11 Kegunaan website bagi perusahaan dan masyarakat

11 Kegunaan website bagi perusahaan dan masyarakat 

Kegunaan website bagi perusahaan dan masyarakat. Bagaimana tidak? Era yang makin hari makin canggih saja membuat semua kegiatan menjadi lebih mudah, efisien serta fleksibel. Adanya teknologi ini justru berdampak positif bagi mereka yang memerlukannya sebagai teman kerja. Kini teknologi internet begitu banyak menyimpan potensi yang mampu membantu aktivitas masyarakat atau dunia usaha. Tidak hanya itu, internet sekarang menjadi perpustakaan terbesar hingga membuat orang-orang begitu membutuhkannya. 
Berbicara website tentu sangat menyenangkan, apalagi anda yang ingin memanfaatkannya untuk peluang kerja, dimana sampai hari ini bisnis sangat banyak di minati oleh semua kalangan, baik muda atau tua. Ditambah lagi dengan bisa memasarkan nya melalui online yang membuat bisnis anda semakin populer. Mulai dari jual baju online, nge-blogging, dan sebagainya yang tentunya masih banyak lagi.  

Kegunaan website bagi perusahaan dan masyarakat
Kegunaan website bagi perusahaan dan masyarakat 



Namun setelah menyinggung website dari tadi kok belum nyentuh kegunaannnya? Tenang saja, anda tidak perlu khawatir, karena disini saya akan bagikan apa saja hal ke-11 kegunaan website bagi perusahaan dan masyarakat.

Adapun bentuk kegunaannya bermacam-macam. Namun secara signifikan dapat di kelompokan menjadi beberapa kegunaan seperti berikut ini, antara lain :

#1. Memberi Informasi

Melalui website anda dapat memberikan informasi secara update kepada pelanggan anda. Baik itu berupa informasi produk atau pun dukungan terhadap produk yang telah dibeli. Bila anda rutin dalam mengerjakan ini tentu membawa keuntungan baik dari segi pelanggan maupun kepopularitas website anda.


#2. Menarik pelanggan baru 

Agar website anda memiliki pengunjung sebanyak mungkin maka salah satu kunci utama suksesnya dari sebuah website yang telah anda bangun adalah mampu menciptakan kenyamanan kepada pelanggan sehingga membuat pelanggan berlangganan dengan website anda.

#3. Internet juga dikatakan sebagai media advertising

Dimana Internet ini merupakan media advertising yang sangat unik. Bagaimana tidak? Selain dapat menjangkau ke seluruh dunia, soal biaya juga murah. Untuk isi dari internet tersebut bisa dimasukkan data demografi dan data kunjungan agar dapat membantu dalam mengamati gambaran minat konsumen terhadap produk yang akan di belinya.

#4. Internet sudah mendunia 

Walaupun internet sudah mendunia, akan tetapi masih banyak juga perusahaan barang/jasa sampai saat ini belum memiliki website. Sangat di sayangkan apabila website ini tidak di gunakan. Mengapa? Karena dengan memiliki website untuk bisnis/usaha anda, disini anda telah berada selangkah di depan competitor anda yang belum memiliki website. Tentunya dengan ini pula akan menunjang image dari sebuah perusahaan anda di mata pelanggan dan calon pelanggan anda, selain itu terlihat lebih profesional.
(Baca juga: perbedaan antara www, web, dan internet)

#5. Internet ini sebagai pengembangan 

sebagai pengembangan dari puchasing departement. Mari kita lihat dulu, kebanyakan produsen memiliki reseller, artinya perusahaan atau orang yang tugasnya itu membantu menjajakan barang atau jasa yang ditawarkan produsen tersebut. Nah dengan begitu, adanya internet reseller ini mampu melaporkan penjualan yang terjadi secara online dan tentunya makin hari akan meluas dan terkenal, sehingga anda meraup keuntungan yang banyak.

#6. Siap dalam hal melakukan transaksi online 

Walaupun di Negara Indonesia tercinta ini transaksi online masih sangat kecil nilainya dibandingkan dengan Negara yang lain, namun ketika anda semakin cepat memutuskan untuk mendukung sistem secara online maka disitu pula akan semakin cepat anda mengetahui seluk-beluknya, manfaat serta resiko yang anda terima. Jangan takut dulu, karena dengan adanya kesalahan anda akan semakin tahu dari kerja teknologi baru ini. Dengan semakin matang anda melakukan bisnis online, maka tingkat kepercayaan pelanggan pun akan semakin baik dan tentu saja memudahkan bisnis anda secara meluas akan meningkatkan daya pelayanan yang kuat terhadap pelanggan.


#7. Sebagai online katalog

Internet di singgung berfungsi sebagai online katalog. Bila dibandingkan dengan media cetak pada katalog web bisa lebih murah ongkos biaya nya. Selain itu, memiliki kelebihan dapat menampung jutaan barang tanpa menambah biaya sedikit pun.

#8. Internet sebagai newsletter 

Internet sebagai newsletter terbaik bagi pegawai. Dimana internet lebih tepat dibandingkan dengan komunikasi lainnya yang selama ini, secara tidak langsung kita tidak sadar bahwa telepon, pos, faksmili tercatat lebih mahal ketimbang internet. Memang benar dalam hal membuat web intranet tidak memerlukan biaya promosi yang besar di karenakan fungsinya itu tidak memancing banyak orang agar datang ke dalamnya. Web ini dipakai untuk pegawai yang tersebar di banyak di setiap daerah. Web tersebut mampu di pergunakan dalam melaporkan stok barang, progress report, laporan penjualan plus grafik, serta masalah-masala penting yang lainnya. Meskipun hal ini terpisah jauh dapat saling berkomunikasi satu sama lain dengan biaya yang begitu murah.

#9. Internet sebagai retail store 

Mengenai retail store online berarti ini menyinggung tentang e-commerce. Dimana potensi untuk hal ini memang sangat luar biasa. Dengan e-commerce konsumen dapat melakukan shopping chart serta transaksi-transaksi jual beli bebas selama 24 jam.

#10. Internet sebagai layanan baru 

Internet sebagai layanan baru untuk menyediakan customer service dan technical support. Internet mampu dimanfaatkan dalam meningkatkan layanan perusahaan kepada konsumen. Misalnya meluncurkan informasi-informasi produk yang terbaru atau jasa yang bisa bermanfaat bagi konsumen atau calon konsumen sekalipun.

#11. Internet sebagai direct mail

Internet sebagai direct mail. Nah untuk poin paling terakhir ini menjadi salah satu bentuk aktivitas kampanye pemasaran yang telah diakui kesuksesannya. Betapa tidak? Internet sebagai direct mail ini merupakan aktivitas mengirim surat langsung kepada calon konsumen, hal ini dikenal dengan istilah Direct Mail. Metode ini begitu lumrah dimaanfaatkan oleh bank dengan tujuan memanen dan meraup keuntungan lebih banyak dengan cara mengirim katalog bersama dengan surat tagihan kartu kredit tersebut yang tentunya kepada para cardholder credit card yang telah diterbitkan oleh bank.

Demikianlah uraian mengenai 11 kegunaan website bagi perusahaan dan masyarakat. Apabila ada penambahan mohon untuk tidak segab dalam berkomentar. Sekian dan terima kasih !

Subscribe to receive free email updates: