Otak Manusia vs Komputer, Hebat Mana?

Otak Manusia VS Komputer

Assalamu’alaikum sahabat Hawe..
Bagaimana perasaan anda jika di bandingkan dengan komputer? Sudah tau jawabannya? Yaudah anda simpan aja dulu, jangan i buang dulu hehe. Mau tau jawaban simak terus. Sebelumnya saya arah kan terlebih dahulu definisi manusia dan komputer. 

Manusia merupakan makhluk yang paling cerdas yang diciptakan Allah SWT, mempunyai akal dan pikiran dibandingkan dengan makhluk lain. Kelebihan inilah yang bisa menghasilkan ide - ide brilian agar dapat merubah segala jenis benda menjadi barang terpakai untuk manusia sendiri. Sedangkan Komputer ini merupakan alat yang dipakai dalam mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer ini awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang tugasnya dalam melakukan perhitungan aritmatika. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berkaitan dengan masalah aritmatika, akan tetapi komputer modern dipakai dalam banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Otak Manusia vs Komputer, Hebat Mana?
Otak Manusia vs Komputer
Nah, sudah tau kan apa jawabannya? Hehe jangan berburuk sangka dulu kepada diri sendiri. Perbanyak syukur telah di berikan pikiran untuk dapat berpikir. 
Dengan  menggunakan komputer tentu kita melakukan suatu interaksi antara diri kita sendiri dengan komputer. Dialogue style yaitu cara yang digunakan dalam mengorganisasikan berbagai teknik dialog yang berhubungan antara manusia dengan komputer. Namun, bagi yang sudah cukup lama bergelut dengan dunia IT ini, pasti bisa menilai peran sebuah komputer. Maka dari itu, mari sama-sama kita kupas persamaan serta perbedaan kita dengan komputer.

A. Persamaan antara manusia dan komputer

1. Otak dan Processor

Manusia dan komputer sama-sama memilki otak. Hanya saja otak manusia tidak terbatas, berbeda dengan komputer yang memiliki batasan.

2. Jantung dan Power supply

Keduanya sama - sama bertugas memompa tenaga untuk menggerakan proses. Jantung memompa darah keseluruh tubuh, sedangkan power supply bertugas memompa listrik pada computer.

3. Paru-paru dan RAM

Paru - paru ibarat RAM dimana yang berfungsi mengatur stamina dan juga kecepatan. 

4. Cerebrum dan Harddisk

Otak manusia dan Harddisk berfungsi sebagai tempat penyimpanan memori. 

5. Hati dan Colokan listrik

Hati ini sebagai pemasok darah pada manusia dan untuk colokan listrik sebagai pemasok listrik pada computer.

6. Tulang rusuk dan Motherboard

Tulang rusuk adalah tempat nya organ tubuh manusia tersangga. MotherBoard yaitu sebagai papan sirkuit tempat berbagai komponen elekstronik saling terhubung.

7. Wajah dan Layar Monitor

Wajah adalah tempat dimana kita bisa membaca mimik seperti senang atau sedih. Pada monitor yaitu tempat dimana dapat melihat sesuatu dengan mimic komputer seperti error/kesalahan.

8. Virus computer dan Penyakit

Pada komputer adanya virus yang dapat membuat komputer hang dalam kurun waktu yang singkat jika tidak segera di service. Begitu pun penyakit pada manusia yang terserang karena adanya ancaman dari luar, baik faktor makan  ataupun turun temurun.

B. Perbedaan antara komputer dan manusia

Selain persamaan, terdapat pula banyak perbedaan antara komputer dengan manusia dalam berbagai sudut pandang, antara lain:

1.Pencipta

Dalam hal pencipta nya, manusia pasti lebih tinggi derajatnya daripada hasil ciptaannya sendiri. Betapa tidak? Karena yang menciptakan manusia adalah Allah SWT, sedangkan komputer diciptakan oleh manusia, So, meski setinggi dan sehebat apapun spesifikasi alat yang diciptakan manusia, tetaplah lebih mulia dan pintar kita sebagai manusia.

2. Kapasitas Memory

Kemudian perbedaan dari kapasitas memori. Manusia ini memiliki kemampuan dalam belajar dari sesuatu yang kemudian dapat disimpan dalam memori sebagai pengalaman dan ilmu. Sedangkan komputer ini hanya mampu menyimpan memori dari setiap inputan oleh manusia. Perbedaan keduanya, otak manusia bisa menyimpan memori jauh lebih banyak dibandingkan komputer. Akan tetapi manusia punya lupa sedangkan komputer tidak. 

3. Perbedaan Bahasa

Berkomunikasi dengan komputer, umumnya manusia menggunakanbahasa pemrograman. Sama halnya komunikasi antarkomputer (networking). Dimana bahasa antarmanusia banyak ragamnya, sesuai dengan daerah, negara, atau suku bangsanya. Serupa dengan komputer, banyak bahasa pemrograman yang telah disediakan,misal COBOL, pascal, C++, dan ratusan bahasa lainnya. 

C.Kelebihan manusia dibandingkan dengan komputer

Kelebihan manusia dibanding computer adalah manusia memiliki inisiatif dalam menentukan sesuatu. Dalam mengatasi problema, manusia memiliki inisiatif tentang apa yang harus dilakukan dalam menyelesaikan masalah tersebut, sedangkan computer tidak. Kelebihan lain dari manusia adalah manusia memiliki estimasi, fleksibel dalam arti memilki kemampuan untuk mencapai tujuan lewat sejumlah cara yang berbeda, memiliki kreatifitas dalam menciptakan sesuatu benda hingga menjadi lebih berguna.

D. Kelebihan computer dibandingkan dengan manusia

Komputer punya kemampuan menyimpan dan memanggil kembali data yang diinginkan oleh pengguna dengan waktu beberapa detik saja, meskipun dataya itu sudah lama, computer tidak pernah lupa, tidak terhapus kecali bervirus. Selain itu, computer mempunyai kalkulasi yang akurat dalam perhitungan karena kenyataannya  itulah tujuan manusia menciptakan computer agar senantiasa membantu manusia dalam proses perhitungan dengan cepat da akurat. 

E. Perbandingan antara manusia dan computer dalam memproses data

Pada computer dalam memproses data, computer justru lebih unggul dalam hal ini karena computer dapat lebih efisien dan akurat dibandingkan dengan manusia.
Sedangkan manusia memiliki banyak kekurangan, salah satu nya sering menunda-nunda waktu dan cepat mengeluh, hingga data yang akan diproses tidak tepat waktu dalam menyelesaiakannya, di samping itu manusia mampu melakukan banyak kesalahan dalam penghitungan dan prosesan data tersebut, tak hayal bahwa ini disebabkan oleh banyak nya tugas manusia yang mengganggu konsentrasi manusia , jelas hal ini beda dengan computer yang tidak memiliki perasaan dan beban apapun.

KESIMPULAN

Pada hakikatnya manusia jauh lebih cerdas dari pada computer, Mengapa? Karena yang menciptakan manusia itu adalah Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan yang menciptakan komputer itu sendiri adalah manusia dan tentunya ini juga karena kehendak Tuhan. Namun manusia pun memiliki keterbatasan. Maka dari itu sesuai dengan perkembangan zaman, manusia menciptakan komputer dengan tujuan dapat membantu dan memudahkan dalam penyelesaian pekerjaan nya, karena manusia memiliki keterbatasan dalam waktu, mengingat, hingga memproses data. Meskipun masing-masing saling memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, dengan begitu keserasian dan interaksi yang baiklah hingga membuat pekerjaan berjalan dengan benar dan tepat.

Lalu, bukan tidak mungkin untuk bisa menguasai komputer. Komputer ini merupakan dunia penuh code, jadi kalau mau masuk jurusan komputer. Siapkan mental anda untuk menghadapi kode-kode nan imut. Untuk inspirasi coba baca deh :

Kenapa Cewek Harus Ngoding
Cara Asik Belajar Ngoding tanpa Ribet
7 Programmer Cantik dan Seksi di Dunia

Subscribe to receive free email updates: