Cara Mudah Memperbaiki RAM Rusak

Cara Mudah Memperbaiki RAM Rusak – Mungkin Anda salah satu yang sedang mengalami hal yang demikian dimana memory pc yang tidak mau tampil atau cresh. Artikel kali ini hanya mampu mengatasi  memory PC (SDRAM atau DDRAM) yang sudah anda anggap mati, dengan catatan tidak adanya kerusakan fisik yang parah, seperti terbakar atau hancur, atau sengaja dipatahkan.

Kita ketahui bahwa salah satu perangkat keras (hardware) yang berperan penting dalam kinerja serta performa komputer itu Memory atau RAM (Random Access Memory). Masih bingung dengam RAM ?

Mari di perhatikan dulu, seperti namanya “RAM” atau Memory ini memilki arti untuk tempat menyimpan data yang diakses oleh Processor (CPU – Central Processing Unit). Data pada RAM bisa diakses secara acak dengan kecepatan yang sama, sehingga hal ini disebut Random (acak). Selain itu, data yang tersimpan di RAM ini bersifat sementara, karena hanya ada apabila komputer menyala dan akan hilang bila komputer mati.

Cara Memperbaiki RAM Rusak
Cara perbaiki ram rusak dengan mudah

Baiklah, langsung saja kita siapkan RAM rusak dan peralatan yang dibutuhkan yaitu Avometer :.

  1. Bersihkan memory tersebut. Caranya dengan menggosok pin-pin memory dengan kain, ini bertujuan untuk membersihkan, atau boleh juga di berikan tiner sedikit agar lebih bersih dari debu, dan gesekan dengan kain tersebut akan memancing ion-ion pada pin memory untuk menjadi tersimulasi kembali agar konduktornya lebih aktif.
  2. Lalu arahkan skala Avometer pada Ohm (skala untuk mengukur hambatan), bebas boleh pada posisi 1K, 10K, 100K....
  3. Ambil jarum negative (-) Avometer (kabel warna hitam) kemudian anda tempelkan pada salah satu pin/kaki memory, dan jarum positive (kabel warna merah) anda gesekan pada pada kumpulan kaki-kaki IC/chipset memory, apabila memory memiliki 8 buah IC misalnya. Maka dari itu, gesekan jarum (+) tersebut ke kaki-kaki 8 IC tersebut.
  4. Langkah terakhir silah kan anda tancapkan ke matherboard anda.
Catatan :

Proses ini adalah memerlukan arus listrik dari baterai Avometer yang di alirkan kepada sirkuit-sirkuit IC/Chipset memory . Untuk cara kerja dari proses tersebut seperti halnya proses Clear CMOS pada Mainboar. 

Nah jika Mainboard mengalami crash dan tidak mau hidup, ini di karenakan terjadinya gangguan atau penyumbatan pada proses arus listrik sehingga hal ini arus yang di perlukan untuk pengaktifan suatu system tidak terpenuhi. 

Demikian lah postingan mengenai cara memperbaik RAM rusak. Semoga dapat mengatasi masalah Anda. Terima kasih
EnjoyYourDay ! 

Subscribe to receive free email updates: