10 Distro Linux Open Source Yang Terbaik

10 distro linux open source yang terbaik 

Linux open source yang terbaik Sistem operasi linux kini menjadi daya tarik tersendiri. Betapa tidak? Selain tampilan nya yang elegan dan opensource, linux juga mempunyai sistem keamanan yang lebih kuat di banding windows. Linux menjadi salah satu jenis sistem operasi yang tengah berkembang hebat di kalangan pengguna komputer saat ini. Seperti yang kita ketahui bahwa pengguna windows begitu banyak. Hal ini juga di karenakan windows begitu mudah di operasikan oleh mereka yang pemula sehingga pilihan pertama mereka itu yaitu windows. 

Kali ini admin cuthawe.com akan memaparkan mengenai distro Linux yang paling populer di kalangan pengguna sistem operasi Linux tentunya.  Secara default, begitu banyak distro Linux yang telah di rilis akan tetapi saya disini hanya mengulas 10 saja atau yang populer di kalangan pengguna linux. 


Linux Mint

Linux Mint merupakan sebuah sistem operasi komputer yang  dasar daripada Ubuntu. OS ini pertama kali diluncurkan 2006 oleh Clement Lefebvre. Linux mint cukup poluler sehingga alasan di balik popularitas Linux Mint ini yaitu karena tampilan desain nya yang sangat  user friendly, mudah ketika melakukan berbagai proses menginstall aplikasi, dan ak lupa juga tersedia dukungan aplikasi multimedia yang handal dan aman.


Ubuntu

Ubuntu salah satu sistem operasi distro Linux yang banyak di gunakan, mengingat keamanan yang dimilikinya  cukup aman saat dipergunakan bagi para newbie, untuk itu Anda bisa berselancar dengan aman saat terkoneksi ke  internet, kemudia untuk semua jenis file dan data juga akan tetap dilindungi, tidak begitu mudah virus menyelinap. 

Mageia

Mageia adalah sebuah proyek publik dan organisasi nirlaba dimana yang tujuan untuk membangun aplikasi-aplikasi besar  agar dipergunakan oleh masyarakat luas.  Mageia termasuk sistem operasi yang user-friendly, stabil dan relavan bagi para pemula (newbie) yang ingin belajar Linux.

Mageia ini merupakan ini  di buat oleh tim France Company, dimana sebuah organisasi yang telah menghasilkan distro Mandriva Linux. Untuk versi pertamanya sendiri dirilis September 2010. Pada versi kedua telah dirilis Mei 2012. OS Mageia ini juga tersedia dalam  rilis E17, GNOME 3.4, LXDE, KDE4 SC 4.8.2, , XFCE 4.9, Razor-Qt. Mageia begitu stabil ketika di gunakan sehingga dapat diandalkan serta tidak memerlukan hardware dengan spesifikasi yang tinggi.  


Fedora

Fedora yaitu sistem operasi dan perangkat lunak open source. Dimana Anda bisa menggunakan Fedora sebagai pengganti dari sistem operasi Apple Mac OS atau sistem operasi Microsoft Windows. Linux Fedora didistribusikan oleh Linux Red Hat, dimana sebuah perngembang teknologi open source yang di akui dunia. Red Hat ini berkontribusi untuk Fedora  agar kiranya mampu mendorong kerja sama serta menciptakan teknologi perangkat lunak terbaru. Setelah di selidiki, semua insinyur serta anggota tim yang bergabung ikut berpartisipasi dan bertanggung jawab terhadap produk Red Hat Linux Enterprise. 

OpenSuse

OS OpenSuse ini didasarkan pada lisensi GNU / Linux. Sistem operasi OpenSuse merupakan sistem operasi bebas dan open source yang mampu dijadikan sebagai alternatif pengganti pada sistem operasi windows. Linux OpenSuse sangat cocok ketika dipergunakan pada ssemua jenis perangkat seperti pc, laptop, server, PC multimedia yang ada di rumah maupun kantor. OpenSuse juga salah satu distro terkemuka diantara GNU / Linux dan salah satu distro linux senior/tertua. 

Debian

Sistem operasi debian yaitu salah satu sistem operasi Linux yang boleh di katakan tertua dan paling banyak digunakan oleh sistem operasi komputer di seluruh dunia di banding dengan linux yang lainnya. Debian ini di buat oleh para programmer ternama dari seluruh penjuru dunia. Secara open source untuk dilakukan berbagai penambahan yang ada, fungsi serta fitur baru setiap kali merilis versi terbarunya. Pengembangan Debian ini tidak lupa didukung oleh sumbangan melalui SPI yang merupakan sebuah organisasi non profit kepada  proyek-proyek open source.

Arch

Kini Arch OS merupakan tambahan distro terbaru pada Linux, dengan gagahnya Arch pertama kali dirilis di tahun 2002 yang kemudian dirancang sebagai "Rolling Release" berarti setelah Anda menginstall perangkat lunak dari operasi Arch menggunakan built-in package management, maka dari itu sistem akan selalu update versi terbaru yang telah diinstal otomatis pada setiap periode waktu yang telah di tentukan. Disini anda tidak perlu bersusah payah melakukan reload OS agar mendapatkan versi terbaru. Begitu mudah, bukan? Selain itu, Rolling Release ini juga mempunyai beberapa implikasi yang sangat menarik, di perlukan waktu berbulan-bulan atau bahkan tahun dalam menggabungkan teknologi terbaru. 

CentOS

CentOS yaitu sistem operasi enterprise yang di dasari dengan Linux framework. CentOS pertama kali di luncurkan tahun 2004 dan di sebutkan juga salah satu yang terbesar dan populer di kalangan pengguna Linux. CentOS ini dapat di manfaatkan serta dikembangkan secara gratis, tapi yang perlu anda garis bawahi bahwa sistem operasi CentOS bukan ditujukan bagi anda yang pemula, akan tetapi CentOS ditujukan bagi para user server yang memiliki pengetahuan lebih, dengan adanya kemampuan penggunaan Linux. PCLinuxOS
PCLinuxOS juga merupakan sistem operasi Linux yang user-friendly dan berbasis open source. Dimana distribusi untuk Linux di luncurkan dengan edisi LiveCD yang hanya memungkinkan penggunaannya itu untuk bisa mencoba PCLinuxOS tanpa harus menginstallnya pada komputer Anda masing-masing, artinya disini yaitu Anda bisa menggunakannya dari Sebuah CD/DVD/USB drive kemudian Anda juga bisa menginstalnya sekalian dengan harddisk sesuai pilihan Anda tentunya. 

Puppy Linux

Menurut sumber situs pelacakan distro "Distrowatch", Puppy Linux ini salah satu dari 20 distro Linux paling populer di seluruh dunia. Karena hal ini mencakup semua aplikasi yang di butuhkan dalam penggunaan sehari-hari, tidak sulit saat dipergunakan.  Tidak peduli apakah Anda baru mengenal Linux atau sudah terbiasa menggunakan sistem operasi Windows. Tetapi yang perlu anda ketahui, Puppy Linux ini sangat ringan untuk dipergunakan dan bisa beroperasi dengan baik meskipun Anda memiliki kapasitas hard disk yang terbatas.

Backtrack / Kali Linux

BackTrack ini menyediakan akses mudah dalam hal  tools komprehensif yang berkaitan dengan keamanan, Mulai dari Port Scanner sampai dengan Password Scanner. Dari segi dukungan, BackTrack ini juga di dukung fungsi Live CD serta Live USB yang mengijinkan pengguna untuk me-boot BackTrack dengan langsung dari media penyimpan portabel dimana tanpa harus melakukan penginstallan pada hardisk secara permanen. Untuk mengetahui lebih detail, silahkan anda baca Pengertian BackTrack serta kelebihan dan kekurangannya. Lalu, pada kenyataannya sekarang lebih mengembangkan Kali Linux dimana sistem operasi ini ditujukan untuk para ahli keamanan dalam sebuah sistem komputer.


Finally, bagaimana dengan anda? Linux mana yang menjadi andalan anda? 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "10 Distro Linux Open Source Yang Terbaik "

  1. terimakasih atas infonya dan untuk referensi silahkan kunjungi http://linux.blog.gunadarma.ac.id/

    ReplyDelete
  2. artikel mengenai linux ini sangat bermanfaat, dan menambah pengetahuan. saya ingin merekomendasikan link yang berisi mengenai linux bagi pecinta linux bisa kunjungi website berikut ini http://linux.blog.gunadarma.ac.id/ semoga bermanfaat..

    ReplyDelete