Kenapa Cewek Harus Ngoding?

Pembahasan menarik seputar pemrograman nih. Dari judul sudah terlihat menantang ya, Sob? Kenapa cewek harus ngoding juga? Banyak sekali kita melihat yang ngoding itu laki-laki. Lalu, apakah tidak untuk perempuan? Tentu jawaban nya belum tentu. Lihat sekarang sebagian wanita menggilai ngoding, mungkin ini tidak biasa bagi seorang wanita yang harus berhadapan dengan layar laptop setiap hari nya. Maka dari itu, anak-anak IT juga tidak bisa dipisahkan dengan kacamata. Mengingat begitu pentingnya kesehatan mata dari radiasi, atau bahkan ada yang sudah minus aja kali yaa. Mungkin ada beberapa kalimat yang sering saya dengar, seperti :

Cewek Tukang ngoding
Keren nya wanita ngoding


"Kok kamu mau ngoding sih? Kan itu sulit"
"Banyak ngoding juga banyak begadang, sedang kita kan ini wanita. Kulit nanti jadi tidak cantik lagi."
"Yang jago urusan komputer serahkan saja sama laki-laki. Cewek kan jago dandan dan masak aja."

Dan seterusnya yang masih banyak segelintir opini lainnya yang terlontar.
Iyaa, aku bisa paham tingkat kesulitan dari ngoding. Bahkan ada yang sulit banget, tapi itu akan kalah dengan kenyamanan atau kecintaan terhadap ngoding. Tak ada yang bisa membantah soal kenyamanan dan kecintaan, selama itu membawa kepada hal yang positif, why not? Tapi disini bukan berarti semata-mata kita ngoding saja tanpa menyisihkan waktu untuk mengerjakan pekerjaan lain. Pandai-pandailah dalam mengatur waktu karena itu akan menghantarkan kita ke gerbang keberhasilan dengan niat tujuan yang baik tentunya.

Coba deh baca 7 Wanita Programmer yang Seksi dan Cantik

Kenapa wanita harus ngoding? Kenapa wanita harus peka teknologi?


#1 Peka terhadap permasalahan, wanita juaranya.


Banyak yang mengatakan bahwa wanita lebih sering menggunakan perasaan ketimbang logika. Yap! Justru hal ini menjadi kelebihan yang dimiliki para ladies. Karena dengan pekanya wanita terhadap hal-hal sepele sekalipun, mampu menjadikan wanita menciptakan banyak ide-ide cemerlang dalam mengatasi permasalahan yang ada di sekitar. Tentu dengan memanfaatkan teknologi.

#2 Wanita akan menjadi sekolah pertama bagi anak anaknya

Jika wanita yang lebih paham teknologi tentu akan lebih peka teknologi apabila mengajarkan anaknya dalam hal menggunakan teknologi. Seorang ibu yang paham teknologi pandai memanfaatkan teknologi sebagai sarana pendukung belajar anak, dia juga mampu memilah hal baik dan buruk, karena lebih dahulu tahu dampak ke depan bagaimana.

#3 Wanita lebih pintar daripada pria

Pernah dengar tidak jika wanita itu lebih pintar dibanding pria? Mengapa?  Karena wanita itu jauh lebih rajin dari pria! Disini modal rajin sebenarnya cukup-cukup saja. Cukup konsisten dengan waktu belajar, luangkan waktu untuk membaca, latihan terus, rajin mengerjakan tugas. Karena dengan rajin ini dapat menjadikan kita biasa. “alah bisa karena bisa”. Nah, sayang aja gitu kalau misalkan kepintaran kaum hawa ini tidak dimanfaatkan untuk ngoding. Tak ada paksaan untuk menjadi master, asal bisa solving problem pakai bahasa yang kamu kuasai aja udah lebih dari cukup kok. Udah luar biasa banget ;)

#4 Developer Wanita Masih Sedikit

Sepertinya telah menjadi rahasia umum jika yang bergelut di bidang ini dominan pria. Halo ladies, perlu diketahui bahwa coding sama sekali tidak membutuhkan kesetaraan gender. Tidak perlu malu, cukup mau saja. Di tambah lagi saat ini telah banyak komunitas developer wanita katakanlah Female Geek PHP Indonesia dan FemaleDev yang dapat menjadi wadah mencari ilmu, nah maka dari itu sudah tidak ada alasan lagi untuk malas belajar. Hanya ada dua opsi, mau atau tidak. Jika pilihannya mau berarti kamu siap untuk membuka pikiran terbuka untuk mengenal hal-hal baru, peduli untuk melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang serat lebih adaptif kepada teknologi yang kekinian.

code
Code design


See? Kalau kamu para wanita peka teknologi dan bisa ngoding, kamu akan jauh paham penerapan teknologi yang tepat, bermanfaat dan bisa buat apapun yang kamu mau. Bukan tidak mungkin kegiatan masak atau fashion di masa yang akan datang itu bisa jadi lebih mudah dengan program yang kamu buat. Bagaimana? Jadi, kenapa wanita harus ngoding? Don't ask why, but why not? :)

Sudah tertarik ngoding tapi kesulitan cara memulainya. Jangan khawatir. Semoga artikel Cara Belajar Pemrograman Asik bisa membantu ;)

Subscribe to receive free email updates: