Pengertian Hardware, Software, Brainware Serta Hubungannya di Komputer

Hardware, Software, dan Brainware 

Anda penyuka teknologi, sering internetan, googling, atau bahkan sekolah di perguruan tinggi ilmu komputer? Nah, bagi anda yang termasuk ke dalam salah satu nya atau cuma iseng-iseng ingin tahu biar tidak gaptek alias gagap teknologi. Jadi, setiap hari selalu mencari hal-hal yang berkaitan dengan komputer. Hem berbicara soal teknologi memang tidak ada habisnya, akan tetapi hal-hal dasar yang berkaitan dengan teknologi yaitu salah satunya komputer anda sudah seharusnya mengenal apa itu Hardware, sodtware, dan juga brainware. Dimana ketiga hal ini sangat berpengaruh apalagi bagi anda yang sekolah di SMK dan yang kuliah di perguruan tinggi ilmu komputer baik teknik informatika dan managemen informatika. 

Pernah kah anda bertanya mengapa setiap mengawali pertemuan mata kuliah komputer atau pelajaran komputer bagi yang di bangku SMA ini sering sekali di pertanyakan oleh guru, dan seharusnya jawaban ini sudah ada di luar kepala. Bagaimana tidak? Bagi anda yang tidak tahu ini sama saja seperti anda itu yang tidak pernah kenal nama diri anda sendiri. Wihh, sadisnya rupanya ! Iya benar, hal ini karena di karenakan agar mudahnya bagi kalian menyerap penjelasan guru/dosen yang tengah memaparkan pembahasan yang biasanya sering mengatakan kata istilah saja. Selain itu dapat menjadi hal yang mutlak bagi anda yang melanjutkan di perguruan tinggi Ilmu Komputer, apabila tidak tahu maka anda bisa malu jika ada teman-teman yang berbeda jurusan dengan mu.

Nah, alasan yang paling menguatkan itu anda bisa mengartikan bahwa hardware, software, dan brainware ini merupakan komponen terpenting dalam komputer yang tugasnya mendukung dalam eksekusi, jalannya, aktif, atau bahkan fungsinya sistem komputer sesuai dengan fungsinya. Mungkin begitu saja banyak yang sudah mengetrti. 
Oke baiklah postingan saya kali ini adalah menyinggung pelajaran mendasar dalam pengenalan komputer, mengapa saya membuat ini? Karena saya pikir telah banyak yang melupakan arti yang sebenarnya dari hardwere, softwere, dan brainwere bahkan bisa jadi masih juga ada yang belum benar-benar mengetahui atau lupa dengan pengertian hardware, software, dan brainware itu sendiri.
Pengertian Hardware, Software, dan Brainware
3 komponen pada komputer

Langsung saja simak uraian berikut ini tentang Pengertian Hardware, Software, dan Brainware antara lain sebagai berikut:

1. Pengertian Hardware

Hardware memiliki pengertian sebagai perangkat komputer dimana yang dapat disentuh, diraba dan juga dilihat. Hingga hardware dikatakan sebagai perangkat keras karena bentuknya keras dan dapat di sentuh secara langsung. Untuk fungsi dari Hardware (perangkat keras) ini adalah dapat memberikan masukan, mampu mengolah dan menampilkan keluaran (output), dan dapat menjalankan sebuah perintah. Kemudian hardware (perangkat keras) di kelompokkan menjadi ke dalam 3 jenis dengan contohnya, antara lain di bawah ini: 
  • Perangkat Input/Masukan adalah perangkat yang dapat digunakan dalam memasukan instruksi atau pun perintah dari si user atau pengguna komputer. Contoh dari perangkat keras input adalah keyboard, joystick, dan juga mouse
  • Perangkat Pemrosesan adalah perangkat keras yang hanya digunakan untuk melakukan atau menjalankan perintah ( instruksi ) yang bermula dari perangkat keras input/masukan. Contoh perangkat pemrosesan itu adalah CPU, RAM dan lain-lainya
  • Perangkat Output (Keluaran) dimana perangkat keras yang dapat digunakan dalam hal menghasilkan sesuatu dari hasil pemrosesan yang asalnya itu dari perangkat pemrosesan.

2. Pengertian Software 

Software merupakan data yang telah diprogram secara digital dimana tidak dapat dilihat dan disentuh secara nyata atau fisik, siftwere ini yang terdapat di dalam komputer. Software juga disebut perangkat lunak yang mampu mengendalikan atau dapat juga mengontrol perangkat keras ketika menjalankan suatu perintah atau proses. Software ini di bagi lagi beberapa di antara nya adalah :

  • Sistem operasi, dimana perangkat lunak yang hanya mengorganisasikan semua komponen mesin yang ada pada komputer. Misalnya seperti sistem operasi linux (Kali linux, BackTrack), untuk windows (windows vista, windows xp, windows 7, windows 8, windows 10), ubuntu dan lainnya
  • Program aplikasi, ini program yang di tujukan dalam memenuhi kebutuhan pengguna. misalnya itu program aplikasi seperti Ms.Word, Corel Draw, Excel, power point, adobe dsb
  • Program bantu, program yang membantu sistem operasi. Artinya di dalam sistem operasi yang kita pakai ada dukungan aplikasi semacam program bantu anti virus, chroom, moxilla firefox, winamp, PC tools
  • Bahasa pemrograman, mungkin ini sekilas asing bagi anda yang hanya memakai komputer untuk mesin ketik saja, akan tetapi ini bahasa pemrograman ini begitu penting bagi mereka seorang dosen teknik, mahasiswa teknik informatika dimana program yang berbentuk interpreter. Contohnya dari bahasa pemrograman seperti Pascal, delphi, xampp, vb.net, visual basic, java, dan HTML

3. Pengertian Brainware 

Brainware memilki arti sebagai orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Dapat kita beri contoh brainware itu seperti orang yang menggunakan komputer, animator, programmer, bahkan netter.  

Setelah mengetahui dari hardware, software, dan juga brainware. Lalu apa yang menjadi hubungan dari ketiganya, mengapa sepertinya mereka itu tidak dapat dilepaskan selalu saja, selalu berkaitan satu sama lain dan rasanya begitu kurang apabila salah satu nya tidak bersama. Baiklah  langsung saja anda melanjutkan membaca di bawah ini.

4. Hubungan antara Hardware, Software, Brainware 

Setelah mengupas pengertian hardware, software, brainware tentu dari ketiganya itu memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya, dimana breguna dalam menciptakan keterkaitan sebuah komputer demi menghasilkan tujuan.

Andai kata Hardware tanpa adanya software, maka komputer ini hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna, tidak dapat di operasi dan di perintahkan. Karena software itu bersifat fungsionalitas pada komputer, sehingga komputer dapat digunakan dengan sempurna. 

Nah, apabila Hardware dan software ini telah tercipta, akan tetapi tidak memiliki Brainware, maka komputer ini hanyalah sebatas mesin yang memiliki fungsi tetapi tidak berguna atau pun  sebuah robot dengan segudang fungsi yang hanya diam. Maka dari itulah, hardware, software, braindware ini merupakan unsur fungsionalitas komputer. Tidak bisa dilepaskan dari ketiga nya ini.

Demikianlah postingan yang telah saya uraikan mengenai pengertian hardware, software, dan brainware. Apabila ada kesilapan mohon untuk tidak sungkan dalam mengomentarinya, sekian dan terima kasih. Semangat terus ! 

Subscribe to receive free email updates: