Ketahui Perbedaan 4G dengan 3G Sekarang Juga

Perbedaan 4G dan 3G - Sebagian kalangan kedengarannya tidak asing lagi dengan istilah '3G' dan '4G'. Dimana kedua istilah yang paling misterius ini ada dalam kamus teknologi mobile. Jika Anda membeli smartphone baru, tapi tidak tahu apakah 3G atau 4G, saran saya anda harus pergi ke toko itu kembali hehe.

Tidak perlu, sini saya lurusin. 3G dan 4G, generasi pertama berasal dari "G" adalah singkatan dari generasi teknologi mobile, yang dipasang di ponsel dan jaringan selular. Setiap huruf "G" umumnya mengharuskan Anda dalam smartphone baru, dan untuk jaringan upgrade mahal. Untuk generasi kedua adalah telepon analog seluler (1G) dan telepon digital (2G). 

Generasi ketiga jaringan mobile, atau 3G, datang ke AS pada tahun 2003. Dengan kecepatan Internet yang konsisten minimal 144kbps, 3G seharusnya membawa "mobile broadband." Tapi lihat sekarang sangat banyak variasi 3G, walaupun  "3G" koneksi bisa mendapatkan kecepatan Internet Anda 400Kbps ke lebih dari sepuluh kali.

generasi baru biasanya membawa teknologi yang baru, untuk kapasitas jaringan nya lebih banyak data per user, dan untuk potensi serta kualitas suara yang lebih baik.
Artikel Terkait : Alasan harus Pake 4G. 

Perbedaan 4G dengan 3G
Perbedaan 4G dengan 3G

Perbedaan 3G dan 4G

Ada perbedaan besar antara 4G LTE dan teknologi lain yang disebut "4G" meskipun demikian yang paling terlihat saat kecepatan upload, banyak data - posting foto atau video, bila Anda akan menemukan kecepatan upload LTE ini justru jauh lebih baik daripada HSPA.

3G

Untuk 3G, jaringan internet pada paket data menjadi prioritas ketiga. Hal ini cenderung pada ponsel yang telah beredar di pasaran. Dari hari ke hari, zaman digital kini konsumsi data internet via 3G mulai meningkat pesat, tetapi hanya pada penerapan secara teknisnya, karena jaringan ini lebih mengutamakan pada layanan melalui telepon atau pun pesan tanpa lewat internet.

4G

Berbeda dengan 4G, dimana jaringan ini lebih mengacu kepada penggunaan internet yang lebih cepat. Seiring berkembangnya zaman, ditambah lagi dengan aplikasi yang kini menjamur. Sehingga semua fitur pada smartphone serta aplikasi membutuhkan koneksi internet. Secara khusus, layanan untuk telepon dan SMS lebih kecil, tetapi disini tidak akan mengalami gangguan pula.
Artikel Terkait : Cara beli smartphone 4G

Tambahan bahwa “Kelebihan 4G LTE yaitu latency yang lebih rendah, penggunaan frekuensi yang lebih tepat, dan transmisi data yang sangat cepat,”

Hadirnya 4G LTE di Indonesia kini secara langsung telah memotivasi pengguna ponsel untuk terhubung dengan internet. Masalah selanjutnya yang harus dihadapi yaitu bagaimanan pemanfaatan 4G LTE secara menyeluruh untuk masyarakat tanah air.

Semoga dengan artikel ini Anda telah dapat menyimpulkan perbedaan dari 3G dan 4G. EnjoyYourDay !

Subscribe to receive free email updates: