Fitur Terbaru Instagram

Haloo Sahabat Hawe, Assalamu’alaikum..

Pembahasan kali ini seputar jejaring sosial yaitu Instagram. Dimana sebelumnya saya sudah juga sudah pernah membicarakan cara atasi instagram lupa password dengan SMS. Mungkin anda bertanya kenapa harus Instagram yang di bahas lagi, mungkin bagi Anda yang sudah terbiasa dengan seluk beluk dan aktif di dunia maya dan gadget tentu hal ini sudah basi dan tak perlu bertanya apa itu Instagram. Akan tetapi bagaimana dengan mereka yang belum sama sekali mengerti apa itu Instagram, jadi apa salah nya saya membantu mereka untuk jauh lebih paham tentang Instagram. 

Selain itu saya juga tidak melulu membahas hal yang serupa, dimana kali ini saya akan mencoba menjelaskan fitur terbaru dari Instagram. Tentunya akan jauh lebih seru dari sebelumnya apalagi bagi anda yang suka streaming video. Sekarang aplikasi Instagram menjadi sosial media yang paling bersinar di banding yang lain. Tapi bukannya yang lain tidak oke, akan tetapi belum beruntung saja seperti halnya Instagram. 
Baiklah langsung saja akan saya paparkan pengertian dari Instagram, cara penggunaan, serta fitur terbaru instagram sebagai berikut:

Apa itu Instagram?

Instagram ini secara default dapat di artikan sebagai aplikasi mobile berbasis Android, iOS, dan Windows Phone dimana user dapat membidik, meng-edit dan mem-posting foto atau pun video ke halaman utama Instagram bahkan ke jejaring sosial lainnya. 
Foto atau video yang anda bagikan nantinya akan terpampang di jendela home pengguna lain yang menjadi follower Anda atau yang mengikuti Anda.

Nah, mengapa adanya follower? Karena Instagram ini saat menjalin pertemanan mengikuti sistem pertemanan yang di kenal istilah following dan follower sama hal nya seperti twitter. Lebih jelasnya follower memiliki arti si pengguna lain yang mengikuti Anda sedangkan Following berarti Anda mengikuti pengguna lain dimana saat anda saling mengikuti akan sama-sama terpampang postingan foto/video anda. Setelah itu setiap pengguna pun dapat berinteraksi dengan cara memberikan sebuah komentar dan memberikan respon LIKE terhadap foto yang di unggah. Tidak hanya itu, instagram juga menyediakan inbox bagi anda yang ingin obrolan secara personal atau pribadi dan di dalamnya di lengkapi pula dengan teks dan video. Namun, bagi anda yang ingin menonaktifkan instagram yang beribu alasas yang ada, bisa coba cek di Cara Mudah Menonaktifkan Akun Instagram.

Awalnya Instagram dikembangkan oleh startup bernama Burbn, Inc yang dimotori oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. Dengan pengembangan nya yang hebat hingga sukses menjadi sosial media raksasa dan menurut sumber sosial media Facebook bahkan bertekuk lutut sehingga bersedia membelinya dengan harga $1 miliar, akuisisi itu terjadi pada tanggal 9 April 2012.


Fitur-fitur Terbaru Instagram

Kamera/Video

Tak dapat di pungkiri lagi bahwa Instagram ini telah menghipnotis banyak orang orang di luar sana. Sehingga begitu marak dengan dengan selfie, membuat video lucu bahkan mengikuti tren yang terjadi di Instagram misalnya sekarang lagi demamnya membuat foto selfie tahun lalu dan tahun sekarang, kemudian di gabungkan menjadi dua lalu di padukan dengan kata kata “MANTAN MAAFKAN AKU YANG DULU”. 

Tidak hanya itu, fitur kamera terbaru yaitu bisa meng-uploud foto sesuai dengan ukuran aslinya apakah itu lanscape atau portrait. Dimana memberikan keleluasaan kepada pengguna saat ingin membagikan foto dengan sudut tangkapan lensa yang lebih lebar. Dan menariknya lagi effect dari kamera Instagram juga semakin meningkat. Kemudian pada tahun 2016 ini Instagram baru saja membuat pemberitahuan baru yaitu turn on profil nya tujuan kita agar muncul di notifikasi. Cara ini terbilang mudah, karena hanya tinggal pergi ke profil yang ingin kita turn on. Kemudian langsung pergi ke pojok kanan yang ada titik 3 secara vertikal, scroll ke bawah, ketemu deh. Langsung aja turn on.

Kemudian pada tanggal unggahan gambar atau video pun kini telah di perbaharui dimana langsung adanya tanggal secara detail bukan seperti dulu yang hanya memberikan keterangan minggu dan bulan, bahkan tahun.
Lalu, pada fitur video kini telah berdurasi selama 60 detik. Hal ini justru semakin banyak orang yang menyukai Instagram. Dari pada sebelumnya hanya menampung selama 15 detik saja. Tapi saran saya jika ingin menonton video lebih baik pake wifi gratis aja deh, agar lebih hemat dan puas saat menonton video nya.

Editor

Instagram punya tool editor dimana yang menjadi tempat bagi para pengguna untuk memoles foto yang di ambil lewat kamera perangkatnya. Di sini, adanya 10 tool editor tingkat lanjut dimana dapat mengatur kembali pencahayaan, kontras dan saturasi semudah menggerakkan jemari tangan.

Tag dan Hashtag

Sama halnya seperti twitter yang mempuyai tag dan hastag agar mudah dalam menemukan. Instagram juga begitu yang punya fitur tag dan hashtag dimana yang fungsinya dapat menandai teman atau mengelompokkan sebuah foto dalam satu label.

Caption                            

Beralih ke keterangan. Dimana caption ini juga berpengaruh kepada like dan komentar. Caption berfungsi layaknya deskripsi ini, si pengguna bebas bisa memberikan sepatah dua patah kata soal foto yang diunggah nya. Di samping itu, tentunya juga menambahkan hashtag.

Integrasi ke Jejaring Sosial

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, Instagram juga memungkinkan penggunanya dalam berbagi foto atau video ke jejaring sosial lain seperti Twiter, Facebook, Tumblr dan Flicrk. Nah, apabila tool ini diaktifkan maka setiap kali foto dibagikan secara otomatis Instagram akan membagikannya ke jejaring sosial yang sudah terhubung atau terkoneksi. Hal ini cukup anda login dulu dari tiap-tiap jejaraing sosial. 
(Baca : Keuntungan sosial media saat ini)

Cara Menggunakan Instagram

Setelah mengetahui sebenarnya apa itu Instagram dan juga fitur-fitur terbarunya. Sekarang Anda tentu merasa lebih mantap untuk bergabung dan menjadi anggota barunya apabila mengetahui cara menggunakan instagram.
Oke, sekarang anda unduh dahulu aplikasi Instagram dari Google Play Store atau App Store jika Anda menggunakan iOS.

Lalu,  jalankan aplikasi di ponsel Anda. Daftarkan akun terlebih dahulu, pakai email yang valid atau jika ingin yang lebih mudah Anda bisa login menggunakan akun Facebook saja. Klik Login with Facebook, setelah itu saat muncul jendela popup silahkan dengan mudahnya anda masukkan email dan sandi Facebook Anda. Selesai, bagaiman mudah, bukan?

Semoga bermanfaat ;)

Subscribe to receive free email updates: