Pengertian, Sejarah, dan Cara Penulisan PHP

Apa itu PHP ?

PHP adalah bahasa pemrograman script server side yang paling banyak dipakai saat ini. PHP dulunya singkatan dari "Personal Home Page". Untuk saat ini PHP disebut dengan "Hypertext Preprocessing". Disebut begitu karena PHP ini merupakan bahasa yang di penuhi dengan teks.

phpBB dan MediaWiki merupakan contoh aplikasi PHP yang  terkenal. Jika melihat contoh aplikasi lain yang lebih kompleks seperti CMS yang dibangun dengan menggunakan PHP antara lain ada Mambo, Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain.
Pengertian, Sejarah, dan Cara Penulisan PHP
Pengertian, Sejarah, dan Cara Penulisan PHP
Sejarah PHP

PHP awalnya di bangun oleh Rasmus Lerdorf (1995). Ketika itu PHP masih dengan sebutan FI (Form Interpreted), bentuknya itu seperti sekumpulan script yang digunakan dalam hal mengolah data form dari sebuah web.

Selanjutnya Rasmus pun kembali merilis kode sumber tersebut untuk digunakan secara umum dan menamakannya dengan sebutan PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini sehingga menjadi open source, maka banyak lah programmer seluruh dunia yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP ini. Alhasil, PHP mendapatkan peringkat pertama dengan jumlah terbanyak. 

November 1997, kemudian dirilis PHP/FI 2.0. Rilisan ini interpreter PHP sudah siap diimplementasikan/diterapkan dalam program C. Tidak lupa pula disertakan juga modul-modul ekstensi agar meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.

(1997) sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang kajian interpreter PHP menjadi lebih baik, dan lebih instan. Sehingga pada Juni 1998, perusahaan tersebut pun kembali merilis interpreter baru untuk PHP sehingga secara sah meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0.

Pertengahan 1999, Zend tidak pernah bosan untuk mengembangkan PHP, dimana kala itu merilis interpreter PHP baru sehingga dikenal dengan sebutan PHP 4.0. 

PHP 4.0 merupakan versi PHP yang paling banyak digunakan pada awal abad ke-21. Versi ini banyak di gunakan karena kemampuannya dalam membangun sebuah aplikasi web yang kompleks tetapi tetap memiliki stabilitas dan kecepatan yang tinggi.

Juni 2004, Zend lagi lagi merilis PHP yaitu dikenal sebagai PHP 5.0. Dalam versi ini, setiap inti dari interpreter PHP mengalami sebuah perubahan besar. Dalam versi ini juga telah dimasukkan nya model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP yang bertujuan untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

Keunggulan PHP dari bahasa pemrograman lain
  1. Bahasa pemrograman PHP merupakan sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya,
  2. Web Server yang telah mendukung PHP dapat ditemukan dimana - mana dari mulai IIS sampai dengan apache, sehingga configurasi nya yang relatif lebih mudah,
  3. Pada sisi pengembangan PHP lebih mudah, hal ini karena banyaknya milis - milis dan developer yang ikut membantu dalam pengembangan PHP,
  4. Untuk sisi pemahamanan, PHP ini juga merupakan bahasa scripting yang paling mudah karena seperti yang kita ketahui bersama bahawa referensi nya begitu banyak terdampar di perpustakaan dunia, google misalnya,
  5. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi (linux, unix, windows) sehingga dapat dijalankan secara runtime melalui console dan juga dapat menjalankan perintah-perintah system dengan baik.
Cara penulisan PHP

Perlu diketahui bahwa PHP ini bersifat case sensitif yang artinya semua penulisannya harus sesuai dengan kamus data yang telah tersedia. Secara mendasar php ini memiliki struktur. Perhatikan contoh sebagai berikut :

<?php
  // contoh komentar dalam php
  echo "<h2>Contoh sederhana penulisan PHP</h2>";
  $nama="Rijal Budiotomo";
  echo "<p>$nama</p>";
  $nilai=9;
  $hasil=$nilai+9;
  echo $hasil;
?>

Itulah contoh sederhana dari struktur PHP, simak penjelasannya berikut ini:
  1. Setiap awal kode harus diawali dengan "<?php" dan diakhiri dengan "?>", Wajib 2 perintah tersebut ada pada tiap bagian yang memanggil fungsi php,
  2. Dalam barisan perintah php, kita bebas melayang menyisipkan komentar apa saja dengan diawali tanda "//". Komentar tersebut digunakan untuk mempermudah mengingat kumpulan baris dengan proses yang sama,
  3. Lalu echo ini berfungsi untuk mengirimkan/menampilkan hasil ke browser,
  4. Setiap variabel harus diawali dengan tanda dolar "$" dan ini dapat dipanggil kapanpun dalam halaman yang sama.
Hubungan antara PHP dan MySQL

Banyak yang menanyakan apa hubungan atau kaitan antara PHP antara MySQL?
Jawabannya: Karena penggunaan PHP dan MySQL ini memudahkan dalam pembuatan aplikasi secara gratis dan juga stabil. Mengapa hal ini bisa terjadi? Dikarenakan begitu banyak komunitas developer PHP dan MySQL yang ber-kontribusi terhadap bugs.

Lalu apa yang istimewa dari MySQL, langsung saja agan-agan baca di artikel ini. Pengertian dan Keistimewaan MySQL.

Harapan saya semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua.  Sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates: