Apa Itu Desain Web?

Apa itu Desain Website?

Sederhananya, pengertian desain website yaitu sebuah perencanaan, perancangan, penciptaan serta memperbarui website. Tentu desain website juga melibatkan arsitektur dari informasi, struktur situs, user interface, tata letak situs, ergonomi navigasi, kombinasi warna, kontras, font dan citra (fotografi) serta ikon desain.

Semua elemen situs ini dipadukan menjadi sebuah website yang menarik. Seringkali, makna "desain" dianggap semata-mata sebagai aspek visual. Padahal secara realita, desain website termasuk kepada sebuah elemen yang lebih abstrak misalnya logika navigasi, ergonomi, tradisi tata letak, kebiasaan pengguna, dan hal-hal lain yang menyederhanakan penggunaan website sehingga membantu untuk menemukan informasi lebih instan dan cepat.

Terkadang dari sisi teknis desain website ditekankan dalam definisi desain. Tentunya, bangunan situs yang modern melibatkan scripting sisi server seperti php, asp dan cgi, dari sisi visual situs ada seperti html dan css, untuk pengalaman pengguna ditingkatkan dengan javascript dinamis dan ajax. 

Dalam hal klasik, desain menggambarkan sebuah tampilan visual dari sebuah website. Pendekatan tradisional ini melibatkan keseimbangan, mewarnai, penekanan, irama, gaya elemen grafis ex : garis, bentuk, tekstur, warna dan arah, penggunaan ikon, tekstur background  serta suasana umum dari desain website secara keseluruhan.

Semua elemen ini dipadukan dengan prinsip-prinsip dasar desain web dalam rangka menciptakan hasil perancangan yang luar biasa dalam memenuhi tujuan yang ditetapkan untuk website.
Apa Itu Desain Web?
Apa Itu Desain Web?
Desain Web  memiliki banyak peran yang berbeda. Tentu hal ini ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Pada artikel selanjutnya saya akan membagikan keunggulan serta kelemahan dari keseluruhannya. Sebelum membahas itu, anda harus ketahui dulu apa saja peran dari desain web.

Disini ada :

Tidak hanya itu, desain web juga meliputi 5 hal yaitu :

1.Desain grafis
Desain grafis ini berkaitan dengan visualisasi grafis dimana yang akan ditanamkan di dalam sebuah website. Mencakup tentang penggunaan perpaduan warna, gambar, ukuran, jenis tulisan sampai dengan kesesuaian dengan konsep yang akan di rencanakan.

2.Desain tatap muka/interface
Desain web tidak terlepas dari interaksi dengan pengunjung yaitu melalui rancangan tatap muka atau yang di sebut interface tentunya hal ini terstruktur agar informasi yang disampaikan dapat di terima dengan baik.

3.Penyusunan konten
Begitu kuat hubungan konten yang dipublikasikan kepada pengunjung. Terciptanya konten yang berkualitas yaitu cara penentuan topik yang sesuai serta cara penyusunan harus tertata dengan rapi membuat pengunjung nyaman dalam membaca.

4.Penulisan kode
Hal ini berhubungan dengan sistem penyajian informasi yang bisa bekerja stabil serta maksimal, tanpa ada gangguan dan dapat digunakan pada kondisi yang dinamis. Kondisi dinamis disini yaitu mengarah kepada keragaman jenis pengunjung dan juga dari perangkat teknologi yang digunakan.

5. Optimasi ke mesin pencari SEO 
Optimasi ke mesin pencari atau sering di sebut dengan SEO (Search Engine Optimization). Ini bertujuan agar informasi yang disampaikan dapat tersebar seluas-luasnya serta mengundang banyak traffik maka dari itu, teknik SEO yang baik sangat diperlukan.

Nah, bagaimana sudah mengenal desain web? Harapan saya sebelum lebih jauh teman-teman pahami dulu tingkat dasar dari desai web. Untuk contoh yang paling sederhana, mungkin bisa di pelajari di Contoh HTML menggunakan NotepadSekian dan terima kasih. 

Subscribe to receive free email updates: