Manfaat dan Jenis Jaringan Komputer

Manfaat dan Jenis Jaringan Komputer
Manfaat dan Jenis Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

Jaringan komputer yaitu suatu sistem atau arsip international yang menyediakan perangkat satu atau lebih komputer yang tujuan nya untuk dapat berkomunikasi selama tetap berada pada wilayah jaringan yang dapat membantu, mengakses informasi, mengirimkan data berupa angka, huruf, tanda baca, simbol dan juga memberikan layanan atau service antara satu komputer dengan komputer yang lainnya.

Untuk Jenis Jaringan Komputer secara umum itu ada 5 jenis nya:

1. LAN (Local Area Network), 
2. MAN (Metropolitan Area Network), 
3. WAN (Wide Area Network), 
4. Internet, dan juga
5. Wireless (jaringan tanpa kabel). 

Secara default, konsep dari Jenis Jaringan Komputer itu sama, yaitu sama sama yang tujuan nya untuk menghubungkan berbagai perangkat jaringan agar dapat berkomunikasi dan berbagi sumber daya yang ada. Perbedaan nya hanya dari letak geologis-nya saja (mencakup wilayah dan area jaringan) dan untuk teknologi yang digunakan (ex: penggunaan jenis kabel yang berbeda, IP Addressing sesuai class, dan bahkan sistem keamanan / security yang berbeda pula).

Baiklah, untuk lebih jelas nya konsep dan pemahaman dari ke-5 jenis jaraingan komputer, simak ulasan nya berikut ini :

JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

1. LAN ( Local Area Network )

Local Area Network atau kependekkan dari LAN ini merupakan jaringan milik pribadi pada ruang lingkup sebuah gedung atau pun kampus yang ukuran nya itu sampai beberapa kilometer. Lalu, LAN begitu sering digunakan dalam tujuan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan. Tidak hanya itu, pabrik-pabrik pun memakai bersama resource contohnya, printer, scanner dimana yang tujuannya sama–sama  saling bertukar informasi.
LAN ( Local Area Network )

Akan tetapi cukup di sayangkan dimana LAN ini ternyata mempunyai ukuran yang sangat terbatas, disini berarti bahwa waktu transmisi pada keadaan terburuknya terbatas dan sehingga dapat diketahui sebelumnya. Dengan adanya keterbatasnnya tersebut, dapat menyebabkan munculnya kemungkinan dalam menggunakan jenis desain tertentu. Tentu hal ini juga sangat beruntung dalam memudahkan manajemen jaringan. 

LAN menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal. Untuk LAN tradisional hanya beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps (mega bit/detik) dan juga dengan delay rendah (puluhan mikro second)  kemudian di satu sisi mempunyai faktor kesalahan yang kecil pula. Sedangkan untuk LAN-LAN modern bisa beroperasi pada kecepatan yang sangat tinggi, disini bisa di capai sampai ratusan megabit/detik.

Untuk kelebihan dari jenis jaringan LAN itu seperti lebih irit dalam hal pengeluaran biaya operasional, dalam penggunaan kabel lebih irit, transfer data antar node dan juga komputer dapat lebih cepat hal ini dikarenakan mencakup dalam hal wilayah yang sempit atau pun lokal, dan tentunya tidak memerlukan operator telekomunikasi dalam membuat sebuah jaringan LAN.

Untuk sisi kerugian dari jenis jaringan LAN ini mungkin dalam hal cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga hal dalam berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sukar dan untuk area cakupan transfer data juga tidak begitu luas.

2. MAN ( Metropolitan Area Network )

Metropolitan Area Network yang di pendekkan menjadi MAN ini adalah jenis jaringan yang lebih luas dan lebih canggih pula dari LAN. Mengapa di sebut MAN? Hal ini karena Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jenis jaringan MAN ini umum digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari sebuah kota ke kota lainnya. Misal dari kota A ke kota B. Nah, untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, hal ini lumrah sekali di perlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer. Misalnya seperti jaringan Depdiknas antar kota/wilayah dan juga untuk jaringan mall-mall modern yang saling berkaitan antar kota. Kemudian dari segi jangkauan jaringan MAN ini berkisar antara 10-50km..

MAN ( Metropolitan Area Network )

Sisi kelebihan dari jenis jaringan MAN ini yaitu cakupan wilayah jaringan nya lebih luas dalam artian yang tidak sempit/lokal sehingga hal ini begitu mudah dalam berkomunikasi yang membuat menjadi lebih efisien, tidak hanya itu, bisa juga mudah dalam hal berbisnis, dan dalam keamanan pada jaringan yang tentunya  menjadi lebih baik.

Lalu dari sisi kerugian pada jenis jaringan MAN ini bisa kita contohkan seperti lebih banyak menggunakan biaya operasional, bisa menjadi target operasi oleh para Cracker dalam mengambil keuntungan pribadi, belum lagi dalam hal memperbaiki jaringan MAN ini pun membutuhkan waktu yang cukup lama.

3. WAN ( Wide Area Network )

Wide Area Network (WAN) yaitu jenis jaringan yang sangat luas dan canggih daripada yang telah di sebutkan di atas yaitu LAN dan MAN.  Dengan kata lain Wide Area Network atau WAN ini adalah  jaringan yang jangkauannya mencakup ke daerah geografis yang luas, seperti sebuah negara bahkan juga benua.
Teknologi jaringan WAN ini lumrah digunakan dalam hal menghubungkan suatu jaringan dimana dari satu negara ke negara yang lain atau bahkan dari satu benua ke benua yang lainnya. Lalu, jaringan WAN juga umumnya menggunakan kabel fiber optic serta dapat menanamkannya di dalam tanah dan bisa saja melewati jalur bawah laut.  Kesimpulannya secara default WAN ini dapat digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga user dapat berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun keduanya sedang berada di lokasi yang berbeda.
WAN (WIDE AREA NETWORK)

Segi keuntungan dari jenis jaringan WAN yaitu dalam hal menangkap jaringan wilayah nya itu lebih luas dari LAN dan juga MAN, untuk tukar-menukar informasi menjadi lebih privasi/rahasia dan kontinyu bahkan terarah. Hal ini karena dalam berkomunikasi dari suatu negara dengan negara yang lainnya membutuhkan keamanan yang tinggi, dan lebih efisien dalam mengembangkan serta mempermudah dalam hal dunia  bisnis.

Segi kerugian dari jenis jaringan WAN semisal dalam biaya operasional yang diperlukan bisa menjadi lebih banyak, selain sangat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting, perawatan dalam jaringan WAN pun menjadi lebih berat.

4. Internet

Internet adalah perpustakaan yang paling besar di dunia dimana memberi kita mengakses informasi lebih lanjut, hiburan dan bahkan ada nya pengetahuan yang tak pernah kita ketahui sebelumnya. Sehingga dalam mentransfer data pun menjadi semakin mudah dan fleksibel. 
internet

Untuk keuntungan dari internet ini adalah dapat berkomunikasi dan berbagi dengan mudah bahkan menghemat waktu, dalam hal penyebaran ilmunya pun kian pesat karena banyaknya yang blogger yang senantiasa membagikan ilmunya.

Dalam hal kerugian ini mungkin dari kejahatan dunia maya yang salah menyalahgunakan internet antara lain seperti tersebar luasnya pornografi, bahkan transaksi barang-barang ilegal. (Baca juga: Perbedaan Intranet dengan Internet)

5. Wireless atau Jaringan tanpa Kabel

Wireless ini merupakan alternatif yang lebih modern, dimana tidak menggunakan kabel dan hanya mengandalkan melalui jaringan bersama. Media yang di gunakan itu seperti Inframerah, radio, microwave dan bluetooth.
wireless

Dari keuntungan yang kita dapat misalnya dalam hal kenyamanan yang terhubung ke jaringan yang tidak di batasi oleh kabel.

Kerugian dari jenis jarngan wireless ini mungkin dari segi transmisi data kepada para pengguna yang lambat sehingga kadang perlu keamanan yag ketat.

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

Dalam hal manfaat pada jaringan komputer ini tentu ada banyak sekali manfaat jaringan komputer, simak uraian berikut ini, antara lain :
  • Dengan adanya jaringan komputer, semua orang dapat mengakses file yang mereka inginkan, baik itu punya diri sendiri bahkan punya orang lainyang telah di bagikan melalui jaringan, hal ini berkenaan dengan internet.
  • Kemudian melalui jaringan komputer ini pun, banyak orang yang dapat melakukan / mengakses proses pengiriman data secara cepat, lugas dan efisien. Sehingga terselesaikan dalam kurun waktu yang sangat singkat.
  • Menariknya lagi jaringan komputer dapat membantu seseorang berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai negara, dan dapat bertemu dan berkomunikasi kembali denganteman-teman yang telah lama berpisah, dan hal ini tentu cukup mudah.
  • Setelah itu, user juga dapat mengirim berupa teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan dari  jaringan komputer.
  • Banyak orang yang dapat mengakses berita atau informasi dengan begitu mudah melalui internethal ini disebabkan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer. Dan kini semua pembaca beralih ke internet ketimbang buku. Dan sebagian dari mereka menganggap bahwa internet ini wadah belajar dan perpustakaan terbesar.
  • Dan yang terakhir kita dapat mengambil sebuah contoh apabila dalam sebuah kantor membutuhkan printer, nah kita tidak perlu repot-repot membeli sejumlah printer dengan komputer yang terdapat pada kantor tersebut. Akan tetapi cukup membeli satu printer saja dan ajaibnya dapat digunakan oleh semua karyawan kantor tersebu, begitu mudahnya pekerjaan sekarang terselesaikan.
Masih mau menyia-nyiakn peluang yang ada di depan mata anda? Atau anda masih bingung harus berbuat apa. Bergerak dan bertindak lah mulai sekarang, urusan menang belakangan. Hebat anda dari keberanian, itu saja. Tetap jadikan hal ini ke bagian yang membawa positif bukan malah sebaliknya. Baiklah saya cukupkan saja postingan kali ini mengenai Manfaat dan Jenis Jaringan Komputer, semoga bisa menambah wawasan dan tentunya semakin tahu. Sekian dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: