Apa itu XML (Extensible Markup Language) ?

Apa itu XML?

Apa itu XML (Extensible Markup Language) ?
Pengertian XML

Pengertian XML

Definisi XML  adalah kependekkan dari "Extensible Markup Language". Ya tepat sekali, secara teknis itu harusnya EML.  Loh kenapa?

XML di manfaatkan dalam mendefinisikan dokumen dengan format standar dimana yang dapat dibaca dan di dukung oleh aplikasi-XML yang kompatibel. 

Bahasa format xml bisa digunakan dengan halaman HTML, akan tetapi XML itu sendiri bukan bahasa markup. Sebaliknya, XML itu merupakan“metabahasa” yang dapat di pakai dalam membuat bahasa markup untuk aplikasi khusus. Sebagai contoh nya itu, dapat menggambarkan item yang bisa diakses di saat membuka halaman Web. Dimana pada dasarnya, XML ini dapat memungkinkan Anda untuk membuat database informasi tanpa memiliki database yang sebenarnya. Yaa meskipun secara default hanya digunakan dalam aplikasi Web, banyak program lainnya juga yang dapat menggunakan dokumen XML, misalnya kode sumber aplikasi Android.

Mungkin jelasnya pengertian dari XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang telah disarankan oleh W3C dalam hal membuat dokumen markup untuk kepentingan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. Tepatnya XML yaitu kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) dimana yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet. Jadi, untuk membaca bahasa markup ada kesinambungannya. Baca dan cari tahulah selengkap-lengkap nya.

XML justru didesain untuk mempu menyimpan data secara lengkap, ringkas serta mudah dalam mengatur. Kata kunci utama dari XML ini adalah data (jamak dari datum) apabila jika diolah bisa memberikan informasi.

XML juga menyediakan suatu cara terstandarisasi namun dapat dimodifikasi untuk menggambarkan isi dari dokumen. Dengan sendirinya, XML dapat di gunakan dalam menggambarkan sembarang view database, akan tetapi hanya dengan suatu cara yang standar.

Kegunaan dan cara menggunakan XML

Kegunaan dan Cara dalam Menggunakan XML – XML ini memiliki kepanjangan (eXtensible Markup Language) dimana dapat digunakan dalam berbagai aspek pengembangan web, lumrah dipakai dalam menyederhanakan penyimpanan dan juga pertukaran data. Berikut di bawah ini ada beberapa penggunaan umum XML untuk web saat ini:
  • Banyak digunakan dalam pengembangan web
  • Sebagai dokumentasi
  • Sebagai pengembangan database

XML dalam Pengembangan Web

Di sisi lain, Anda bisa berpendapat bahwa ini merupakan penggunaan paling luas dari XML, sebagai XHTML.

Hal ini di karenakan  XHTML hanya sebatas pengerjaan ulang HTML 4.0, banyak situs HTML 4.0 yang memang benar-benar menggunakan bentuk valid di  XHTML.
Akan tetapi dalam hal manfaat XML itu sudah tidak ada sebagai XHTML, tetapi disini Anda boleh membuat dokumen web dari XML dengan menggunakan XSLT dimana untuk mengubah dokumen Anda ke dalam bentuk HTML. Lalu kemudian Anda dapat mengirim XML untuk prosesor XSLT kepada server web dan pada akhirnya melayani hasil nya yang ke browser web. Hal ini lah yang membuat dokumentasi Anda tersedia dalam bentuk format apapun yang Anda butuhkan untuk menjadi di dalamnya.


XML dan dalam Pengelolaan Konten

Banyak dari sekian situs-situs yang menggunakan XML. Ironisnya, begitu banyak  para desainer web dan juga pengembang konten tidak tahu bahwa mereka sedang menggunaka XML padahal XML ada disana. Hal ini bisa jadi karena umumnya ada CMS atau dikenal dengan sistem manajemen konten yang berada di depan XML yang dalam membuatnya lebih mudah bagi si penulis konten.Kemudian untuk menulis konten web mereka pun tidak perlu khawatir atau panik dengan menulis HTML atau pun saat mendesain halaman web nya bagi para si pengguna.


XML dan Dokumentasi

Begitu banyak perusahaan yang berpindah ke XML dimana dalam hal menulis dokumentasi internal mereka. Keunggulan dari XML pada bagian dokumentasi adalah bisa digunakan untuk menentukan bagaimana ciri-ciri umum dalam sebuah buku-buku, koran, majalah, cerita, iklan, dan lainnya.
Kisah menarik tentang XML untuk dokumentasi ini adalah bahwa XML begitu mudah dipahami bagi si pengguna pemula, baik dari dokumentasi yang sebenarnya, dan juga kode XML sekitarnya. XML mampu digunakan untuk semua macam dari dokumentasi, untuk penerbitan dalam bahan pemasaran.
  • XML ini merupakan standar format dari struktur berkas (file).
  • XSL ini merupakan standar dimana bertugas memodifikasi data yang diimpor dan diekspor.
  • XSD ini merupakan standar yang memiliki arti sebagai struktur database dalam XML.
  • Pintar (Intelligence). XML  juga dapat menangani berbagai level yang kompleksitas.
  • Bisa dengan mudah dalam menyesuaikan. Dapat mengadaptasi untuk membuat bahasa sendiri. Seperti Microsoft membuaat bahasa MSXML atau pun Macromedia mengembangkan MXML.
  • Mudah dalam pemeliharaannya.
  • Sederhana yaa benar sekali XML lebih sederhana.
  • Mudah pada dipindah-pindahkan (Portability). 

XML ini mempunyai kemudahan perpindahan (portabilitas) yang jauh lebih bagus. Misalnya seperti halnya HTML, XML ini juga menggunakan elemen yang ditandai dengan tag pembuka (diawali dengan ‘<’ dan diakhiri dengan ‘>’), tidak lupa tag penutup (diawali dengan ‘</ ‘diakhiri ‘>’) dan untuk atribut elemen (parameter yang dinyatakan dalam tag pembuka contohnya <form name=”isidata”>)

Untuk bedanya disini yaitu untuk HTML medefinisikan dari awal tag dan atribut yang dipakai didalamnya, nah sedangkan untuk XML kita bisa menggunakan tag dan atribut sesuai dengan kehendak atau keinginan kita. Untuk lebih jelasnya anda simak contoh dibawah ini:

<message>
<dari>Mis Riana</dari>
<buat>Asisten Rumah Tangga</buat>
<buat>Bagian Tanaman</buat> 
<subyek>Untuk Bekerja Tepat Waktu</subyek>
<isi>Mohon agar tanaman/bunga di rawat sebaik mungkin saat saya berada di luar kota</isi>
</message>

Apa itu XML?

Untuk contoh diatas <pesan>, <dari> <buat>,dan <isi> bukanlah tag standard yang telah di tetapkan dengan sepenuhnya dalam XML. Akan tetapi Tag-tag itu kita yang membuatnya sendiri, tentunya sesuai dengan kehendak kita.  Lalu, sampai di sini XML tidak
melakukan apapun. Yang ada itu hanyalah sebatas informasi yang di kemas oleh tag-tag XML. Dan kita harus membuat software lagi untuk bisa mengirim, menerima bahkan menampilkan informasi di dalamnya tersebut.

XML untuk sekarang bukan merupakan pengganti dari HTML. Dengan masing-masing dari kedua nya tersebut dikembangkan dalam tujuan yang berbeda untuk mencapai tujuan tertentu. Apabila HTML digunakan dalam hal  menampilkan informasi dan juga berfokus pada bagaimana
informasi yang terlihat atau di tampilkan, XML menggambarkan susunan informasi dan berfokus pada informasi itu sendiri saja. XML ini terutama dibutuhkan dalam menyusun dan tidak lupa untuk menyajikan informasi dengan format yang tidak
mengandung format standard / default layaknya heading, tabel, paragraph, dan lain sebagainya. Sebagai contoh apa bila kita ingin menyimpan dan menyajikan informasi notasi musik pada lagu “Indonesia raya”, kita bisa menyimpannya dengan xml seperti contoh dibawah ini.

<lagu judul=”Indonesia raya” nadadasar=”G” Birama=”4/4”>
<bar nomor=”1”>
<nada not=”B” ketukan=”1/2”/>
<nada not=”C” ketukan=”1/2”/>
<nada not=”D” ketukan=”1”/>
<nada not=”B” ketukan=”2”/>
</bar>
<bar nomor=”2”>
</bar>
</lagu>

Setelah itu, apabila dengan adanya bantuan software lain misalnya katakanlah MIDI generator yang populer dimana bisa mendengarkan musiknya atau pun kita juga bisa membuat software sendiri dimana dapat menampilkan informasi ini dalam bentuk not balok. Gimana menarik, bukan?

Sama hal nya dengan HTML, File XML ini berbentuk teks sehingga bila diperlukan kita juga bisa membacanya tanpa memerlukan bantuan software khusus. Hal ini justru begitu memudahkan pengembang aplikasi yang menggunakan XML untuk mendebug programnya masing-masing. XML lebih ini fleksible dan efisien dibanding dengan HTML dalam hal kemampuannya menyimpan data dan informasi. Lalu  pada XML pun kita bisa juga menyimpan data baik dalam bentuk atribut maupun sebagai isi elemen saja yang diletakkan diantara tag pembuka dan tag penutup.

Baiklah, saya rasa cukup untuk postingan hari ini mengenai Apa itu XML (Extensible Markup Language) ?. Semoga bermanfaat bagi anda dan juga semuanya. Apabila ini bermanfaat, maka saya juga bahagia terlebih bagi anda yang ingin berkomentar. Sekian dan terima kasih kawan ...

Subscribe to receive free email updates: