6 Cara Ampuh Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Cara ampuh menghemat baterai android ini bisa kamu gunakan di berbagai merek smartphone misalnya ASUS Zenfone , Xiaomi, SAMSUNG, Dell, SONY, Lenovo, Andromax, Acer , Oppo dan masih banyak merek lainnya. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi karena cara ini bisa untuk beragam smartphone.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa semua smartphone dirancang untuk penggunaan daya yang besar. Tapi yaa kadang ada bikin bete juga karena harus selalu mengisi daya baterai smartphone kamu. Karena tidak ada pilihan lain, maka kebanyakan sering charge smartphone nya, dampak buruk yang di dapat yaitu membuat kualitas hp berkurang dan bisa jadi rusak.
(Baca juga : Kelebihan iPhone dibanding Android)

Untuk meminimalisir masalah kamu pada baterai smartphone, saya akan bagi tips untuk menghemat baterai smartphone tanpa harus men-download aplikasi, menarik bukan?
Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi
Cara Ampuh Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi 

Baiklah, ini dia cara menghemat baterai Android Tanpa Aplikasi, mari di baca langsung :

#1 Matikan Mode Getar


Meskipun sinyal getar dapat memudahkan kamu dalam mengetahui adanya panggilan masuk atau pun pemberitahuan atau notifikasi lainnya, namun dengan hal ini ternyata akan banyak menguras daya baterai smartphone kamu. Lebih baik kamu pakai ringtone saja daripada mode getar.

#2 Mengecilkan Brightness pada layar


Hemm, mungkin ini sebagian udah pada tahu. Dimana dengan brightness yang besar akan membuat daya baterai cepat habis. Maka dari itu, mengecilkan brightness sangat penting. Mengingat brightness pada layar merupakan poin pertama yang cepat menguras daya baterai. Selain itu, kita juga tahu bahwa layar smartphone yang paling banyak menghabiskan daya baterai yaitu fitur GPS.

#3 Mempersingkat Waktu Stand By Pada Layar Smartphone


Nah apabila kamu sudah tahu bahwa layar ponsel itu merupakan sebuah masalah yang paling boros menguras daya baterai. Maka dari itu, saran saya kamu harus bisa mempersingkat waktu time out atau Standby pada smartphone kamu. Dengan mengaturnya bisa memilih waktu yang paling cepat. Misalnya kamu dapat mengatur waktu standby dari dua menit menjadi 15 detik saja.

#4 Charge Baterai Smartphone Secara Efisien


Ada dua tipe baterai pada smartphone yaitu baterai lithium dan baterai nickel. Untuk kedua baterai ini jelas berbeda dari segi ketahanan nya. Dimana baterai yang terbuat dari nickel jauh lebih lama dibandingkan dengan baterai lithium. Jika smartphone kamu menggunakan baterai nickel, maka ada baiknya di charge sampai kapasitas maksimum yaitu 100 persen. Namun jika smartphone kamu menggunakan baterai dengan jenis lithium, maka kamu harus men-charge nya sesering mungkin agar mempertahankan kapasitas aslinya.

#5 Mematikan Fungsi Paket Data, Wifi, dan Bluetooth Bila Tidak Digunakan


Nah, bila kamu tidak sedang menggunakan smartphone kamu, ada baiknya matikan saja segala konektivitas yang ada. Mungkin sepele, tapi ini juga dapat berpengaruh besar bagi ketahanan baterai smartphone kamu. Karena jika tidak, akan membuang daya baterai smartphone kamu dengan percuma. So, kamu bisa mengaktifkan nya saat diperlukan.

#6 Logout Aplikasi Yang Sudah Tidak Digunakan


Begitu banyak pengguna smartphone yang tidak menutup aplikasi nya saat tidak digunakan lagi. Sehingga masih banyak aplikasi dalam keadaan terbuka meskipun aplikasi tersebut tidak digunakan. So, ada baik nya kamu tutup atau keluar saja sebelum digunakan kembali.

Nah, seperti itulah Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi pada HP atau Smartphone kamu. Agar makin tau, baca juga cara terbaik menghemat data kuota pada android dan iPhoneSemoga bisa bermanfaat.
EnjoyYourDay.

Subscribe to receive free email updates: