Inilah Kebutuhan utama Untuk Menjadi Web Designer

Kebutuhan utama Untuk Menjadi Web Designer - Era teknologi seperti sekarang ini amat jarang yang kita temukan tanpa internet. Bahkan internet telah menjadi kebutuhan pokok yang tidak dapat di pungkiri lagi. Bagaimana tidak? Kemudahan dan kecepatan yang di miliki internet membuat orang semakin ingin terus berselancar, apalagi dalam hal pencarian data maka sering disebut sebagai perpustakaan terbesar di dunia.

Tidak hanya itu, mengenai pekerjaan kebanyakan dari orang Indonesia pun telah merambah ke media online, misalnya memilih menjadi blogger, youtubers, web designer bahkan masih banyak yang lainnya. Bisnis online menjadi peminat terbanyak masa kini mulai dari remaja bahkan sampai dewasa. 

Namun kali ini saya akan membahas web designer. "Apakah anda berniat untuk menjadi web designer"? Jika jawabannya iyaa, maka lanjutkan baca artikel ini. Lalu bagaimana yang masih ragu-ragu alias belum tau. Yaa, tidak masalah. Malah ini menjadi peluang anda apakah web designer menjadi impian anda selama ini atau tidak. Menurut saya, tidak salahnya mencari tau, ini bisa jadi informasikan kepada teman-teman yang lainnya. 

Inilah Kebutuhan utama Untuk Menjadi Web Designer
Inilah Kebutuhan utama Untuk Menjadi Web Designer

Tanpa membuang-buang waktu, apa saja yang di butuhkan untuk menjadi seorang web designer? Jawabannya simple, anda hanya dibutuhkan berkemampuan: 

•    HTML,
•    CSS,
•    Visual grafis. 

Tapi  nih, bagi orang awam istilah tersebut pasti tidak dapat pahami sedangkan jika ingin berkecimpung dalam dunia web design ketiga hal tersebut haruslah di pahami dengan baik. Maka dari itu, agar penasaran anda terjawab, maka terus simak dan di pahami..

Pertama, mari kita bahas apa itu HTML (H yper T ext M arkup L anguage) ? adalah bahasa markup untuk menggambarkan halaman web. Sebuah bahasa markup itu seperangkat tag markup, setiap tag HTML ini menjelaskan isi dokumen yang berbeda-beda.

Begini.. saya coba mengumpakan dulu seperti dalam pembuatan rumah, sebuah rumah pasti memiliki hal-hal paling penting, katakanlah kerangka, kerangka rumah terdiri pondasi rumah, adanya dinding, atap dan adanya lubang sirkulasi udara. Hal – hal mendasar seperti itu lah yang dilakukan oleh HTML pula. Untuk lebih lengkap bisa teman-teman baca di pengertian, sejarah dan contoh HTML. 

Kedua, mari kita ngulas CSS (C ascading S tyle S heet). CSS ini sebuah aturan yang digunakan dalam kerangka atau komponen website supaya lebih terstruktur dan berwarna rapi. Katakanlah Penghias Website. XHTML dan CCS tidak sulit di pelajari. Mungkin ada baiknya anda baca lebih lengkap Pengertian, fungsi, dan cara kerja CSS.
 
Ketiga, Visual Grafis. Nah, untuk ini kemampuan dalam menuangkan sebuah pemikiran menjadi sebuah bentuk yang nyata baik melalui tulisan, ruang ataupun sebuah gambar. Kemampuan ini mencakup seni tata huruf, tata letak serta interaksi.

Disamping anda menguasai HTML, CSS, dan Visual grafis. Sebagai web designer ada baiknya juga untuk menanamkan keterampilan-keterampilan berikut:

•    Keterampilan menulis
•    Gaya Unik
•    Memasarkan ke medsos
•    Keterampilan Komunikasi
•    Keterampilan Manajemen
•    Kesadaran Bisnis
•    Pengetahuan tentang SEO
•    Kreatif
•    Pemecahan Masalah

Keterampilan Menulis
Keterampilan menulis ini penting bagi kamu ingin menjadi seorang perancang web yang benar-benar efektif. Keterampilan menggunakan Photoshop, grafis, HTML, CSS dan lainnya tidak lah cukup, percayalah. Karena tulisanmu itulah yang menarik pelanggan ketika mereka pertama kali mengunjungi situsmu.
Memiliki keterampilan menulis yang baik, tulisanmu juga harus cepat, ketika semakin cepat kamu mengetik, maka akan semakin cepat kamu akan mendapatkan kode dan membalas surat elektronik. Ini tentu akan membantumu menyelesaikan tugas-tugas sebelum batas waktu. Tentu menguntungkan, bukan?

Gaya Unik
Kamu harus memiliki gayamu sendiri. Ciri khas itu sangat minim dan sangat sulit ditemukan, maka harus anda pertahankan jika ada keunikan dalam diri. Begitu dengan design web yang unik tentu akan mengundang banyak orang ke situs anda karena berbeda dari yang lain. Right? Tidak hanya itu, pekerja lepas dan perusahaan juga harus memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Dengan adanya ciri khas tersebut, anda akan semakin dikenal dan begitu berharganya diri anda.

Pemasaran di Media Sosial
Keterampilan pemasaran via media sosial sangat berpengaruh. Bagaimana tidak? Kini tren pemasaran berbalik dari offline menjadi online. Tak dapat kita pungkiri lagi bahwa perubahan teknologi menjadikan semua kebutuhan bergantung pada pemakaian komputer. Hal ini dikarenakan juga sebagian besar bisnis online berbagi info produk mereka di situs sosial seperti Facebook, Twitter, google+ dan lainnya. Keterampilan ini terbukti efektif karena tingginya pemakaian oleh pengguna di berbagai medsos.

Keterampilan Komunikasi
Keterampilan komunikasi haruslah kuat. Ini penting dalam setiap bisnis. Begitu juga web designer anda harus mampu berkomunikasi dengan baik. Selain itu anda harus menjadi pendengar yang baik dan mendengarkan dengan penuh perhatian apa-apa yang disampaikan oleh klien sehingga anda membuat mereka merasa terkesan bahwa anda dapat memberi mereka aneka tips yang berguna.

Keterampilan Manajemen
Keterampilan manajemen merupakan sesuatu yang dapat membuat anda lebih terlihat menonjol. Ini termasuk juga pengelolaan sumber daya, perencanaan/pembuatan proyek, dan implementasi proyek sampai selesai. Sehingga kepuasan pelanggan terutama tergantung pada keterampilan manajemen anda.

Kesadaran Bisnis
Ingin menjadi web designer ? Salah satu keterampilan mumpuni anda juga harus memiliki kesadaran bisnis. Pekerja lepas bisa saja mengabaikan hal ini, tapi percayalah, meskipun anda seorang wiraswasta, kamu perlu tahu dasar-dasar dari bisnis. Hal ini akan sangat membantu anda dalam membuat keputusan tentang bagaimana dalam menyempurnakan sebuah proyek, atau bagaimana cara untuk lebih membantu klienmu menjadi sukses. Tak perlu khawatir, hal ini tidak begitu sulit, karena disini hanya tentang bagaimana perlunya memahami penyampaian klien kepada anda.

Berpikir Kreatif
Berpikir kreatif ini tentu keterampilan yang harus kamu punya. Pasti kamu ingin mendapatkan klien lebih banyak dan menetap alias langganan, bukan? Nah, kreativitas membuat klien anda akan lebih sering datang kepada anda. Dengan cara ini anda dapat mengembangkan gaya khas milik sendiri sehingga semakin besar dan meningkat nya jumlah klien.

Pengetahuan SEO

SEO? Iyaap SEO. Anda harus mengetahui dasar-dasar dari SEO. Optimasi halaman web agar bisa muncul di halaman pertama di mesin pencari itu memang elemen terpenting dalam desain web. Kuasai dan jadi raja pertama.

Pemecah Masalah
Kalau bisa anda harus bisa juga dalam memecahkan beragam masalah. Sebuah proyek tidak pernah ada tanpa masalah. Hal ini akan terus datang, dan ada yang beberapa yang bahkan mungkin membua nyaris menyerah. Tapi tidak lah impian anda berhenti disini. Bukankah dalam mencapai puncak kesuksesan itu kita harus mengenal kegagalan terlebih dahulu. Jika iyaa. Maka jangan menyerah. Anda dilahirkan untuk bisa mengatasi masalah yang bisa muncul tiba-tiba. Mungkin klien tidak peduli masalah apa yang sedang anda hadapi saat menyelesaikan proyek mereka, maka dari itu belajarlah untuk menghadapi semua masalah dan menyelesaikannya. Anda bisa !

Nah, bagaimana tindakanmu setelah mengetahui keterampilan di atas? Siapkah? Jika dari kalian ada yang lebih tau silahkan tambahkan komentar. Sekian dan terima kasih !

Subscribe to receive free email updates: