Cara Asik Belajar Pemrograman Tanpa Ribet

Pelajari Code? Jangan Bingung !

Belajar Pemrograman - Sebenarnya tak ada yang tak bisa. Dalam hidup ini hanya ada dua pilihan: Mau atau Tidak. Ketika anda memilih mau berarti anda telah menyukseskan niat menuju langkah kebaikan. Lalu, jika memilih tidak anda telah terjebak kepada jebakan gelap yang nantinya akan semakin gelap. 

Begini saja, pada kenal dong dengan pepatah akan ada banyak jalan menuju Roma. Nah, begitu juga dengan programmer ada banyak cara yang bisa dilewati untuk belajarnya. Dalam menjalani proses memang tidak mudah, maka dari itu setia lah pada proses. Perjalanan itu yang akan membuat kita semakin banyak belajar. Terus kamu sudah tahu belum siapa programmer wanita-wanita tercantik? 
Nah coba baca dulu nih 7 wanita seksi dan cantik berprofesi sebagai programmer.

Selain itu setiap orang juga memiliki pemahaman berbeda dalam setiap belajarnya, begitu juga dengan programmer dan ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti latar belakang, kecepatan dalam belajar, keadaan ekonomi serta memungkinkan kepada lingkungan juga. 

Artikel ini saya paparkan untuk kamu penyuka tulis bukan bagi yang telah mahir pemrograman, tidak... tidak !! Khusus untuk Kamu yang baru mengenal pemrograman, dan terbesit dalam hatimu untuk mendalaminya, karena jika sesuatu yang kita kita kerjakan tentu mesti ada rasa cinta. 

Gimana? Masih penasaran cara memulainya itu bagaimana? 

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk memulai belajar pemrograman:

Belajar programming
Source Code

1. What is "Programming"?

Point pertama ini kamu harus mengerti dulu apa itu programming, tanpa mengenal tak akan menumbuhkan rasa cinta. Bener? Tentu kita harus tahu apa itu programming, tidak boleh langsung bilang saya suka tanpa mengenal, itu bahaya lho. 
Bagi sebagian orang mungkin tidak mencoba mendalami pemrograman, dengan alasan hanya tau sebagian saja. Misalnya hanya mengetahui, “pemrograman itu yaa menulis kode di text editor saja dan jadi deh kamu bikin program”. Secara umum, ramai kita mengetahui hal yang demikian. Nah.. kalau hanya itu yang diketahui, wajar saja jika banyak yang tidak tertarik untuk belajar pemrograman.

Namun, coba bayangkan apabila kita mengetahui bahwa dengan pemrograman juga bisa membuat sebuah program yang begitu bermanfaat bagi orang banyak, tentu semua dunia akan senang menggunakan program kita, lalu kita menjadi orang yang paling bahagia karena bekerja denga hobi yang di bayar. Tentu ini akan menyenagkan sekali.

2. Pilihlan sebuah bahasa pemrograman


Tak dapat dipungkiri lagi bahwa pada akhirnya orang yang menyukai program ini harus memilih satu bahasa pemrograman yang paling ia senangi. Karena mustahil orang akan mampu mengusai bahasa pemrograman dengan banyak. Begitu banyak sekali bahasa pemrograman yang ada tersedia, mulai dari bahasa tingkat rendah,  bahasa tingkat menengah, bahasa tingkat tinggi dan bahasa mesin. Kamu boleh cek sendiri macam-macam dari bahasa pemrograman yang telah disebutkan di atas. 

Yang perlu di ingat, dalami lah satu bahasa pemrograman, karena sangat jarang orang yang mampu mengusai semuanya. Try, try, and try !
Baca aja 7 cara meningkatkan skill pemrograman

3. Ayo Tunjukan Aksi Nyata 

Ehh ini bukan demo ya teman hehe. Tapi mulai lah belajar, beri lah aksi nyata terhadap dirimu sendiri agar kamu tidak menipu diri sendiri yang hanya mampu niat, niat, niat saja tanpa ada tindakan. Karena sama saja, itu alhasil kamu bakal nothing. Nah.. ketika kamu telah mengetahui apa itu pemrograman dan Kamu sudah punya bahasa pemrograman yang ingin kamu kuasai, langkah berikut nya mari pelajari. Jangan tunggu esok, jangan tunggu. Tunggu terus bakalan zonk. Ingat waktu jalan terus, jangan sampai kita terjebak di tempat itu-itu saja. 

Belajarlah algoritma dasar terlebih dahulu. Cara ada banyak sekali bertebaran di internet, atau anda bisa baca di buku, coba panduan di youtobe. Ada banyak sekali, maka dari itu, mulailah. Pilihlah sekarang. Apabila perlu ajak teman yang seirama, artinya dia juga menyukai hal yang serupa. Jadi akan mempermudah kalian dalam belajar. Saling mengisi, dimana ada yang tidak tahu maka kalian saling berbagi dan mengisi satu sama lain. Komplit pokoknya. Bahkan buat komunitas, mulailah !

4. Coba dengan program-program sederhana

Tentu dengan belajar teori saja tidak akan cukup, harus dibarengi dengan praktek. Mari mencoba dengan program-program sederhana terlebih dahulu, itu akan semaki mempermudah kamu dalam membuat program-program berikutnya.


5. Update itu harus!

Hari gini masih kudet? Uh, kemana aja? Yahh sorry alay nya jadi kumat gini hihi. Tapi yaa bener juga sih masa iya hari gini masih kudet informasi. Apalagi kamu yang ingin mendalami pemrograman. Salah besar deh kalo kurang update. Saya rasa apapun pembelajaran harus selalu tau informasi deh, yaa karena itu sangatlah, bukan cuma-cuma. Menyangkut pemrograman boleh jadi apa yang kamu tengah pelajari sudah tidak dipelajari lagi oleh orang lain karena telah ada yang lebih menarik atau lebih baik lagi. Nah, maka itu kamu harus update informasi. Lalu bagaimana caranya biar update informasi mengenai pemrograman. Tidak usah ragu, ini saya bagikan salah satu cara update informasi. Sering-seringlah mengunjungi web-web seperti SitePoint, Mashable, OMG! Ubuntu! 

6. Join bersama grup/forum pemrograman

Halo teman, kamu itu dak sendiri! Banyak kok diluar sana yang menyukai pemrograman dan yang sedang belajar atau bahkan telah menjadi master. Tapi ingat, sekalipun dia master dia pasti tidak mau ketinggalan informasi. Begitupun seharusnya bagi kamu. Tidak boleh kudet apalagi gampang nyerah. Kamu langsung bisa menyapa orang-orang hebat itu, dan bertanya kepada mereka jika memang perlu. Seharusnya sih perlu. Agar semakin banyak ilmu. Jangan malu bertanya !

Dan apabila kamu telah terlibat dalam sebuah forum tersebut, usahakan selalu aktif. Kamu pun bisa membantu rekan-rekan lain semampu kamu. Hidup akan indah jika berbagi, kalau pelit bikin dunia sendiri saja. Kan begitu? Allah tidak akan menyukai orang yang kikir, dan percayalah orang kikir itu tak akan bahagia. Jadi jangan pelit. 

Demikianlah artikel mengenai Cara Asik Belajar Pemrograman Tanpa Ribet. semoga bermanfaat untuk semua. Dan ingat bahwa dalam proses belajar akan ada masa jatuh bangunnya. Tapi alihkan itu semua dengan rasa cinta kamu. Yakinlah bisa !!

EnjoyYourDay..

Subscribe to receive free email updates: