Definisi, fitur, dan Keunggulan HTML5

Definisi, fitur, dan Keunggulan HTML5

Pengertian, fitur, dan Keunggulan HTML5
Definisi, fitur, dan Keunggulan HTML5

Assalamualaikum Sobat Chawe..

Sebagai orang yang kerap sekali menghabiskan waktunya dengan nge-blogging, tentunya selalu mengikuti perkembangan zaman yang serba modern. Gaptek alias gagap teknologi justru sekarang membuat orang-orang takut. Dimana kalo gaptek seakan kudet (kurang update) banget. Maka dari itu zaman sekarang mulai anak-anak sampai tua pun tak pernah lepas dengan gadget ataupun pc. Wah saking takutnya apa? Hehe Oke kembali lagi ke laptop, karena tujuan kita adalah membahas HTML5.

HTML5 ini merupakan sebuah trobosan baru yang telah di kembangkan oleh W3C. Dalam mempelajari HTML5, lebih baik juga anda sebelumnya anda mengetahui CSS agar dapat memantapkan anda dalam belajar html.
Pada HTML5 ini ada sedikit perbedaan antara HTML sebelumnya, kabarnya HTML5 ini juga lebih cenderung dipakai dalam hal multimedia interaktif, misalnya embedding video, musik, dan juga kita bisa buat aplikasi game sederhana sampai yang complete dengan HTML5 ini.


Lalu, apa aja yang telah di tawarkan oleh W3C ini pada HTML5-nya :

1. Fitur Embed Video Directly


Nah, umumnya kita sering menggunakan iframe pada tag HTML dalam mengembed video, tetapi untuk sekarang anda tidak usah lagi embed dengan iframe yang notabene membuat situs/blog anda lama sekali untuk di aksesnya. Fitur ini disebut dengan canvas.


2.  Templating Embeded


Templete Embeded,  pada HTML sebelumnya, dalam membuat sebuah website. Kita mesti harus kenal yang namanya CSS. Tapi, sekarang bisa lebih mudah, anda bisa langsung membuat template website secara otomatis dengan HTML5 ini. Misalnya ni: <header>  bila anda ingin membuat header nya, <aside> berfungisi untuk sidebar,  <footer> sebagai footer. dan masih banyak lagi, anda bisa baca lebih lanjut di belajar HTML lebih gampang.

3. Web worker


Hemmm.. Pastinya sudah sering kan dalam menggunakan javascript, nah saat multitheading script yang kita buat itu terlalu banyak. Tentunya web kita itu semakin lambat untuk di akses. Namun, Web worker ini bisa menjadi penawar web yang digunakan banyak javascript. Mengapa? Karena kabarnya bisa mempercepat tampilan pada website anda meskipun javascript yang terimplant pada website anda banyak.
 


4. Semantic


Oke lanjut lagi.. Yahh tentunya HTML5 mengimplementasikan semantic terbarunya. Kesimpulan agar anda tidak salah dalam menggunakan tag div atau pun span. Karena masih banyak yang keliru sampai sekarang. Namun Semantic di HTML5 ini bisa memperbaiki semuanya. Misalnya pada pembuatan menu. Kita bisa menggunakan nav untuk membuat navigasi dengan sempurna.

5. Local storage


Saya mau nanya nih , tau gak yang namanya cache? cache disini sering banget di optimisasi oleh webmaster itu sendiri, terutama bagi webnya yang berat. Biasanya juga sering di aktifkan tuh cache untuk web mereka. So, saat  anda mengakses situs mereka, anda justru tidak mendownload web mereka secara keseluruhan tetapi melainkan hanya sebatas updatenya saja. Hanya saja, cache mempunyai batasan. Sedikit yang bisa di tampung dalam chace sehingga saat web tersebut total sizenya banyak pasti banyak yang hilang juga. HTML5 itu sudah bisa menyimpan banyak bahkan video pun juga bisa.

Nah, begitulah pembahasan kita kali ini tentang Definisi, fitur, dan Keunggulan HTML5. Bagi teman-teman yang mau mencoba HTML5 ini, "Sebaiknya harus cek dulu  browser nya, yang sudah support atau belum. Jika belum, saya sarankan saran saya sih download dulu aja". Sudah dulu ya, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua pengunjung, sekian dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: