Cara Atasi Website Lambat Saat Diakses

Cara Atasi Website Lambat Saat Diakses - Ada begitu banyak hal yang menyebabkan website kamu menjadi lambat atau lemot saat diakses. Meskipun sebelumnya stabil bahkan terbilang sangat cepat. Salah satu yang memiliki peran paling utama dalam menyebabkan website lemot itu karena website kamu menggunakan resource (CPU, MEMORI, VIRTUAL MEMORI dan limit lain-lain) yang telah disediakan untuk akun kamu. Kamu bisa mengecek status penggunaan resource di akun melalui menu Resource Usage pada cpanel dengan themes Paper Latern secara rutin, silakan cek “CPU and Concurrent Connection Usage“.

Penyebab terjadinya overload tentu banyak diantaranya adalah dengan penggunaan plugin yang berat (ex: plugin Jet pack jika kamu menggunakan wordpress) atau script/thema dari sumber yang tidak dipercaya. Script atau plugin ataupun theme yang berasal dari sumber yang tidak dipercaya seringkali membuat sasaran malware sehingga hal ini sering digunakan dalam tindakan kejahatan dan akhirnya menyebabkan akun overload.

Cara Atasi Website Lambat Saat Diakses

Di sisi lain, dengan banyaknya domain atau website lain yang kamu add on di akun hosting juga bisa menyebabkan hal ini terjadi. Karena dasarnya kamu menggunakan resource yang sama pada beberapa website yang ada di dalamnya.

Saran saya, coba gunakan tool PageSpeed Insights ini, dimana bisa melihat hasil kesimpulan slow dari website kamu.

Solusi:
  1. Pada solusi tersebut yaitu, kamu harus melakukan optimasi website agar nyatanya lebih ringan saat digunakan dengan menghapus beberapa plugin yang berat atau ubahlah thema kamu menjadi lebih ringan.
  2. Upgrade paket hosting kamu dan bila kamu telah berada di paket tertinggi (Bisnis), maka kamu harus menggunakan VPS.
  3. untuk langkah ketika kamu bisa menggunakan server co-colation ini jika membutuhkan cost yang cukup tinggi.

Demikian postingan mengenai Cara Atasi Website Lambat Saat Diakses. Semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: