Cara Mudah Koneksi HP Android Dengan Flashdisk

Cara Mudah Koneksi HP Android dengan Flashdisk – Mendengar kata flashdisk masyarakat awam mungkin hanya menghubung-hubungkan dengan perangkat komputer atau laptop. Tetapi, siapa sangka bahwa peradaban dunia yang semakin di permudah. 

Kini, Flashdisk dapat di sambungkan dengan hp android. Tahukah anda? Hal ini juga telah banyak di gunakan oleh sebagian orang di beberapa smartphone keluaran terbaru yang telah di lengkapi dengan fitur-fitur tersebut.

Memindahkan data dari smartphone ke Flashdisk atau sebaliknya dapat digunakan dengan mudah apabila perangkat smartphone yang telah di dukung oleh fitur USB OTG. 

Keberadaan fitur tersebut pun membuat smartphone Android kamu akan lebih berguna dari biasanya. 

Daripada bingung bagaimana cara membuat smartphone kamu lebih bermanfaat. Simak ulasan di bawah ini mengenai cara koneksi hp Android ke flashdisk :

Cara Mudah Koneksi HP Android Dengan Flashdisk


Cara Koneksi HP Android dengan Flashdisk

Tadi di atas saya menyebutkan USB OTG. Mungkin ada baik nya kita jelaskan terlebih dahulu apa itu kabel data USB OTG sebelum menuju ke pembahasan inti kita.

Kabel data USB OTG atau disebut juga dengan On The Go merupakan kabel yang memiliki ujung pada slot berbeda, satu slot untuk USB conektor dan satu slot nya lagi untuk Android. So, dari kedua ujungnya ini memiliki fungsi atau peranan nya yang berbeda.

Kenyataan nya untuk smartphone Android keluaran terbaru telah ada dukungan fitur USB OTG, jelas pada hp versi lama belum dilengkapi dengan fitur tersebut. 

Lantas, bagaimana Cara nya mengkoneksikan HP Android dengan Flashdisk apabila kita memiliki smartphone Android lama.

Tunggu dulu, disini saya akan beberkan cara nya. Perlu di perhatikan bahwa trik ini di lakukan hanya pada Android kamu yang telah dalam keadaan di root.

Cara root nya anda bisa mencari di google yang telah bertebaran. Selain itu, trik ini juga bisa diaplikasikan untuk OS Android versi Froyo keatas.


Persiapkan Sebelum Menyambungkan Android Ke Flashdisk

Sebelum kamu koneksi kan perangkat Android dengan Flashdisk. Persiapan ini yang perlu disediakan :
  1. Pastikan perangkat Android kamu telah adi root.
  2. Persiapkan kabel data USB OTG.
  3. Flashdisk.
  4. Android
  5. Aplikasi StickMount serta aplikasi Astro File Manager

Langkah – langkah Mengkoneksikan HP Android dengan Flashdisk

Oke baiklah, kita telah mempersiapkan semua alat untuk menghubungkan android dengan flashdisk. Maka dari itu,mari di simak langkah – langkah berikut:

  1. Terlebih dahulu install aplikasi StickMount serta aplikasi Astro File Manager di Google Play store kamu.
  2. Jika sudah terinstall, sekarang waktunya kamu sambungkan perangkat Android dengan Flashdisk dengan menggunakan kabel USB OTG.
  3. Kemudian akan muncul pop up Open StickMount when this USB device is connected. Jangan panik dulu, silahkan klik check use by default, lalu OK.
  4. Selanjutnya berikan hak akses super user pada aplikasi StickMount, lalu tunggu sampai koneksi tersebut sukses.
  5. Apabila koneksi telah sukses, selanjutnya buka aplikasi Astro File Manager
  6. Selamat, Sekarang untuk aplikasi Astro File Manager telah dapat membaca serta mengedit data yang ada di Flashdisk.

Catatan :

Saya tekankan sekali lagi bahwa untuk trik diatas bisa juga dilakukan pada perangkat Android  dimana dalam keadaan di Root dan tentu bisa juga diaplikasikan untuk OS Android Froyo keatas. 

Gimana guys? Cukup jelas, bukan? Apabila masih kurang jelas, langsung aja komentar di bawah ini. Jangan pernah sungkan-sungkan. EnjoyYourDay! 

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates: