu dengan cara cas langsung dari stop kontak listrik ke hp anda. Hal ini berguna agar baterai lebih tahan.

3. Hindari Tempat Yang Panas dari Smartphone Anda

Menaruh hp pada area panas itu harus dihindari. Mengapa? Karena baterai hp yang kepanasan dalam jangka waktu yang cukup lama sangat mudah mengalami kerusakan. Seperti halnya baterai yang berbahan lithium-ion, baterai jenis ini sebaiknya berada dan disimpan pada suhu 15 derajat celsius, dan kisaran suhu yang bisa ditangani oleh baterai jenis tersebut biasanya hanya sekitar -40 sampai pada 50 derajat celsius.



Hanya itu yang dapat saya bagikan kepada anda hari ini mengenai 3 Cara Ampuh Merawat Baterai Hp Android Agar Lebih Tahan Lama. Apabila ada tambahan dan saran, langsung saja berkomentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih :)

Subscribe to receive free email updates: