5 Kelebihan Linux di Bandingkan Mac OS X

5 Kelebihan Linux di Bandingkan Mac OS XWindows telah menjadi sistem operasi senior daripada yang terdengar sekarang seperti Linux dan Mac OS. Dimana windows mendominasi pasar yang luar biasa, terlebih lagi windows 7. Dengan itu semua lahir lah beberapa sistem operasi perbaikan seperti Linux dan Mac OS yang telah menghipnotis dunia. 

Apple OS X memiliki vendor terbaik akan tetapi bagaimana pun setiap kelebihan yang dimilikinya pasti memiliki kelemahan. Penggemar Mac begitu bergairah apalagi mendengar kepopulerannya sampai saat ini. Eits, ingat kembali bahwa kesempurnaan itulah hanya lah milik Allah Yang Maha Esa. 

Nah lalu untuk penggemar Linux, jangan  khawatir dulu untuk kelebihannya yang tidak kalah luar biasa. Maka dari itu saya disini akan mencoba mengupas apa saja kelebihan dari linux, itulah sebabnya artikel ini di buat untuk membandingkannya. Akan tetapi kembali lagi ke awal bahwa semua memiliki hak untuk menyuarakan sesuai keinginan. Jadi, saya tekankan kembali disini tidak ada yang melawan melainkan hanya untuk berbagi pengetahuan bagi yang menerima. 

Baiklah, mari kita kupas kelebihan Linux dibandingkan dengan Mac OS X:

5 Kelebihan Linux di Bandingkan Mac OS X
5 Kelebihan Linux di Bandingkan Mac OS X

1. Keamanan

Mac mungkin lebih kecil menikmati dasar dari Windows, sehingga ada kurang dari efek monokultur dan kurang dari godaan untuk para hacker jahat, berbeda dengan linux yang memiliki sistem keamanan yang kuat.

Pertama adalah pertanyaan tentang perizinan: pengguna Linux tidak secara otomatis diberikan hak administrator pada komputer mereka, dimana yang berarti bahwa virus dan malware tidak otomatis memiliki akses ke segala sesuatu, dapat di ibaratkan seperti adanya "benteng." Jadi, ketika komputer dikompromikan, paling malware ini biasanya dapat dilakukan hanya  dalam file lokal pengguna dan program.

Di sisi lain, Apple seperti dengan Windows - Hanya meyakinkan pengguna untuk mengklik pada sesuatu itu saja. Apple juga terkenal karena berusaha untuk "melindungi" pengguna dalam "taman berdinding," menjaga semua inner rahasia komputer. Itu bahkan lebih ekstrim dari Windows. Satu-satunya yang dapat melihat dan menonton untuk kerentanan dalam kode adalah insinyur Apple, dimana yang mengerti memiliki prioritas dan jadwal mereka sendiri.

Pada Linux, di sisi lain ada dunia dari si pengguna untuk memeriksa kode setiap hari. Tidak heran, bahwa kerentanan Linux dapat ditemukan dan diperbaiki lebih cepat.

2. Customizability

Memang benar dalam segi tampilan Apple terkenal mewah nya. Bagaimana pun, pembatasan Apple menempatkan pada pengguna hanya unutk dapat diterima.

Berbeda dengan Linux, hampir semuanya disesuaikan dan dapat dikonfigurasi, sehingga Anda dapat membuat banyak segala sesuatu yang Anda inginkan. Dimana pilihannya benar-benar menjadi milikmu, sebagaimana mestinya.

3. Hardware

Salah satu kebajikan yang paling menawan pada Linux adalah kemampuan untuk dijalankan pada apa saja. Bahkan, ada distribusi bahkan Linux dirancang untuk lingkungan komputasi yang benar-benar terbatas, seperti Puppy Linux dan Damn Small Linux.

4. Keandalan

Sistem crash dan downtime yang cukup banyak menjadi kendala bagi pengguna Mac. Akan tetapi, Linux menawarkan pengalaman yang sama sekali berbeda. Banyak pengguna Linux, pada kenyataannya, tidak pernah mengalami downtime yang tidak direncanakan. Tidak heran bahwa Linux yang sering menjadi sistem operasi pilihan pada server. 
(Baca juga : Kali Linux, DebianRed Hat, dan BackTrack)

5. Harga

Bagi Linux soal harga tampaknya terlalu mudah untuk menunjukkannya karena hampir yang di milkinya semua gratis. Sedangkan Mac? Tidak begitu banyak, bahkan lebih tinggi dari sistem operasi Windows.

Apapun itu, tentu saja disini intinya tidak ada sistem operasi yang sempurna. Tapi Linux memiliki banyak kelebihan. Hanya ini lah yang dapat saya paparkan mengenai kelebihan linux dibandingkan Max OS X. Terima kasih telah menyimak, semoga bermanfaat silahkan share bagi teman yang membutuhkan.

Subscribe to receive free email updates: