Perbedaan antara WWW, Internet, dan Web

Internet VS World Wide Web

Apa yang anda ketahui tentang internet?

Langsung aja deh ini jawabannya. Internet adalah jaringan terbesar atau infrastruktur jaringan. Dimana dapat menghubungkan jutaan komputer bersama-sama secara global, dapat membentuk jaringan di mana komputer bisa berkomunikasi dengan komputer yang lain selama kedua komputer tersebut terhubung ke Internet. Informasi yang dikirimkan melalui Internet diproses melalui berbagai macam bahasa. Hal ini dikenal sebagai protokol.


Apa itu WWW (World Wide Web)?

Tidak asing lagi, tapi masih tidak tahu itu apa. Yasudah simak aja jawabannya disini. World Wide Web (WWW) adalah bagaimana cara mengakses informasi melalui media internet. Hal ini merupakan model berbagi informasi yang dibangun di atas Internet. Web menggunakan protokol HTTP, hanya salah satu bahasa saja yang diucapkan melalui Internet, untuk mengirimkan sebuah data. Layanan web, yang menggunakan HTTP dalam memungkinkan aplikasi untuk berkomunikasi dalam pertukaran logika bisnis, menggunakan web untuk berbagi semua informasi. Web juga menggunakan browser, sebagai contohnya itu Internet Explorer atau Firefox, google chroome, yahoo, bing dimana yang senantiasa untuk dapat mengakses dokumen web. Hal ini disebut dengan halaman Web dimana yang terhubung satu sama lain melalui hyperlink. Perlu anda ketahui bahwa dokumen web juga mengandung grafis, suara, teks bahkan video.

Perbedaan antara WWW, Internet, dan Web
Perbedaan antara WWW, Internet, dan Web

Singkatan dari "World Wide Web." Hal ini begitu penting untuk anda ketahui bahwa ini bukan sinonim dari Internet. World Wide Web, atau hanya disebut dengan "Web" ini seperti orang biasa menyebutnya merupakan bagian dari internet. Web  terdiri dari halaman yang dapat di akses dengan menggunakan browser Web. Internet adalah jaringan yang sebenarnya dari jaringan mana semua informasi dimana saja berada. Hal-hal ini seperti Telnet, FTP, game internet, Internet Relay Chat (IRC), dan e-mail. "Bagian dari Internet, tetapi bukan bagian dari World Wide Web". Hyper-Text Transfer Protocol (HTTP) adalah metode yang digunakan untuk mentransfer halaman Web ke komputer Anda. Dengan hypertext, sebuah kata atau frase yang dapat berisi link ke situs Web lain. Semua halaman Web yang ditulis dalam hiper-teks markup language (HTML), yang bekerja sama dengan HTTP.
(Baca juga : Cara merawat baterai hp android agar tetap awet)

Sejarah World Wide Web (WWW) 

World Wide Web (WWW) adalah jaringan konten online yang diformat dalam HTML dan diakses melalui HTTP. Istilah ini mengacu pada semua halaman HTML saling terkait yang dapat diakses melalui Internet. World Wide Web pada awalnya dirancang pada tahun 1991 oleh Tim Berners-Lee sementara ia adalah seorang kontraktor di CERN.World Wide Web yang paling sering disebut hanya sebagai "Web.

Techopedia menjelaskan World Wide Web (WWW)

World Wide Web adalah apa yang kebanyakan orang anggap sebagai Internet. Ini adalah semua halaman web, gambar, video dan konten online lainnya yang dapat diakses melalui browser Web. Internet, kontras, adalah koneksi jaringan yang mendasari yang memungkinkan kita untuk mengirim email dan mengakses World Wide Web. Awal Web adalah kumpulan situs berbasis teks yang diselenggarakan oleh organisasi yang secara teknis berbakat cukup untuk mendirikan sebuah server Web dan belajar HTML. Hal ini terus berkembang sejak desain asli, dan sekarang termasuk interaktif (sosial) media dan konten yang dibuat pengguna yang memerlukan sedikit atau tidak ada keterampilan teknis.

Web adalah Bagian dari Internet

Web berarti hanya salah satu cara dimana informasi dapat disebarluaskan melalui Internet. Internet bukan Web, selain itu juga digunakan untuk email, yang bergantung pada SMTP, kelompok berita Usenet, instant messaging dan FTP (File Transfer Protokol). Jadi Web ini merupakan sebagian dari Internet saja, meskipun sebagian besar, masih banyak yang mengira sama. Anda tidak perlu bingung, karena hal ini justru sangat berbeda. Baca juga Web Server

Itulah artikel hari ini yang membahas tentang Perbedaan antara WWW, Internet, dan Web. Harapan saya tentunya bisa bermanfaat untuk teman-teman di luar sana, dan dapat di bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Sekian dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: