Apa itu HTML5? Kupas perbedaan HTML5 dan HTML4

Perbedaan HTML5 dan HTML4

Apa itu HTML5?
Apa itu HTML5?


HTML5 adalah versi terbaru dari HyperText Markup Language yang dikembangkan di akhir 80-an untuk menggambarkan dokumen yang terkait satu sama lain. Pada hari-hari awal, peran HTML adalah sederhana, untuk membantu menggambarkan struktur dokumen dan untuk memungkinkan silang dokumen.
Bahasa adalah Bahasa Markup, cara untuk meningkatkan sebuah file teks dengan bit kode (markup) yang menggambarkan struktur dokumen. Anggap saja sebagaimana apa yang guru Anda lakukan dalam mengajar bahasa inggris ke Anda. Ketika mereka dikoreksi itu, mereka ditandai itu ... mungkin merah untuk memberitahu Anda apa hal-hal yang diperlukan untuk mengubah mudah-mudahan membuat dokumen Anda lebih baik.

Hari ini bahasa telah tumbuh secara substansial dan itu diperoleh dua sekutu yang terkait erat dengan itu. CSS (Cascading Style Sheets) seharusnya membantu HTML tampak hebat dengan menggambarkan cara bahwa dokumen yang seharusnya terlihat. JavaScript seharusnya untuk membangun interaktivitas.

1.1 HTML5 vs HTML4: Perbedaan Umum

1. Sederhana dan Clear Syntax
Sintaks di HTML5 sangat jelas dan sederhana dibandingkan dengan HTML4. Salah satu contoh dari hal ini adalah elemen DOCTYPE. Di HTML4 deklarasi DOCTYPE terlalu berantakan dan panjang dan digunakan untuk merujuk sumber eksternal. Namun di HTML5 DOCTYPE elemen telah dibuat sangat sederhana. Misalnya hanya cukup untuk menentukan jenis dokumen.

2. Elemen Multimedia
HTML5 berisi dibangun untuk mendukung file multimedia terintegrasi ke dalam halaman web melalui video dan audio tag. Sebelumnya, di HTML4, konten multimedia terintegrasi di halaman web melalui plugin pihak ketiga seperti Silverlight dan flash.

3. Mengakses Pengguna lokasi geografis
Sebelumnya pada HTML4, itu adalah tugas yang sangat rumit untuk mendapatkan lokasi geografis pengunjung mengunjungi situs. Itu bahkan sulit ketika website diakses melalui perangkat mobile. Di sisi lain, di HTML5 begitu mudah dalam mendapatkan lokasi si pengguna. HTML5 JS Geolocation dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi lokasi pengguna mengakses website.

4. Penyimpanan Client 
Pada HTML4, untuk menyimpan data penting pada sisi klien, cache browser yang digunakan. Namun, cache yang terbatas dan tidak mendukung mekanisme penyimpanan relasional. Dalam HTML5, masalah ini telah dibahas melalui Web SQL Database dan cache aplikasi yang dapat diakses melalui antarmuka JavaScript HTML5.

5. Komunikasi Server dan Client
Di HTML4 komunikasi antara klien dan server dilakukan melalui streaming dan polling lama, karena tidak ada web soket yang tersedia di HTML4. Sebaliknya, HTML5 mengandung soket web yang memungkinkan komunikasi full duplex antara klien dan server.

6. Mekanisme JavaScript Threading
Di HTML4, JavaScript dan antarmuka browser dengan mana pengguna berinteraksi, berjalan di thread yang sama yang mempengaruhi kinerja. HTML5 berisi API JS Web Worker yang memungkinkan JavaScript dan Browser antarmuka untuk berjalan dalam thread terpisah.

7. Kompatibilitas Browser
Seperti disebutkan di atas, HTML4 adalah standar yang ditetapkan untuk mengembangkan aplikasi peramban dan telah digunakan selama lebih dari 10 tahun. Untuk alasan ini, HTML4 kompatibel dengan hampir semua web-browser. Di sisi lain, HTML5 masih dalam proses evolusi dan tag yang tersedia saat ini sedang dimodifikasi dan juga tag baru yang ditambahkan. Oleh karena itu, HTML5 tertinggal HTML4 dalam hal kompatibilitas dengan browser.

2.1 Perbedaan Tag HTML4 dan HTML5

Beberapa tag di HTML4 telah dihapus dari HTML5 atau fungsi mereka telah dimodifikasi. Berikut ini adalah beberapa tag yang dihapus dari HTML5 atau memiliki fungsi yang berbeda dalam HTML5 dibandingkan dengan HTML4.

1. <Applet> dihapus <Object> Ditambahkan di HTML5
HTML4 mengandung <applet> tag yang digunakan untuk menampilkan applet dalam web browser. Namun, dalam HTML5, tag applet ini telah dihapus. Dalam rangka untuk menampilkan jenis applet item, tag baru telah diperkenalkan di HTML5.

2. <Akronim> dihapus <Abbr> Ditambahkan di HTML5
HTML4 mengandung <acronym> tag yang digunakan untuk menampilkan singkatan dalam browser web. Namun, dalam HTML5, tag ini telah dihapus. Sebuah tag baru telah diperkenalkan di HTML5.

3. Selisih penggunaan <hr> tag
The <hr> tag digunakan untuk menarik garis di HTML4 dan semua versi sebelumnya dari HTML, namun dalam HTML5, fungsi tag ini telah diubah dan digunakan untuk mendefinisikan istirahat tematik di halaman web.

4. Perbedaan dalam penggunaan tag <a>
Di HTML4 dan versi sebelumnya, tag <a> digunakan sebagai jangkar serta untuk mengacu pada link. Dalam HTML5, tag <a> hanya digunakan sebagai hyperlink. Tetapi jika tag href dihapus dari tag <a>, tag <a> dapat digunakan sebagai tempat dudukan untuk hyperlink lainnya.

5. atribut Skema dihapus dari tag <meta> di HTML5
Tag didefinisikan di bagian header dari dokumen HTML dan berisi informasi tentang data. Dalam versi sebelumnya dari HTML, termasuk HTML4, tag ini digunakan untuk mengandung atribut yang disebut skema yang didefinisikan skema dokumen. Namun, dalam HTML5, tag ini telah dihapus.
apa itu html5

2.2 Perubahan Atribut HTML5

Berikut ini adalah beberapa atribut yang telah dimodifikasi di HTML5.
Di HTML4 dan versi HTML sebelumnya, atribut skrip digunakan untuk di link tag untuk merujuk JavaScript atau skrip lain yang sejenis. Dalam HTML5 Hal ini tidak perlu untuk menggunakan atribut skrip.

Di HTML5, <table> tag hanya dapat memiliki satu atribut Perbatasan dan nilai atribut ini hanya dapat nol atau satu. Sebelumnya, <table> tag memiliki banyak atribut.
Dalam versi sebelumnya dari HTML, tag tidak memiliki atribut charset yang mendefinisikan pengkodean karakter standar untuk halaman web. Atribut ini telah ditambahkan di HTML5.

Lalu, bagian dibawah ini dibagi dalam beberapa sub bagian untuk lebih jelas simak berbagai perbedaan yang ada di antara HTML4 dan HTML5.

3.1 Elemen Baru

Unsur-unsur berikut telah diperkenalkan untuk struktur yang lebih baik:
  • Bagian merupakan dokumen atau aplikasi bagian generik. Hal ini dapat digunakan bersama-sama dengan h1, h2, h3, h4, h5, dan elemen h6 untuk menunjukkan struktur dokumen.
  • Artikel mewakili sepotong independen isi dokumen, seperti sebuah blog atau artikel koran
  • selain merupakan bagian dari konten yang hanya sedikit berhubungan dengan sisa halaman.
  • hgroup merupakan header dari bagian.
  • sundulan mewakili sekelompok bantu pengantar atau navigasi.
  • footer merupakan footer untuk bagian dan dapat berisi informasi tentang penulis, informasi hak cipta, dll
  • nav merupakan bagian dari dokumen yang dimaksudkan untuk navigasi.
  • Angka merupakan sebuah konten aliran mandiri, biasanya direferensikan sebagai satu kesatuan dari aliran utama dokumen.

1 <Figure>
2 <Video src = "example.webm" kontrol> </ video>
3 <Figcaption> Contoh </ figcaption>
4 </ Figure>

figcaption dapat digunakan sebagai keterangan (sebagai opsional).

Maka dari itu ada beberapa elemen baru lainnya:
video dan audio untuk konten multimedia. Kedua menyediakan API sehingga aplikasi penulis dapat script antarmuka pengguna mereka sendiri, tetapi ada juga cara untuk memicu user interface yang disediakan oleh agen pengguna. elemen sumber yang digunakan bersama-sama dengan elemen-elemen ini jika ada beberapa aliran yang tersedia dari berbagai jenis.
  • track memberikan trek teks untuk elemen video.
  • embed digunakan untuk konten plugin.
  • tanda mewakili lari dari teks dalam satu dokumen yang ditandai atau disorot untuk tujuan referensi, karena relevansinya dalam konteks lain.
  • kemajuan merupakan penyelesaian tugas, seperti men-download atau ketika melakukan serangkaian operasi mahal.
  • meteran merupakan pengukuran, seperti penggunaan disk.
  • Waktu merupakan tanggal dan / atau waktu
  • WHATWG HTML memiliki data yang yang memungkinkan konten untuk dijelaskan dengan nilai yang dapat dibaca mesin.
  • WHATWG HTML memiliki dialog untuk menampilkan dialog.
  • ruby, rt, dan rp memungkinkan untuk menandai penjelasan ruby.
  • BDI merupakan rentang teks yang akan terisolasi dari lingkungannya untuk tujuan format teks dua arah.
  • wbr merupakan kesempatan garis istirahat.
  • kanvas digunakan untuk rendering grafis bitmap dinamis on the fly, seperti grafik atau permainan.
  • perintah merupakan perintah pengguna dapat memanggil.
  • Rincian merupakan informasi tambahan atau kontrol mana pengguna dapat memperoleh pada permintaan. Elemen Ringkasan memberikan ringkasan nya, legenda, atau caption.
  • datalist bersama-sama dengan daftar atribut baru untuk input dapat digunakan untuk membuat comboboxes:

<List input = "browser">
2 <Datalist id = "browser">
3 <Option value = "Safari">
4 <Option value = "Internet Explorer">
5 <Option value = "Opera">
6 <Option value = "Firefox">
7 </ Datalist>

  • keygen mewakili kontrol untuk pembangkit sepasang kunci.
  • Output mewakili beberapa jenis output, seperti dari perhitungan dilakukan melalui scripting.
Jenis atribut masukan elemen sekarang memiliki nilai-nilai baru sebagai berikut:
  • tel
  • pencari
  • url
  • email
  • tanggal Waktu
  • tanggal
  • bulan
  • minggu
  • waktu
  • datetime-lokal
  • nomor
  • jarak
  • warna
Ide jenis baru ini adalah bahwa agen pengguna dapat menyediakan antarmuka pengguna, seperti pemetik tanggal kalender atau pun integrasi dengan buku alamat pengguna, dan kemudian menyerahkan format yang ditetapkan ke server. Ini memberikan pengguna pengalaman yang lebih baik sebagai masukan nya diperiksa sebelum mengirimnya ke server berarti ada sedikit waktu untuk menunggu umpan balik.

Demikianlah artikel yang telah kita kupas hari ini mengenai Apa itu HTML5? Kupas perbedaan HTML5 dan HTML4. Semoga membantu sahabat di luar sana. Pamit, sekian dan terimak kasih :)

Subscribe to receive free email updates: