Title

Mengenal Perbedaan Internet dan Intranet Secara Lengkap

Mengenal Perbedaan Internet dan Intranet

PERBEDAAN INTERNET DAN INTRANET – Era globalisasi yang semakin canggih membuat  pertukaran informasi antar negara ke negara lain bahkan benua di seluruh dunia menjadi lebih mudah dengan adanya Internet yang hadir dalam memenuhi bagi masing-masing kebutuhan manusia. Akan tetapi di samping itu, intranet juga memiliki peran atau kegunaan yang sama layaknya untuk pertukaran informasi antar pengguna seperti hal nya internet. Lalu, apa yang membedakan nya? Mari di lanjutkan membaca nya.
Perbedaan Internet dan Intranet
Perbedaan Internet dan Intranet

Baiklah.. mungkin benar secara penamaan, huruf yang  di pakai memilki  kesamaan dimana sama-sama mempunyai kata “net” di bagian paling terakhir kata Internet dan Intranet  disini yang mendefinisikan net itu berarti network. Namun , apa yang membuat perbedaan Internet dan juga Intranet ini? Untuk pembahasan selanjutnya, saya harap anda tetap melek dalam menggali pengetahuan baru ini. Langsung aja di bawah ini ada beberapa perbedaan antara Internet dan Intranet yang tentunya bisa kamu pelajari secara rinci dan detail agar bisa kamu bagikan kepada orang yang belum tahu atau pun sama sekali belum mengerti, jadilah pahlawan dari hal-hal kecil terlebih dulu.

Pengertian Internet

Istilah Internet merupakan kependekkan dari Interconnection Networking. Lalu, apa itu Internet? Internet ini adalah sebuah teknologi dimana yang memiliki jaringan yang begitu luas kemudian dapat menghubungkan milyaran komputer di seluruh dunia.  Jaringan Internet menggunakan standar sistem global yang  berupa TCP/IP,  dimana TCP ini singkatan dari Transmission Control Protocol sedangkan IP singkatan  Internet Protocol sebagai protokol pertukaran data.

Internet pertama kali munculkan pada tahun 1969 yang di keluarkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Hal ini melalui Advance Research Project Agency Network yang memilki singkatan  dengan ARPANET. Awal mula  proyek ini di kembangkan hanya dalam kepentingan militer saja. Akan tetapi, seiring berjalan nya waktu  proyek ini semakin berkembang sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan yang ada di seluruh penjuru dunia.
Dengan terciptanya internet ini seolah membawa perubahaan signifikan yang begitu berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan pada manusia sampai dengan sekarang seperti yang kita rasakan. Di samping itu, internet juga melahirkan gaya hidup baru pada dunia, sekaligus corak dan karakteristik yang berbeda pada dunia nyata dari sebelumnya.

Pengertian Intranet

Intranet secara bahasa berasal dari kata “intra” dimana yang memiliki arti  “didalam” sedangkan “net” atau “network”  di definisikan sebagai “jaringan”.  Oke dengan kata lain, apabila semuanya di kombinasikan atau di gabung maka intranet ini mempunyai arti sebuah jaringan yang ada di sebuah ruangan layaknya rumah, rumah sakit, sekolah,  kantor, laboraturium, perpustakaan dan lain sebagainya yang masih banyak.
Intranet adalah sebuah jaringan khusus ( private network) dimana yang berfungsi untuk membagikan suatu informasi rahasia perusahaan. Nah,  terkadang istilah juga intranet merujuk pada layanan yang terlihat saja, contoh nya itu pada situs web internal perusahaan. Intranet ini mulai dirilis sejak tahun 1995 yang di kembangkan oleh para penjual produk jaringan dimana mendominasi pada kebutuhan informasi berbentuk web dalam sebuah perusahaan.

Kemunculan  intranet pada sebagian perusahaan saat itu juga terasa sangat menguntungkan. Betapa tidak? Dengan biaya yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan telepon kabel biasanya atau pun dalam menggunakan teknologi jaringan pribadi lainnya. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi pengembang Intranet dimana yang telah berhasil merubah cara orang dalam bekerja yang tentunya lebih mudah dengan belajar dan dalam hal sharing / berbagi informasi kepada pengguna yang lain nya. Di sisi lain, ternyata intranet juga menawarkan  kemudahan aksesibilitas dokumentasi dalam ketersediaan terhadap informasi dan juga dengan peningkatan efisiensi nya.

Fasilitas pada Internet

Dunia informasi, mungkin sebutan ini cocok di sematkan bagi sebuah jaringan internet. Bagaimana tidak sampai dengan sekarang pun internet ini tetap menyajikan berbagai fasilitas yang serba ada dalam memenuhi kebutuhan informasi pengguna setia nya bagi semua kalangan. Oke baiklah langsung aja simak berikut ini fasilitas-fasilitas pada internet yang bisa anda dinikmati tentunya oleh pengguna internet, antara lain yaitu:

#1 WWW atau World Wide Web

World Wide Web kependekkan dari  WWW ini merupakan Sistem pada internet ini mempunyai peran atau tugas dalam melakukan pencarian dan pemberian informasi yang cepat dan juga instan.
Pengertian WWW atau World Wide Web

#2 Email

Tidak perlu ribet lagi di zaman yang serba canggih seperti sekarang dimana dengan hadirnya aplikasi Email atau layanan surat elektronik ini dapat memungkinkan seorang pengguna internet dalam mengirimkan pesan berformat apapun kepada pengguna lainnya yang di tuju, tentunya hal ini hanya membutuhkan dalam hitungan menit bahkan bisa jadi detik apalagi mempunyai jaringan yang baik.
Pengertian Email singkat

#3 Chatting

Chatting ini merupakan kegiatan komunikasi atau sebuah percakapan khusus antara dua bisa juga lebih pengguna internet dalam waktu yang sama atau di sebut dengan realtime.
Arti Chatting

#4 File Transfer Protocol

Untuk FTP yaitu yang memiliki kepanjangan dari File Transfer Protocol merupakan sebuah layanan internet yang bermanfaat sebagai distributor atau penyalur data dalam transfer file hingga berlangsung antara pengguna komputer dalam suatu server di internet. Dengan adanya FTP ini, si pengguna internet bisa melakukan upload dan juga download beberapa file antar komputer lain yang ada di seluruh dunia.
Definisi FTP

Perbedaan antara Internet dengan Intranet

Secara keseluruhan, kita telah mengetahui bahwa internet memiliki jangkauan yang lebih luas dibanding dengan intranet meskipun awalnya lebih dulu hadir intranet daripada internet. Namun, yang perlu di deklarasi kan kemmbali bahwa perbedaan dari kedua jaringan tersebut bukan hanya terletak pada jangkauannya saja, untuk itu bisa di lihat lebih lanjut seperti yang tertera beberapa perbedaan kedua nya dibawah ini:

1. Jaringan pada Internet
  • Mempunyai jangkauan jaringan yang luas sehingga memilki koneksi yang cepat,
  • Perkembangannya begitu pesat,
  • Dapat diakses oleh siapa saja, kapan dan dimanapun. Terserah bagi si pengguna,
  • yaitu sekumpulan dari jaringan LAN, MAN dan juga WAN, dan
  • Untuk keamanan nya yang kurang terjamin, mudah di bajak hacker.

2. Jaringan pada Intranet
  • Memilki jaringannya yang sempit (lokal),
  • Perkembangannya begitu lambat,
  • Cuma dapat digunakan pada instansi tertentu saja, contoh nya : perkantoran, sekolah, perpustakan dan lain nya,
  • Untuk keamanan nya ini terjamin. Mengapa? Karena intranet ini hanya diakses oleh orang-orang tertentu saja, dan
  • Terakhir juga menggunakan jaringan LAN, MAN atau bahkan WAN.

Demikian lah setelah mengulik artikel mengenai “Mengenal Perbedaan Internet dan Intranet Secara Lengkap”. Semoga setelah agan-agan baca semua dapat memberi pencerahan yang lebih baik dan semakin tahu apa perbedaan dari keduanya sehingga tidak salah dalam mendefinisikannya. Baiklah setelah saya membagikan informasi di atas yang saya kutip dari beberapa sumber seperti nya sudah cukup. Waktu nya saya akhiri pada artikel kali ini, harapan saya ini bisa bermanfaat dan juga dapat di bagikan kepada yang lainnya. Saya ucapkan banyak terima kasih dan sekian !

Artikel terkait :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Mengenal Perbedaan Internet dan Intranet Secara Lengkap"

  1. Kami PT.Global Proteksindo
    menjual segala macam alat Safety Mulai dari
    APAR (Alat Pemadam Api Ringan)
    APAB (Alat Pemadam Api Berat)
    Hydrant System
    Fire Suppression System
    Fire Alarm System
    CCTV
    Dlls
    jika ingin mengetahui lebih detai silahkan kunjungi Halaman kami di http://alatpemadam.id/
    atau hubungi kami di
    BBM: 5952CDBC
    YM: budi_as43@yahoo.com
    Yahoo: budi_as43@yahoo.com
    Gmail: alatpemadam.id@gmail.com
    Gmail: arddii6@gmail.com
    Email: marketing@alatpemadam.id
    Email: info@alatpemadam.id
    WA: 089606087428
    Telp: 089606087428

    ReplyDelete