Web Designer VS Web Developer. Apa Beda nya?

Perbedaan Web Designer Dan Web Developer - Sebenarnya dari kedua istilah ini begitu familiar, namun ada sedikit penjelasan untuk anda berikut ini yang akan terperinci bahwa dari keduanya memiliki perbedaan. Kerap sekali kedua istilah ini di pertukarkan di beberapa perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan merancang dan mengembangkan web ini.
Web Designer VS Web Developer. Apa Perbedaan nya?
Web Designer VS Web Developer
Mari, langsung saja simak perbedaan dari web designer dan web developer dari segi pekerjaan.

Web designer
Pekerjaan seorang web designer ini berhubungan dengan bagaimana membuat sebuah website dan bagaimana cara pelanggan berkomunikasi dengan baik sehingga memberikan kenyamanan bagi si pengguna. Menjadi web designer yang baik itu tahu bagaimana cara mengaplikasikan prinsip-prinsip desain yang membuat website tampil dengan sangat menarik. Selanjutnya memahami dalam artian desain yang dibuatnya itu memudahkan orang yang menggunakan atau berselancar di dalamnya nanti.

Alat yang di gunakan web designer itu seperti Photoshop, Ilustrator, Corel dan masih ada yang lainnya, untuk menciptakan tampilan visual tersebut dengan menarik tentu ini dari softwere yang telah disebutkan di atas itu perlu di pelajari dan itu tidak cukup dalam waktu sehari. Perlu niat latihan yang kuat, mungkin bagi mereka yang menyukai bidang ini sudah menjadi makanan seahari-hari sehingga tidak kerepotan dalam mendesain. 

Prinsip desain

Balance - Sangat penting untuk desainer web untuk membuat tata letak yang seimbang. Dalam desain web kita lihat warna terang dan gelap, berat dan ringan, warna kecil dan ringan. Menggunakan proporsi yang benar dari setiap sangat penting untuk mencapai sebuah desain website yang seimbang.

Kontras - Dalam teori warna, warna-warna kontras adalah yang ditempatkan berlawanan satu sama lain pada roda warna. desain web menawarkan beberapa daerah lain di mana kontras berlaku. Desainer melihat kontras ukuran, tekstur dan bentuk untuk mendefinisikan dan menarik perhatian ke bagian tertentu dari situs web yang di buat.

Penekanan - Penekanan adalah prinsip-prinsip desain untuk menyoroti elemen penting dari tata letak situs web. Agar lebih menonjol dan informasi nya lebih terarah.

Konsistensi - Ini disebut juga ritme, konsistensi adalah prinsip desain web. Misalnya, navigasi bersih dan konsisten memberikan pengalaman pengguna yang terbaik bagi pengunjung website Anda.

Unity - Unity adalah hubungan antara berbagai bagian dari tata letak situs dan komposisi secara keseluruhan. Berdasarkan pada teori Gestalt, kesatuan berkaitan dengan bagaimana otak manusia secara visual mengatur informasi dengan mengelompokkan elemen dalam sebuah label/kategori.

Web Designer VS Web Developer. Apa Perbedaan nya?

Web Developer
Seorang web developer bertanggung jawab penuh pada back end sebuah website, pemrograman serta interaksi di setiap halaman web. Developer web ini berfokus pada situs bekerja dan bagaimana pengunjung web nantinya menyelesaikan sesuatu di dalamnya halaman web tersebut.
Pemograman PHP, HTML, Javascript, JQuery dan CSS ini merupakan sebagian alat dalam kegiatan mereka. Dimana mereka harus bisa membuat website yang mereka bangun itu dapat berjalan dengan efektif, tampil dengan susunan kode yang bersih, rapi dan menarik.

Dua Job Satu Tujuan
Tak dapat dipungkiri bahwa kedua profesi ini memiliki satu kesatuan walaupun kenyataannya memiliki profesi yang berbeda. Dimana dari keduanya ini saling support  dengan menghasilkan sebuah pekerjaan berupa website yang aktif.

Note: dalam melakukan hal ini, designer dan developer web haruslah satu suara. Ini bertujuan agar sebuah website terlihat bagus dan berfungsi dengan baik sehingga adanya kesan baik bagi pengguna.
Untuk warna dan gambar harus mewakili sebuah brand, serta interface nya mampu mendorong pengunjung untul melakukan tindakan yang diinginkan nya.

Finally, agar batas antara designer dengan developer tidak menjadi kabur, seorang designer sedikit harus banyak mempelajari pola interaksi antar halaman web, sedangkan developer harus juga memahami rancangan visual yang menarik.

Satu Tim
Web designer dan Web developer di ciptakan untuk bekerja sama dalam satu tim. Dimana ada dua kepala yang harus sejalan, sevisi, sepaham, anddd sehati. Iyaap, sehati biar makin oke guys..
Karena bersatu dari dua kepala yang berbeda, terkadang terjadi kesalahan komunikasi yang akan berakibat buruk pada hasil proyek web. Maka dari itu keduanya harus bisa berkomunikasi dengan baik. 
Di bawah ini ada tips sederhana menyatukan ide antar keduanya :

– Tampilkan
Mungkin dengan menjelaskan berupa kata-kata kadang masih berpotensi terjadi salah persepsi atau perbedaan pendapat, jadi disini jangan ragu untuk membuat sebuah perancangan atau pembuatan sketsa.

– Terbuka pada Ide
Berbagi mengenai implementasi ide dari masing-masing pihak demi mendapatkan sebuah konsep yang tepat, jadi terbukalah pada ide sehingga tidak ada yang di tutupi dari kedua pihak.

– Be an Ardent Learner
Prinsip selalu belajar bisa di terapkan pada kedua belah pihak dimana untuk sama-sama saling mempelajari setiap bagian pada proses pembuatan website dengan begitu ilmu dari keduanya juga semakin terasah. Selanjutnya siskusi akan temuan baru maupun hal-hal yang belum dipahami satu sama lain juga membawa enyoy bagi keduanya.

Kedua profesi ini layaknya menyiratkan dua pekerjaan yang berbeda peran. Namun pada kenyataannya hal ini bisa dilakukan oleh satu kepala saja. Dengan catatan Anda mempunyai kemampuan yang mumpuni pada keduanya dan memiliki taste desain yang baik serta pemrograman yang baik pula.

Web Designer VS Web Developer. Apa Perbedaan nya?

Bagaimana denganmu?
  • Apakah setuju bahwa web designer dan web developer dua hal yang berbeda?
  • Apakah ada perbedaan lain yang tidak disebutkan?
Marilah kita tahu di bagian Komentar di bawah ini. Enjoy Your Day ....

Subscribe to receive free email updates: