16 Distro Linux Terbaik Tahun 2016

Distro Linux Terbaik
Distro Linux Terbaik

Tahun 2015 lalu OpenSUSE begitu penting bagi Linux, baik di perusahaan maupun di ruang konsumen. Lalu pada tahun 2016 tentunya akan menjadi lebih menarik ketimbang tahun sebelumnya. Maka dari itu pada artikel ini, saya mencoba memaparkan beberapa distro Linux terbaik yang akan bersinar pada tahun 2016.

1. OpenSUSE

Tidak di herankan lagi SUSE menjadi distro Linux terbaik dari tahun ke tahun. Perusahaan openSUSE ini merupakan perusahaan Linux tertua alias senior. Perusahaan ini benar-benar mendahului raja Linux Red Hat. SUSE juga sponsor dari openSUSE distro berbasis opensource karena di kenal dengan friendly nya.

Pada 2015, tim openSUSE memutuskan untuk datang lebih cepat untuk SUSE Linux Enterprise (SLE) sehingga pengguna bisa memiliki distribusi untuk berbagi DNA dengan server perusahaan - mirip dengan CentOS dan Ubuntu. Dengan demikian, openSUSE menjadi openSUSE Leap, distribusi yang langsung berdasarkan SLE SP (service pack) 1.

Kedua distro ini akan berbagi basis kode untuk menguntungkan satu sama lain - SUSE akan mengambil apa yang baik di openSUSE dan juga sebaliknya. Dengan langkah ini, openSUSE juga membolos siklus rilis reguler, dan versi baru akan dirilis sinkron dengan SLE. Itu berarti setiap versi akan memiliki siklus aktif dalam jangka waktu yang lebih lama lagi.

Sebagai hasil dari langkah ini, openSUSE telah menjadi distribusi yang sangat penting karena potensi pengguna SLE sekarang dapat menggunakan openSUSE Leap. Itu tidak semua, akan tetapi openSUSE juga mengumumkan perilisan Tumbleweed, versi rolling-release murni. Jadi, sekarang pengguna dapat menggunakan super-stabil openSUSE Leap atau selalu up-to-date openSUSE Tumbleweed.

2. Distro Custom: Arch Linux

Arch Linux adalah yang distribusi terbaik rolling-release di negara luar. Arch Linux adalah distro besar bagi mereka yang ingin belajar segala sesuatu tentang Linux. Karena Anda harus menginstal semuanya secara manual, Anda sebaiknya mempelajari semua potongan-potongan dari sistem operasi berbasis Linux.

Arch ini berarti distribusi yang paling disesuaikan. Tidak ada "Arch" setiap DE. Semua yang Anda dapatkan adalah yayasan dan Anda dapat membangun distro apapun sesuai keinginan. Di samping itu, untuk baik atau buruk, tidak seperti openSUSE atau Ubuntu tidak ada patch tambahan atau integrasi. 

Arch Linux juga merupakan salah satu rilisan terbaik secara bergulir. Dimana selalu diperbarui. Pengguna selalu menjalankan paket terbaru, dan mereka juga dapat menjalankan software pra-dirilis melalui repositori yang tidak stabil. Arch juga dikenal karena memiliki dokumentasi yang sangat baik. 

3. OS SD

Distribusi Linux yang berbeda memiliki area fokus yang berbeda pula. Dalam banyak kasus, terdapat perbedaan teknis. Sekian banyak distribusi Linux, tampilan dan nuansa merupakan sebuah renungan. Proyek sampingan pada belas kasihan dari lingkungan desktop tertentu.

OS SD sedang mencoba untuk mengubah semua itu. Di sini, desain di garis depan, dan alasannya cukup jelas. distro ini sedang dikembangkan oleh desainer yang telah membuat nama mereka di dunia Linux dengan menciptakan ikon yang indah. Di tunggu saja pembaharuannya.

OS SD cukup ketat tentang tampilan holistik dan nuansa. Para pengembang telah menciptakan komponen mereka sendiri, termasuk lingkungan desktop. Selain itu, mereka hanya memilih aplikasi yang sesuai dengan paradigma desain. Karena dapat menemukan satu pengaruh berat dari Mac OS X pada OS SD.

4. Pendatang Baru Terbaik: Solus

Distro Linux Terbaik

Sistem operasi solus telah mengumpulkan cukup banyak perhatian akhir-akhir ini. Ini adalah sistem operasi yang layak muncul dari awal. Ini bukan turunan dari Debian atau Ubuntu. Muncul dengan lingkungan desktop Budgie, yang dibangun dari awal tetapi bertujuan untuk mengintegrasikan dengan Gnome. Solus memiliki pendekatan minimalis yang sama seperti Google Chrome OS. Distro-Solus tidak bermain dengan Solus banyak, tapi itu memang terlihat menjanjikan. Solus sebenarnya bukan sistem operasi "baru". Hanya saja dalam bentuk dan nama yang berbeda. 

5. OS Cloud terbaik: Chrome OS

Chrome OS mungkin tidak khas distribusi berbasis Linux karena sistem operasi berbasis browser untuk aktivitas online. Namun, karena hal ini didasarkan pada Linux dan kode sumbernya tersedia bagi siapa saja untuk mengkompilasi, ini merupakan OS yang menarik. Chrome OS bersama dengan Android, layak semua kredit untuk membuat Linux populer di PC dan ruang mobile.

6. OS Terbaik Laptop : MATE Ubuntu

Kebanyakan laptop tidak memiliki perangkat keras yang sangat high-end, dan jika Anda menjalankan lingkungan desktop benar-benar sumber daya-intensif maka Anda tidak akan memiliki banyak sumber daya sistem atau baterai yang Anda inginkan. Mereka akan digunakan oleh OS itu sendiri. Maka dari itu saya menemukan Ubuntu MATE menjadi sistem operasi yang sangat baik dari beberapa sumber. Ini ringan, namun memiliki semua dukungan fitur yang diperlukan untuk pengalaman yang menyenangkan. Berkat desain yang ringan, sebagian besar sumber daya sistem bebas untuk aplikasi sehingga Anda masih bisa melakukan beberapa pekerjaan berat di atasnya. 

7. Distro terbaik untuk Old Hardware: Lubuntu

Jika Anda memiliki laptop tua atau PC duduk-duduk alias diam di tempat, ini cocok dengan Lubuntu. Lubuntu menggunakan LXDE, tetapi proyek telah bergabung dengan Razor Qt untuk membuat LXQt. Meskipun rilis terbaru 15.04 masih menggunakan LXDE, versi masa depan akan menggunakan LXQt. Lubuntu adalah sistem operasi yang layak untuk hardware lama.

8. Distro terbaik untuk IOT: Snappy Ubuntu Inti

Snappy Ubuntu Inti adalah sistem operasi berbasis Linux di luar sana untuk Internet of Things (IOT) dan perangkat lain. Sistem operasi memiliki potensi besar untuk mengubah hampir segala sesuatu di sekitar kita menjadi perangkat pintar - seperti router, mesin pembuat kopi, drone, dll Apa yang membuatnya bahkan lebih menarik adalah cara software mengelola pembaruan dan menawarkan containerization untuk keamanan tambahan.

9. Distro terbaik untuk Desktop: Linux Mint Cinnamon

Linux Mint Cinnamon adalah sistem operasi terbaik untuk desktop dan laptop kuat. Banyak yang menilai jauh lebih bagus dari Mac OS X dari dunia Linux.

10. Distro terbaik untuk Games: Steam OS

Game telah menjadi kelemahan desktop Linux. Banyak pengguna dual-boot dengan Windows hanya untuk dapat bermain game. Valve Software sedang mencoba untuk mengubah itu. Valve adalah distributor game yang menawarkan klien untuk menjalankan game pada platform yang berbeda. Dan, Valve sekarang telah menciptakan sistem operasi terbuka mereka "Steam OS" untuk menciptakan sebuah platform game berbasis Linux. Pada akhir 2015, mitra mulai pengiriman mesin uap ke pasar.

11. Distro terbaik untuk Privasi: Tails

Dalam usia ini pengawasan massa dan pelacakan oleh pemasar (pelacakan anonim untuk konten yang ditargetkan dapat diterima), privasi telah menjadi isu utama. Jika Anda adalah seseorang yang perlu menjaga instansi pemerintah dan pemasaran dari bisnis Anda, Anda memerlukan sistem operasi yang dibuat  "dari bawah ke atas" dengan privasi dalam pikiran. Ini adalah distribusi berbasis Debian yang menawarkan privasi dan anonimitas dengan desain.

12. Distro terbaik untuk Produksi Multimedia: Ubuntu Studio

Distro Linux Terbaik

Produksi multimedia adalah salah satu kelemahan utama dari sistem operasi berbasis Linux. Semua aplikasi profesional kelas yang tersedia baik untuk Windows atau Mac OS X. Tidak ada kelangkaan layak software produksi audio / video untuk Linux, namun sistem produksi multimedia membutuhkan lebih dari aplikasi hanya layak. Harus menggunakan lingkungan desktop yang ringan sehingga sumber daya sistem yang berharga - seperti CPU dan RAM - yang digunakan hemat oleh sistem itu sendiri, meninggalkan mereka untuk aplikasi multimedia. Dan, distribusi Linux terbaik untuk produksi multimedia adalah Ubuntu Studio. Menggunakan Xfce dan dilengkapi dengan berbagai audio, video, dan aplikasi editing gambar.

13. Distro terbaik untuk perusahaan: SLE / RHEL

Pelanggan perusahaan tidak mencari artikel seperti ini untuk memilih distribusi untuk berjalan pada server mereka. Mereka sudah tahu ke mana harus pergi: Ini baik Red Hat Enterprise Linux atau SUSE Linux Enterprise. Kedua nama ini menjadi identik dengan server perusahaan. Perusahaan-perusahaan ini juga mendorong batas-batas dengan berinovasi dalam lanskap yang berubah ini di mana semuanya kemas dan menjadi software didefinisikan.

14. Server OS terbaik: Debian / CentOS

Jika Anda melihat menjalankan server, tetapi Anda tidak mampu atau tidak mau membayar biaya berlangganan untuk RHEL atau SLE, maka tidak ada yang lebih baik dari Debian atau CentOS. distro ini adalah standar emas ketika datang ke server berbasis masyarakat. Dan, mereka didukung untuk waktu yang sangat lama, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang upgrade sistem Anda begitu sering.

15. Mobile OS Terbaik: Plasma Ponsel

Meskipun distribusi berbasis Linux Android memerintah bertengger, banyak komunitas open source, termasuk saya, masih menginginkan distribusi yang menawarkan aplikasi desktop tradisional Linux pada perangkat mobile. Pada saat yang sama, lebih baik jika distro ini dijalankan oleh sebuah komunitas bukan sebuah perusahaan sehingga pengguna tetap dalam fokus dan tidak tujuan keuangan perusahaan. Dan di situlah KDE Plasma Ponsel membawa harapan.

distribusi berbasis Kubuntu ini diluncurkan pada tahun 2015. Karena masyarakat KDE dikenal kepatuhan mereka dengan standar dan mengembangkan hal-hal di depan umum, saya cukup gembira tentang masa depan Plasma Mobile.

16. Distro terbaik untuk ARM Devices: Arch Linux ARM

Dengan keberhasilan Android, kita sekarang dikelilingi oleh perangkat ARM bertenaga. Dari Raspberry Pi ke Chromebook dan Nvidia Shield. Distro tradisional ditulis untuk prosesor Intel / AMD tidak akan berjalan pada sistem ini. Beberapa distribusi ditujukan untuk ARM, tetapi mereka sebagian besar untuk hardware tertentu, seperti Raspbian untuk Raspberry Pi. Di situlah Arch Linux ARM (ALARM) bersinar. Ini adalah distribusi murni berbasis masyarakat yang didasarkan pada Arch Linux. Anda dapat menjalankannya pada Raspberry Pi, Chromebook, perangkat Android, Nvidia Shield, dan apa yang tidak. Apa yang membuat distribusi ini bahkan lebih menarik adalah bahwa, berkat Arch User Repository (AUR), Anda dapat menginstal banyak aplikasi dari Anda mungkin tidak mendapatkan di distro lain.

Nah guys, itu saja 16 Distro Linux Terbaik Tahun 2016 yang dapat saya paparkan. Lalu mana yang menjadi andalan sesuai kebutuhan dan keperluan anda saat ini. 
Baca juga: 10 distro linux opensource

Subscribe to receive free email updates: