Pengertian Linux CentOS

Linux CentOS adalah sistem operasi yang bebas. Diawali pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Perusahaan ini berusaha 100% untuk binari kompatibel bersama produk hulunya (RHEL). Arsip dari perangkat lunak tambahan telah menyediakan versi terbaru serta paket, dengan paket RPM. CentOS yaitu singkatan dari Community ENTerprise Operating System atau kita mengenal sebagai Sistem Operasi Perusahaan buatan  Komunitas Masyarakat.

CentOS juga proyek independen dimana bertujuan untuk menyediakan distribusi GNU/Linux yang normal kepada institusi serta perindividuan yang tidak memerlukan dukungan dalam menjalankan sistem yang mereka miliki.

Pengertian Linux CentOS


Untuk Distribusi CentOS berasal dari kode sumber yang sama dengan distribusi RedHat Enterprise dimana yenga telah mendominasi pasar pengguna atau user sistem operasi GNU/Linux.

Karena CentOS ini menginginkan 100% binary kompatibel dengan distribusi asalnya, maka dari itu semampu mungkin akan terus menggunakan kode sumber asli bila memungkinkan bagi mereka. Dalam kondisi yang stabil tentu tidak akan ada tambahan patch untuk paket-paket yang di temui dari distribusi asalnya. Perubahan paling mendasar tentu akan dibuat supaya sesuai dengan kebijakan pencipta distribusi asal berhubungan dengan merk dagang nama dan logo.

Project CentOS ini tidak ada kaitannya dengan RedHat. Dalam hal persamaannya hanya pada distribusi GNU/Linux yang diedarkan kedua entitas ini dalam menggunakan paket kode sumber yang sama, itu saja.

FASA Systems, pemberi solusi sistem berbasis open source yang telah lebih dari 7 tahun dengan menggunakan distribusi RedHat maupun turunannya, awal 2008 telah menggunakan CentOS, selain Debian. Dimana hanya sebatas distribusi standard untuk para kliennya.

Subscribe to receive free email updates: