Pengertian Linux Knoppix

Linux Knoppix


Knoppix - merupakan  sistem operasi berbasis Linux Debian yang  dirancang khusus  untuk dijalankan langsung dari CD / DVD (Live CD) atau pun dari USB flash drive (Live USB). Nah, salah satu yang pertama dari jenis pada  setiap sistem operasi.  Knoppix ini dikembangkan oleh Konsultan Linux yang dinamai sebagai  Klaus Knopper.  Ketika dia  memulai sebuah program,  terakhir itu dimuat dari sebuah  media dimana removable dan didekompresi menjadi  RAM drive. Dekompresi ini adalah transparan dan on-the-fly.

Walaupun Knoppix ini terutama dirancang untuk digunakan sebagai Live CD, itu juga dapat diinstal pada hard disk seperti sistem operasi yang  umumnya. Komputer yang bisa  mendukung boot dari perangkat USB dapat memuat sistem operasi Knoppix dari USB hidup flash drive atau pun sebuah kartu memori. Syaratnya untuk kartu memori yaa harus memiliki kapasitas yang tinggi dalam penyimpanannya agar dapat berjalan dengan lancar pada saat penginstalan. 

Pengertian Linux Knoppix
Linux Knoppix


Ada dua edisi utama pada Knoppix:
  1. Edisi tradisional compact-disc (700 megabyte) 
  2. Edisi DVD (4,7 gigabyte) "Maxi"
Setiap edisi utama tersebut memiliki dua edisi khusus yaitu memakai  bahasa: bahasa Inggris dan Jerman.

Sistem operasi Knoppix ini sebagian besar terdiri dari perangkat lunak bebas dan open source, akan tetapi juga mencakup beberapa perangkat lunak proprietary, asalkan memenuhi kondisi tertentu.

Knoppix juga dapat digunakan dalam menyalin file dengan gampang dari hard drive dengan sistem operasi saat tidak dapat diakses. Agar cepat dan lebih aman menggunakan perangkat lunak Linux, Live CD dapat digunakan sebagai pengganti menginstal OS lain nya.

Persyaratan hardware minimum untuk Knoppix

  • Intel / AMD-kompatibel prosesor (i486 )
  • 32 MB RAM untuk mode teks, setidaknya ada  128 MB untuk mode grafis dengan LXDE (minimal 512 MB RAM dianjurkan dalam menggunakan berbagai produk kantor)
  • Bootable CD-ROM drive, atau floppy boot dan standar CD-ROM (IDE / ATAPI atau SCSI)
  • Kartu grafis standar SVGA yang kompatibel
  • Serial atau PS / 2 mouse standar atau IMPS / 2-mouse USB kompatibel

Kepopuleran Knoppix

Knoppix  ini adalah salah satu yang tinggal pertama distribusi CD Linux untuk mendapatkan popularitas. Ternyata ada juga  beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kontribusi popularitas Knoppix, simak di bawah ini:
  • Knoppix yaitu salah satu Live CD pertama yang tersedia, dan juga dikenal sebagai "asli" berbasis Debian Live CD
  • Deteksi hardware nya  yang begitu luas dan kebanyakan memungkinkan sistem untuk memulai Knoppix tanpa adanya konfigurasi
  • Sebagian besar untuk kemampuan secara otomatis terhubung ke jaringan
  • untuk utilitas perbaikan sistem dan juga troubleshooting
Knoppix bertugas pada jumlah yang cukup besar dari PC atau pun laptop, tetapi tidak semua juga. Karena deteksi hardware otomatis tidak dapat mengatasi pada semua hardware, dan kadang-kadang driver yang digunakan juga tidak begitu optimal. Knoppix ternyata memiliki kesulitan mengenali beberapa kartu yang dibuat sebelum tahun 1998, atau motherboard dengan BIOS yang dibuat sebelum tahun 2002 dan ini juga salah satu dari kelemahan knoppix. Dalam hal kepopularitas linux BackTrack, kali linux, red hat, debian, mint, dan juga fedora tidak kalah saing. Dimana kelebihan dan kekurangan tergantung kenyamanan bagi pengguna itu sendiri.

Dalam beberapa kasus,untuk  konfigurasi manual dengan kode masuk pada saat boot dapat mengatasi masalah dengan cara deteksi otomatis. 

Namun apabila PC tidak memiliki RAM yang cukup untuk menjalankan KDE dan program yang disertakan lainnya, sistem operasi Knoppix (lebih awal dari 6.0) boot up sesi twm sangat terbatas sebagai gantinya. Jendela hanya berjalan di sesi twm secara default adalah xterm. 

Adriane Knoppix

knoppix 6.7

Adriane Knoppix merupakan variasi yang ditujukan untuk orang buta dan juga tunanetra, yang bisa digunakan sepenuhnya tanpa visi yang berorientasi perangkat output. Adriane knoppix ini dirilis pada kuartal ketiga tahun 2007 sebagai  Live CD.  Kenapa dinamai Adriane Knoppix? Karena pengembang Adriane Knoppix ini adalah  istri dari Klaus Knopper yaitu pengembang Knoppix OS. Adriane ini memiliki sedikit gangguan penglihatan, dan dia telah membantu serta mendukung penuh Klaus dengan perkembangan perangkat lunaknya.  Nama Adriane ini juga akronim untuk "Implementasi Audio Desktop Referensi serta  Jaringan Lingkungan".

Adriane Knoppix ditujukan tidak hanya untuk orang buta saja tetapi juga untuk pemula yang tidak tahu banyak mengenai komputer. Ia menggunakan pembaca layar SUSE Blinux dengan generator fonem dan juga mesin bicara untuk output/tampilan normal. 
(Baca juga : Rahasia Linux OpenSUSE)

Baiklah teman, untuk hari ini cukup Pengertian Linux Knoppix saja yang dapat saya bagikan. Semoga dapat bermanfaat dan terus berkarya. Sekian dan terima kasih :)

Subscribe to receive free email updates: