Ternyata Ini Perbedaan antara Frontend dan Backend Developer

Perbedaan antara Frontend dan Backend – Sebelumnya saya telah menulis artikel tentang perbedaan serta tugas yang dilakukan oleh seorang web desaigner dan web developer. Agar makin nyambung saya lanjutin deh perbedaan dari Frontend dan Backend. Sebaiknya di simak baik-baik yaa:

Frontend

“Frontend” lebih cenderung kepada aspek proses dari tampilan desain yang muncul. Frontend ini tentu berkaitan langsung web browser dimana menjadi interface website. Lalu apa yang menjadi tugas seorang frontend:
  • Men-desain grafis dan pembuatan sketsa, ini layaknya si perancang,
  • Men-desain antarmuka atau lebih dikenal sebagai “interface”,
  • Men-desain Informasi yang telah di olah,
  • Kuasai HTML serta CSS agar lebih baik, dan
  • JavaScript dan jQuery.

Berbicara “frontend” berarti kita sedang membahas tentang bagian dari web dimana dapat dilihat dan berinteraksi dengan langsung. Umumnya Frontend terdiri dari dua bagian, apa itu?
  1. Web Design,
  2. Pengembangan web frontend.

Iyaap, hanya dua itu saja.

Ternyata Ini Perbedaan antara Frontend dan Backend
Ternyata Ini Perbedaan antara Frontend dan Backend
Dulunya pengembangan web memang disebut dengan backend, akan tetapi beberapa tahun terakhir ini telah terjadi kebutuhan secara realistis dalam membedakan desainer yang menggunakan tools Photoshop. 

Kemudian orang-orang yang bisa membuat kode dengan HTML serta CSS. Tidak hanya itu, ada juga dengan memasukan kode JavaScript dan jQuery dalam menampilkan web secara interaktif.

So, untuk sekarang dengan membahas “desain web“, sebenarnya kita telah berbicara tentang orang-orang yang bekerja tool desain, misalnya Photoshop dan Fireworks. Orang-orang yang menggunakan kode HTML, CSS, dan JavaScript.

Apapun yang Anda lihat ketika menggunakan web itu sebenarnya perpaduan antara HTML, CSS, dan JavaScript dimana semua itu dikendalikan oleh web browser pada komputer Anda. Hal ini termasuk font, header, footer,  menu drop-down, tombol, transisi, slider, form kontak, dan masih banyak yang lainnya.

Nah, untuk lebih paham lagi perbedaan dari keduanya, mari perhatikan lagi apa itu backend :

Backend

“Backend” ini cenderung kepada program dan skrip dimana yang bekerja untuk server di balik layar dalam membuat halaman web yang dinamis serta interaktif. Perlu diketahui bahwa  pengembangan backend web ini biasanya berada di tangan programmer yang handal.  Tugas-tugas di bawah ini yang umumnya berlangsung pada backend:
  • Content management systems (CMS),
  • Pemograman database,
  • Desain informasi (informasi di atur oleh server),
  • Pemrosesan form,
  • Aplikasi yang digunakan itu seperti PHP, JSP, Java, Ruby, ASP.NET.

Dari tugas-tugas yang telah disebutkan di atas Backend standarisasi nya terdiri dari tiga bagian yaitu aplikasi, database, dan server. 

Contohnya itu jika Anda membeli tiket konser, biasanya anda membuka website lalu berinteraksi Frontend tersebut. Lalu, setelah Anda memasukkan informasi tersebut, aplikasi lah yang menyimpannya dalam database yang tadinya telah dibuat pada sebuah server.

Seluruh informasi yang tersimpan pada server itu akan masuk kembali ke dalam aplikasi untuk mencetak tiket Anda, dan tentu semua informasi masih ada di akun Anda.

Untuk teknologi yang seperti ini di rancang bekerja sama dengan pengembang backend. Teknologi backend ini sendiri terdiri dari bahasa PHP, JSP, Java, Ruby, ASP.NET .

Banyak web profesional pemula yang terjun ke bidang ini. Pernah mendengar tentang WordPress. Dengan WordPress ini salah satu framework yang sudah mendukung frontend dan backend siap pakai dan ini masih bisa dilakukan pengeditan desain pada frontend sesuai dengan kriteria website yang akan di bangun.

Akhir Kata

Saya berharap dengan artikel ini dapat membantu banyak. Dengan harapan dapat dibagikan kepada yang lain mengenai frontend dan backend web.

Agar semua orang dapat melakukan diskusi besar hingga berkolaborasi dengan hebat tentang web design dan developer.

Lalu, bagaimana dengan anda? apakah ada pendapat? Apa pikiran Anda pada desain dan pengembangan web, dan interface dengan backend? Silahkan berkomentar di bawah ini. 

EnjoyYourDay~ 

Subscribe to receive free email updates: