7 Cara Praktis Meningkatkan Skill Pemrograman

Cara Meningkatkan Skill Pemrograman - Bagi sebagian orang mengganggap pemrograman mungkin membosankan saat dipelajari. Bahkan hal ini kerap terjadi pada para pemula, hal ini memang tidak dapat lagi dipungkiri mengingat dalam mempelajari pemrograman membutuhkan ketelitian yang tinggi, selain itu kesabaran kita juga di uji sekali. Akan Tetapi, hal demikian dapat ditepis karena dalam dekade terakhir ini banyak layanan berbasis cloud bermunculan. Ini dirancang dengan tujuan untuk mempermudah banyak orang serta perusahaan dalam mempelajari pemrograman, terutama untuk meningkatkan source code dan mengembangkan bakat lebih baik.

 Cara Praktis Meningkatkan Skill Pemrograman
Source Code


1. API Fortress

Sudahkan kamu menggunakan API dengan cara yang tepat? Kamu tahu apa? Kini Kakas API Fortress bisa membantu kita dalam penggunaan API. Salah satu fitur yang diberikan API Fortress itu adalah platform pengujian API tanpa adanya skill coding, menarik bukan? Selanjutnya, kita pun mampu membuat pengujian dengan mudah serta cepat dalam panduan UI yang intuitif, adanya penjadwalan otomatis dan tentu saja mendapatkan pesan error apabila ada sesuatu yang di anggap salah pada pengujian API yang kita buat.

2. Codacy

Sering coding? Namun begitu jarang review. Hemm, ditambah lagi jika masalah tersebut bukan sintaks error melainkan kesalahan logika pemrograman. Wow, rumit ya jadi nya? Nah, sekarang layanan Codacy yang saya jelaskan ini tentu akan membantu untuk mereview coding yang kita buat. Setidaknya adanya sentuhan layanan bisa memeriksa kesalahan logika pada coding kita ya, teman?



3. Karat.io

Layanan ini layak untuk dicoba, dimana dengan memanfaatkan pewawancara handal, tentu kualitas wawancara terhadap skill pemrograman dari calon karyawan akan menjadi lebih baik. Ditambah lagi dengan layanan yang telah menggunakan proses distandarisasi.


4. Ikuti Bootcamp Pemrograman

Kalau kita belajar sendiri, kemungkinan yang terjadi hanya-hanya coding itu saja, kecil kemungkinan pengembangan yang kita dapat. Lain hal nya jika kita mengikuti bootcamp yang diadakan dari berbagai komunitas terkait dengan pemrograman. Tentu disana akan ada sharing ilmu. Nah, disini lah momen yang tepat untuk teknik-teknik pemrograman yang lebih banyak dan efisien sehingga kita akan semakin banyak ilmu.

5. Wizpert

Akan ada waktu dimana kita buntu dalam menghadapi masalah pemrograman, apalagi bila kita sedang berada jauh dengan panduan pemrograman. Lalu bagaimana tindakan selanjutnya? Nah, jangan khawatir lagi. Karena Wizpert bisa membantu kita dalam memecahkan masalah pemrograman yang sulit, yaa Wizpert. Wizpert ini merupakan platform chat yang diperuntukan terkait pemrograman. Kita tentu bisa mendapatkan bantuan secara langsung dan cepat, singkatnya 1-on-1. Dengan begitu, masalah coding yang dihadapi, dapat ditangani secara langsung dan juga adanya tambahan saran-saran yang membangun mengenai bagaimana cara mengoding yang baik.

6. Pelajari Bahasa Pemrograman yang Memiliki Tingkat Kesulitan Tinggi

Pemikiran ini muncul dari Carter Page, dia salah seorang engineer senior di Google. Carter mengatakan, “Name anything that is foundational, complex, and performance critical. It was written in C, with a sprinkling of assembly thrown in,”. So, apabila kita benar-benar ingin punya skill di bidang pemrograman, mulailah dengan bahasa pemrograman yang paling sulit, C dan C++ misalnya.

7. Codecademy

Codecademy merupakan ruang pembelajaran online yang paling populer dan banyak diminati oleh programmer. Pemula juga bisa ikut gabung. Tentu akan menemukan banyak ilmu. Ini kesempatan paling baik untuk belajar pemrograman secara online di lingkungan yang interaktif, gratis lagi.  Anda hanya bermodalan internet saja. Menariknya lagi Codecademy ini juga tersedia online yang dapat diakses langsung melalui smartphone.

Nah, itu dia ke-7 cara mengembangkan skill pemrograman, Gimana? Seru, bukan? Makin asik dan sukses ngoding yaa.

Subscribe to receive free email updates: