7 Cara berkualitas merawat laptop dengan mudah

7 Cara berkualitas merawat laptop dengan mudah

cara merawat laptop dengan mudah
merawat laptop dengan mudah

Merawat Laptop dengan mudah - Zaman modern seperti sekarang ini, sepertinya untuk laptop dan notebook sudah bukan merupakan barang mahal lagi, dimana kini telah banyak tersedia dipasaran mulai level low end hingga high end. Sudah bayak orang yang memilikinya, di tambah lagi barang laptop/notebook ini merupakan salah satu hal yang wajib bagi murid sd yang rata-rata kelas 4. Hemm bukan main lagi soal barang yang satu ini. Selain itu juga sudah menjadi gaya hidup yang tidak mau lepas dengan internet, baik untuk bisnis, belajar, atau pun mengerjakan tugas dan skripsi.

Menurut pandangan saya akhir-akhir ini PC akan mulai tergusur dengan kehadiran laptop/notebook apalagi di tambah laptop yang mempunyai kualitasa dan spesifikasi yang begitu bagus.. Meskipun PC lebih terlihat tangguh, namun dalam hal kenyamanan mungkin laptop/notebook yang dapat dibawa mobile untuk di jadikan pilihan favorit.

Berikut di bawah ini ada beberapa tips yang bisa anda praktekkan agar laptop/notebook anda bisa bertahan dalam jangka yang cukup lama dan tetap terlihat kinclong.

#1 Gunakan stabilizer listrik


Bagi anda yang hobi bekerja dengan laptop/notebook tetapi dengan melepas baterai,  saya sarankan untuk menambahkan stabilizer. Karena stabilizer ini berfungsi untuk menjaga kestabilan arus dimana terkadang ada arus yang tidak stabil masuk ke laptop/notebook anda. Sehingga kenyamanan anda saat bekerja dengan laptop pun tetap terus optimal.

#2 Berhati-hatilah Membawa Laptop/Notebook dalam tas


Sebaiknya gunakanlah tas khusus laptop/notebook yang telah didesaign dengan bagus sehingga membuat laptop semakin terjaga saat di bawa kemana-mana. Karena dengan memakai sembarang tas dapat membuat laptop/notebook tidak berada di posisi yang sebenarnya, ada sebagian tas yang tidak mempunyai bantalan khusus untuk laptop/notebook. Kedengarannya tas yang direkomendasikan untuk di pakai membawa laptop harganya memang agak mahal. Akan tetapi hal ini sepadan dengan fungsinya untuk melindungi laptop/notebook agar terlindungi dari kejatuhan atau bantingan-bantingan ringan.

#3 Jangan Makan dan Minum dekat Laptop/Notebook


Sebaiknya hindarilah makan atau pun minum saat di dekat laptop/notebook. Apabila cairan atau makanan bisa tumpah secara tidak di sengaja dapat  membuat komponen keyboard rusak, sehingga sulit untuk mengetik, dimana menginputkan dari keyboard itu meupakan hal yang sangat penting.. Kalau sampai komponen di dalam keyboard rusak, maka dari itu biaya untuk menggantinya tergolong cukup mahal.

#4 Hati-hati dalam men-Download Software


Usahakan memakai software yang sudah ada dalam paket pembelian laptop/notebook anda, hal ini berguna untuk menghindari virus yang merusak. Sebaiknya hati-hati dalam download software di internet, kalau tidak berhati-hati tanpa dukungan antivirus yang memadai dan ter update dengan baik sebaiknya jangan dilakukan.

#5 Tidak boleh Meletakkan Laptop/Notebook di lantai


Hal ini sangat tidak di anjurkan karena banyak debu yang beterbangan di lantai dapat merusak laptop/notebook. Jauhkanlah dari jangkauan anak kecil dan juga binatang peliharaan. Apabila terinjak akan mendapatkan resiko yang sangat besar. Mungkin bisa jadi anda memilih untuk membeli baru.

#6 Jangan Bongkar Laptop/Notebook


Ooppss, bagi anda yang bukan seorang teknisi ahli dalam service-menservice laptop/notebook sebaiknya hindari hal semacam ini, karena akan merugikan diri anda sendiri. Mungkin berbeda bagi anda yang memang ingin membongkar dan ingin belajar, akan tetapi hal ini juga memerlukan orang ahli untuk memandu pekerjaan anda. Mengerti dalam hal bongkar laptop itu mantap tapi bagi anda yang belum mahir jangan coba-coba dulu untuk membongkarnya sendiri yaa, bisa bahaya. Lebih baik kalau ada masalah, segera perbaiki di service center terdekat di kota anda.

#7 Bersihkan secara rutin


Nah, nah... Ketauan kan bagi anda yang jarang membersihkan laptop/notebook. Hemm laptop/notebook nya yang lebih terlihat kusam, berdebu, sehingga ini ni yang menjadi hal yang sering utaman yang tidak dilakukan oleh pemilik laptop/notebook. Melihat waktu nya yang terlalu sibuk hingga lupa untuk merawat laptop yang telah menjadi temannya sendiri.  Anda tahu dengan membiarkan laptop/notebook dalam keadaan kotor sama saja dengan mempendek umur dari laptop/notebook. Usahakan secara rutin bersihkan layar dan juga keyboardnya. Karena ini menguntungkan bagi anda, dan juga untuk laptop/notebook itu sendiri.

Baiklah pembaca semua, cukup sekian artikel mengenai 7 Cara berkualitas merawat laptop dengan mudah. Semoga usai membaca ini anda langsung mengecek dan membersihkan laptop anda. Saya akhiri disini, semoga membantu, sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih !

Artikel terkait :

Subscribe to receive free email updates: