7 Emulator Android Paling Ringan dan Populer Untuk PC

7 Emulator Android Paling Ringan dan Populer Untuk PC Android kini menjadi OS yang paling di gemari dari seluruh penjuru dunia. Tentu segudang fitur yang tersimpan dalam android ini menjadi alasan pokok untuk dinikmati pengguna. Android sendiri termasuk dalam kategori Opensource Operating sistem, dimana pengguna dapat memodifikasi OS tersebut tanpa ada batasan nya. Hal ini dapat di buktikan dengan banyaknya beberapa OS / ROM custome yang bertebaran di beberapa situs. XDA Developer merupakan salah 1 situs yang membahas mengenai Moding dan Custome Firmware Android.

Pengertian Emulator Android

Emulator merupakan sebuah istilah yang menerjemahkan atau mengemulsikan suatu program dengan Aplikasi. Kesimpulannya, Emulator android adalah suatu perangkat aplikasi yang dapat menjalankan OS android.

Tak dapat di pungkiri lagi, kini emulator android begitu menjamur dimana ada yang bisa di download secara gratis, berbayar serta donasi. Bluestacks adalah salah satu Emulator Android yang paling terkenal. Hal ini dikarenakan fasilitas yang tersedia pada emulator Bluestacks ini sangat mendominasi yang memuaskan bagi pengguna.

Kepopuleran Bluestacks bersama fitur-fiturnya ini tentu ada beberapa kelemahan. Banyak keluhan bahwa Bluestacks berat saat di jalankan pada laptop/pc yang spec nya masih rendah. Saya sarankan untuk menjalankan aplikasi bluestacks PC / laptop harus memiliki spec minimal RAM 2 GB, akan tetapi akan lebih baik jika di atas RAM 2 GB. Karena tak jarang banyak pengguna PC RAM 2 GB juga mengeluh karena merasa berat ketika menjalankan aplikasi Bluestacks saat bersamaan dengan aplikasi lain nya, bahkan ada laptop menjadi Lag dan hang. 

7 Aplikasi Emulator Android Ringan Selain Bluestacks

  1. Youwave For Android – Aplikasi youwave ini awalnya lebih terkenal di banding Bluestacks. Namanya pun begitu familiar bagi kalangan pengguna android. Menjalankan youwave bagi pengguna tidak sulit mengingat Interface Youwave Android disini memiliki tampilan yang hampir sama dengan Android pada umumnya. Namun sangat di sayangkan sekali, bahwa untuk seribu aplikasi Youwave ini kini menjadi aplikasi Premium dan tidak memiliki kemampuan dalam menjalankan BBM serta game COC yang kini banyak sangat gemari pengguna android. Maka dari itu, secara perlahan  Youwave sendiri sudah tidak berkembang lagi sehingga aplikasi Youwave Android ini mulai tenggelam.
  2. Android Emulator from Android SDK – aplikasi emulator from Android SDK ini umumnya di gunakan oleh para developer aplikasi android. Peran utaman yang di milikinya adalah sebagai Aplikasi testing coding dan develop aplikasi. Kemampuan nya yang ringan sehingga mudah saat para developer dan testing menggunakan Emulator ini. 
  3. Windroye/Windroy - Aplikasi ini di rancang oleh orang China. Windroye memiliki tampilan design UI kental dengan khas China. Permasalahan pada aplikasi windroye ini, kemampuannya yang handal tidak jauh berbeda beratnya dengan Bluestacks menang 1 skor saja dalam hal beratnya. Windroye juga mensupport menjalankan aplikasi Clash of Clans dan BBM.
  4. Andy Android Emulator –Aplikasi emulator ini menuntut penggunanya untuk memiliki spec Komputer/laptop minimal RAM 3 GB, support prosessor virtualisasi (AMD-VT & di intel) dan hanya dapat berjalan di Windows 7 dengan windows 8 saja. Tetapi, android emulator andy ini telah mengusung versi android kitkat sehingga patut di coba. Design tampilan andy sangat memukau dengan interface yang cukup mudah. Untuk Instalasi Emulator Andy menggunakan sistem intaller Online sama hal seperti bluestacks, sehingga begitu mudah untuk di install. 
  5. Android x86 – Android x86 adalah sistem operasi Android yang telah di ubah agar bisa dijalankan dalam prosessor berbasis 32bit (x86). Android-x86 ini bukan merupakan Pure OS Android dan bukan pula sepenuhnya emulato. Disebut emulator hal ini karena dapat di install & menjalankannya pada Virtual Machine. Untuk kemampuan Android-x86 sudah sangat mumpuni dan responsif ketika di aktifkna mekipun ada begitu banyak hambatan pada dukungan driver, namun intinya sifat yang pure OS android bisa menjadikan Aplikasi Emulator Android x86 ini lebih ringan daripada pesaingnya. Mau tau lebih lengkap mengenai Android X86, baca saja di Menguak Keunggulan Android X86.
  6. GenyMotion – Genymotion adalah Emulator android yang telah memiliki kemampuan OpenGL, ada 2 jenis fiture yang di dukung pada aplikasi genymotion, pertama dengan versi lite dan yang kedua dengan versi berbayar. Untuk versi free memiliki fitur yang terbatas dibandingkan dengan versi berbayar. Kelebihan pada emulator android genymotion ini yaitu pengguna dapat memilih custome Virtual perangkat yang akan di gunakan, contohnya pengguna dengan menggunakan virtual Perangkat HTC, Samsung dan tentu masih banyak lagi Virtual perangkat yang dapat di download pada Interface Aplikasi Genymotion ini.
  7. Droid4X –Untuk emulator Droid4X umumnya tidak adanya dukungan Aplikasi Playstore saaat baru di install di pc/laptop. Akan tetapai Droid4x telah di lengkapi banyak fitur sehingga memudahkan pengguna dalam mendownload banyak aplikasi di emulator ini tanpa adanya kesulitan. Fitur lain yang di sajikan oleh Emulator Droid4x adalah Drag drop, fitur ini bisa mempermudah pengguna dalam menginstall APK file dengan cepat. Walaupun demikian droid4x ini merupakan salah satu Emulator yang tergolong cantik, mudah, cepat dan ringan sehingga pantas untuk di install di laptop/pc anda.
Emulator Android Paling Ringan
Emulator Android Paling Ringan 


Itulah 7 Emulator android yang populer dan bisa di install pada laptop / PC anda. Saya sarankan sebelum menginstall perhatikan dulu spec dari pc/laptop masing-masing, minimal nya yang telah di sebutkan dari tiap-tiap aplikasi emulator tersebut untuk dapat menjalankannya tanpa ada gangguan Lag dan hang terhadap PC kesayangan anda.

Terima kasih telah menyimak dengan baik, semoga bermanfaat dan bisa di share ke teman-teman anda. EnjoyYourDay !

Subscribe to receive free email updates: