Pengertian dan manfaat Internet saat ini

Pengertian dan manfaat pada Internet

Pengertian dan manfaat Internet saat ini - Hemm, berbicara internet kalian pasti sudah tidak asing lagi, dimana saat ini kehidupan sehari-hari kita begitu akrab dengan internet, buku anak-anak sampai dewasa sekarng sudah pindah ke internet, dimana mulai dari mencari resep masakan, tutorial membuat ini dan itu, bahkan sampai ilmu pengetahuan SD, SMP, SMA, bahkan untuk semua mata kuliah mahasiswa apalagi yang bergeluti di bidang IT, ini sudah tentu sangat banyak dimana yang berhubungan dengan komputer, pemograman, sistem operasi, bahkan pengertian-pengertian yang lainnya. Tidak hanya itu, zaman sekarang bgeitu yang banyak yang memanfaatkan internet baik dalam mengirim surat elektronik seperti email, chatting dengan teman dan pasangan, dan juga mendapat teman baru dari seluruh penjuru dunia. Dengan kata lain internet ini juga sudah menjadi life style dari setiap orang.
Pengertian Internet

Pengertian Internet

Sebenarnya Internet itu berasal dari kata International Network yang memiliki kependekan interconnection networking. Apabila diterjemahkan secara langsung yaitu jaringan internasional, dimana terhubung jaringan di seluruh dunia. Internet adalah suatu kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain nya dalam sebuah jaringan yang telah di eksekusi.  Lalu mengapa disebut dengan jaringan internasional? Hal karena internet mampu menghubungkan komputer-komputer serta jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia dapat menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar dan tentu nya luas. Maka dari itulah, internet ini merupakan kumpulan jaringan-jaringan  komputer yang saling terhubung satu sama lain.

Karena internet ini merupakan sebuah jaringan atau pun lengkap nya sebagai sebuah komputer yang terhubung ke internet dengan semua komputer di seluruh dunia dimana yang juga terhubung ke internet. Hal ini semua jaringan komputer mampu mengakses semua informasi yang terdapat di internet tersebut secara gratis.
(Baca juga : Cara menonaktifkan akun instagram dengan mudah)

Internet ini di umpama kan sebagai sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa. Artinya adalah semua orang mempunyai hak yang sama dalam mengakses internet. Untuk itu lah, internet merupakan dunia yang bebas di jelajahi tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan juga tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu juga. Hebat, bukan? Oke baiklah bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut lagi, langsung saja melanjutkan di bawah ini.

Manfaat Internet dalam Kehidupan

a. Berfungsi sebagai sumber data dan juga informasi, kemudian sarana komunikasi data dan informasi. Internet ini mampu menyimpan berbagai macam data informasi, menarik nya lagi itu adalah dengan jumlah yang tidak terbatas sama sekali. Kamu juga  dapat mengakses informasi apa saja di internet ini. Apabila memang ingin, kamu juga boleh menempatkan informasi di intemet agar dapat diakses oleh orang banyak misalnya membuat blog atau wordpress, membuat kegiatan forum, atau apa pun itu yang tentunya dapat bermanfaat bagi semua orang serta menambah ilmu dari semuanya, tentunya ini juga sangat baik dan mneguntungkan.

b. Berfungsi sebagai sarana komunikasi data dan informasi, dimana internet mampu di pergunakan untuk komunikasi data  dan juga informasi dari satu komputer dengan komputer yang lain nya tanpa dibatasi oleh jarak dari kedua komputer tersebut. Kemudian dua komputer yang sama-sama terhubung ke internet ini juga dapat saling berhubungan satu dengan yang lain serta dapat mempertukarkan data dan juga informasi. Kelebihan dari sekarang ini yaitu dapat mengakses dan pertukaran data/informasi dapat dilakukan dalam waktu yang begitu singkat. 
(Baca juga : 7 cara berkualitas dalam merawat laptop)

Internet juga menjadi salah satu pemicu globalisasi dimana telah menghilangkan batas-batas pada dunia. Internet ini memungkinkan siapapun dapat mengakses informasi yang tersimpan di dalam komputer di belahan dunia lain. Internet juga telah menghipnotis orang-orang yang ada di belahan bumi, bagaimana tidak? Hal ini sangat mungkin terjadi karena memang dengan saling berkomunikasi tanpa dibatasi siapapun apalagi dari pihak negara, waktu/jarak, hingga hukum, 
Baiklah, anda telah menghabis kan untuk membaca pengertian dan manfaat dari internet, ada baik nya anda sekarang melanjutkan membaca aplikasi yang ada di internet, sehingga membuat pengetahuan anda tidak menjadi setengah-setengah.

Macam-macam aplikasi internet

Untuk aplikasi yang ada pada internet  ini yang tersedia saat ini begitu banyak dan tentunya hal ini akan terus bertambah seiring dengan berkembang teknologi informasi. Dimana aplikasi-aplikasi internet ini yang kemudian digunakan dalam berbagai bidang, misalnya bagian akademik, medis, milter, media massa, periklanan, dan berbagai sektor industri lainnya yang tidak mungkin kita sebutkan satus per satu.

Karena dari dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, yang paling populer alias banyak dikenal dan juga digunakan itu antara lain adanya  World Wide Web (www), Email, Mailing List (milis), Newsgroup, Internet Relay Chat (IRC), File Transfer Protocol (FTP), Telnet Gophea Ping dan VoIP.

Fungsi masing-masing aplikasi tersebut sebagai berikut:
  • Word Wide Web (WWW)
    Word Wide Web atau di singkat www atau boleh juga disebut web ini merupakan aplikasi terpenting. Dimana aplikasi web dapat memungkinkan komputer-komputer di internet untuk saling mempertukarkan informasi dalam format dokumen khusus yang disebut itu dengan format hypertext atau hypermedia. Hal ini disebut dengan hypermedia  karena format dokumen tersebut memungkinkan informasi disimpan dalam berbagai bentuk, baik itu teks, gambar, video, bahkan audio.
    Untuk dokumen web di internet yang disimpan di komputer server yang ada di internet. Sekarang diperkirakan ada ratusan ribu komputer server yang tersebar di jaringan  internet. Dimana komputer server yang mampu menyimpan dokumen web ini disebut dengan server web (web server). Untuk itu dokumen web yang mempunyai format hypermedia di ciptakan dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML).  HTML ini mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) dalam sebuah dokumen dengan dokumen yang lain  nya,  meskipun dokumen-dokumen tersebut ditempatkan di server web yang berbeda.
  • Surat Elektronik (E-mail)
    Elektronik (electronic mail) atau lebih akrab dengan istilah email inimerupakan aplikasi internet sebagai sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Dimana mengirim email sama persis dengan mengirimkan sebuah surat biasa. Hanya saja perbedaannya itu adalah email dikirim dalam bentuk elektronik dan juga dikirim melalui jaringan  komputer yang ada di internet. Selain dengan mengirimkan pesan, email ini juga  dapat digunakan dalam mengirimkan file-file dokumen, gambar, video, audio, dan masoh banyak yang lainnya lagi. Email merupakan alat komunikasi yang murah dan juga cepat.
    Email ini dikirimkan dalam waktu yang sangat singkat, bahkan bisa dalam waktu beberapa detik saja apabila memiliki koneksi yang baik dan lancar, yaa kalo tidak yaa saran saya anda cukup untuk bersabar sejenak. Ini berlaku untuk seluruh dunia, seperti yang telah kita singgung di atas bahwa tanpa batas dalam mengakses internet ini, amazing! Hal ini juga dikatakan murah karena biaya untuk mengirimkan email cuma biaya yang dikeluarkan untuk koneksi internet. Anda juga mendapat gratis apabila tersambung ke wiFi atau hostPot dari teman.
  • Mailing List
    Mailing List atau pun sering juga  disebut dengan milis ini adalah aplikasi internet dimana yang digunakan sebagai sarana diskusi atau pun dalam hal bertukar informasi untuk satu kelompok melalui email. Setiap email yang dikirim ke alamat milis ini akan dikirimkan ke semua alamat email dimana yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut. Milis ini juga sebenarnya bentuk lain dari email. Dimana fasilitas yang dapat digunakan oleh kelompok-kelompok untuk adanya bertukar informasi dan juga berdiskusi dengan sesama anggota kelompok. Mailing list ini mempunyai sifat yang sama seperti aplikasi email.
  • Newsgroup
    Untuk newsgroup ini merupakan aplikasi internet dimana yang dapat digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain nya dalam sebuah forum. Umumnya anggota forum newsgroup ini mempunyai kepentingan dan juga ketertarikan yang sama serta dalam membahas topik-topik tertentu. Untuk sarana yang mungkin digunakan itu dapat berupa multimedia (audiovisual) dengan menggunakan fasilitas video yang konferens, media teks, atau pun juga media teks dan audio dengan menggunakan fasilitas chat (rRC). Selain itu, newsgroup juga dapat dianggap seperti sebuah bullettinboard. Dengan adanya newsgroup, setiap orang bebas menempelkan opini nya untuk dibaca oleh orang lain yang tergabung juga tentunya dalam kelompok tersebut. Newsgroup juga memungkinkan setiap anggota kelompok menyampaikan informasi dengan cepat dan lugas kepada orang-orang yang tergabung dalam sebuah kelompok tersebut.
  • Internet Relay Chat
    lnternet Relay Chat (IRC) adalah aplikasi internet dimana yang digunakan dalam hal berkomunikasi di internet . Dengan berbicara di internet atau dunia maya dikenal dengan istilah chatting. Walaupun disebut berbicara, akan tetapi komunikasi sebenarnya itu dilakukan dengan menggunakan teks saja, bukan bertatap langsung. Dimana chatting dilakukan dengan mengetik teks atau pendapatnya dan kemudian mengirimkannya ke orang yang di tuju. Unutk sekarang ini beberapa layanan chatting di internet telah dilengkapi dengan fasiitas untuk menampilkan gambar atau stiker dimana dengan tambahan ini membuat semua orang semakin betah untuk berlama-lama untuk chatting dengan tampilan nya keren. Dengan menggunakan fasilitas ini pun, si pelaku dapat berbincang-bincang sambil melihat gambar orang yang sedang diajak chatting tersebut.
  • File Transfer Protocol
    File Transfer Protocol atau di pendekkan menjadi FTP ini adalah aplikasi internet yang dapat digunakan untuk mengirimkan atau pun mengambil file dari sebuah komputer lain. FTP ini memungkinkan  transfer data dari satu komputer ke komputer lain nya di internet yang berlangsung dengan lebih cepat. FTP juga sering digunakan dalam mencari dan juga mengambil atau pun mengunduh (download)  file dokumen di sebuah server di internet yang mempunyai alamat atau URL tertentu dimana yang menyediakan berbagai file. File tersebut memang benar diizinkan oleh pemiliknya untuk diambil oleh pengguna internet yang memerlukan nya. File dokumen ini juga bisa berupa hasil penelitian, journal, artikel-artikel, dan lain sebagainya. FTP begitu sering digunakan oleh pemilik situs di internet dalam menempatkan mengupload atau mengunggah file dokumen web ke server web sehingga bisa leluasa diakses oleh seluruh pengguna internet.
  • Telnet
    Telnet merupkan aplikasi internet yang dapat digunakan untuk mengakses komputer dimana yang letaknya jauh. Telnet bisa digunakan jika kamu mempunyai alamat IP dari komputer yang akan diakses dan juga hak akses USER ID dan juga password ke komputer tersebut. Arti alamat IP  ini adalah nomor protokol internet dimana yang diberikan kepada semua jaringan komputer yang telah terhubung ke internet.
Itulah artikel mengenai Pengertian dan manfaat Internet saat ini, semoga membantu sobat semua, apabila ada yang kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar dan juga jangan lupa beri saran. Sekian dan terima kasih, selamat beraktivitas :)

Subscribe to receive free email updates: