Solusi PC Tidak Nyala, Tidak Bisa booting, dan Sering Restart Sendiri

Cara Perbaiki PC yang Tidak Nyala, Tidak Bisa booting, dan Sering Restart Sendiri  - Laptop Anda sedang bermasalah dengan hardware bagian dalam pc? Tidak mau hidup dan sering restart dengan sendiri nya? Jangan khawatir. Cuthawe.com akan membagikan solusi dari permasalah yang tengah nda hadapi. 

Simak sampai habis tulisan ini, meskipun anda nantinya ragu dan akhirnya pergi membawa ke teknisi komputer, setidaknya anda tidak gampang ditipu.
Solusi PC Tidak Nyala, Tidak Bisa booting, dan Sering Restart Sendiri

PC Tak Mau Hidup

Nah, jika masalahnya pc tidak mau hidup, pastikan terlebih dahulu telah menekan tombol power pada CPU (Central Processing Unit) secara benar. Tidak lupa untuk mengecek kabel power telah tersambung dengan baik dari power outlet-nya ke PC atau tidak. Sesekali tancapkan kabel-kabelnya mungkin kurang pas.

Bagi pengguna yang memakai stabilizer perlu mengecek apakah stabilizer-nya berfungsi dengan baik atau tidak saat dihidupkan. Selain itu, pastikan juga power outlet-nya tidak bermasalah. Anda boleh mengetesnya dengan menyambungkan peralatan listrik lainnya ke power outlet tersebut. Jika peralatan tersebut bekerja, berarti itu power outlet-nya masih bagus.

Hemm, sekian pengecekan tersebut tuntas, tapi masih saja PC masih tidak mau hidup alias tidak mau nyala, kemungkinan besar  masalahnya terletak di kabel power. Maka dari itu, Anda bisa ganti kabel power-nya dengan yang baru.

Jika kabel telah Anda di ganti tapi masih saja ada problem. PC Anda sedang bermasalah dengan kotak power supply PC atau pada motherboard-nya. Saran saya sebaiknya hubungi tempat servis langganan Anda.

Sering Restart Sendiri

Masalah ini kemungkinan besar karena gangguan arus listrik, baik pada power outlet, stabilizer, kabel power, power supply ataupun motherboard. Oya, kerusakan memori (RAM) juga bisa menyebabkannya pc restart sendiri.

Untuk tahapan nya, Anda bisa mengecek nya seperti pada problem di atas. Tegangan listrik yang tidak stabil juga dapat mempengaruhinya.

PC Hidup Tetapi tidak Mau Booting

Hemm, ada ada aja ya masalahnya. Baiklah ini layar monitor tidak mau menampilkan apa-apa dan komputer menyembunyikan bunyi beep-beeap secara berulang-ulang. Anda bisa matikan PC, matikan stabilizer, cabut semua kabel yang ada, lalu buka casing-nya. Bawa PC Anda ke tempat yang lebih terang, atau boleh juga dengan bantuan senter agar membantu Anda dapat melihat dengan jelas ke dalamnya.

Cek apakah kartu memori sudah tertancap dengan tepat dan baik pada slot-nya. Karena hal kecil ini begitu sering menjadi penyebabnya. Lalu buka penguncinya, anda cabut kartu memori, kemudian tancapkan kembali dengan benar dan kunci kembali. Pastikan juga bahwa kartu memori Anda dalam keadaan baik, tidak rusak atau cacat. Apabila memori rusak, anda bisa memperbaiki nya dengan cara gampang sekali. 

Selain itu, Anda jangan lupa lirik juga pada bagian motherboard,pastikan dalam keadaan baik-baik saja. Dimana jalur-jalur tembaganya masih dalam kondisi bagus dan tidak terpotong oleh sayatan benda tajam. 

Hemm, jika kasusnya masih terjadi juga, cobalah untuk menukar posisi kartu memori ke slot memori yang lainnya. Mengecek secara manual motherboard Anda untuk panduannya. Kalau tidak selesai juga, saya sarankan untuk hubungi ke teknisi servis komputer.  Karena jika tidak, masalah akan makin bertambah. Sampai di tahap ini, anda sudah hebat. 

Dalam mengatasinya : 

Restart PC, Anda boleh segera tekan [Del] terus menerus hingga BIOS muncul tersebut muncul. Pada BIOS, periksa primary hard disk apakah terdeteksi atau tidak. Ada beberapa mode BIOS, memiliki fasilitas hard disk auto-detection. Gunakanlah fasilitas tersebut. Tapi bila hard disk tidak terdeteksi juga, maka matikan PC Anda, cabut semua kabelnya dan buka casing-nya.

Setelah itu, cek kabel power serta kabel data, dimana yang menyambungkan hard disk dan motherboard, pastikan telah terpasang secara baik.Hidupkan kembali, apabila kasusnya berulang seperti itu lagi, maka kemungkinan besar itu hard disk Anda rusak. Sebaiknya, konsultasikan saja ke master service di dekat rumah Anda. Karena teknisi komputer mengerti cara atasi data dari hard disk yang rusak.

Demikianlah postingan mengenai Solusi PC Tidak Nyala, Tidak Bisa booting, dan Sering Restart Sendiri.  Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semuanya. EnjoyYourDay !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solusi PC Tidak Nyala, Tidak Bisa booting, dan Sering Restart Sendiri "

Post a Comment