Ketahui Perbedaan Progam Files dan Program Files (x86) di Windows 64-bit

Perbedaan Progam Files dan Program Files (x86) di Windows 64-bit


Halo teman-teman... balik lagi nih ana. Baru ngepost lagi, maklum kemarin ada hal yang harus dikerjai dan engga boleh di tunda. Yaudah di abaikan saja, sama sekali tidak penting. Karena yang penting sekarang adalah memberikan penjelasan mengenai program files (x86) di windows 64-bit. Nah, apabila kamu pernah menginstall sebuah software, pernah memperhatikan letak atau tempat software tersebut di install? Oke, saya anggap saja sudah yaa. Karena pada saat menginstall sebuah software pasti akan dihadapkan dengan peletakan tempat penginstalan. Pasalnya pada pemilihan lokasi penginstallan dilakukan agar mudah memilih lokasi penginstallan yang kita mau. Meski pada umumnya standarisasi lokasi saat menginstall itu akan masuk ke system C dimana tempat semua file SO windows berada. Maka dari itu, apabila kapasitas di sistem C hanya tinggal sedikit bisa menginstall software tersebut di lokal disk lain yang kapasitasnya masih banyak.

Berbicara perihal penginstalan software tentu saja software tersebut tidak langsung masuk atau terinstall pada sistem C, akan tetapi justru masuk ke folder yang secara khusus yang telah disediakan oleh windows sebagai tempat install software tersebut. Untuk foldernya itu pun terkadang pasti sudah banyak mengetahuinya, yaitu akan masuk kepada folder Program files. 

Windows 32 bit dan 64-bit
 Program Files (x86) di Windows 7 64-bit


Tapi, bila kamu ini pengguna windows 64-bit, baik itu sistem operasi windows 7, windows 8 atau Windows 10. Pernah tidak perhatikan bila folder program files yang ada di lokal disk C itu terdapat 2 folder, pertama program files dan untuk yang kedua juga sama hanya saja terdapat tanda (x86) dibelakngnya. Mungkin sebagian dari kita banyak yang bertanya-tanya mengapa terdapat dua folder program files dan yang satu lagi malah terdapat penulisan (x86) dibelakangnya? Nah, maka dari itu tujuan dibuat nya artikel sederhana ini. Langsung saja simak penjelasan nya di bawah ini :

Perbedaan Progam Files dan Program Files (x86) di Windows 64-bit

Sebenarnya cukup mudah dipahami perbedaan program files dan program files (x86) ini, dimana terletak pada software yang akan di install. Apabila software yang di install itu merupakan software support windows 64-bit maka jelas software tersebut secara otomatis akan terinstall atau dengan kata lain akan masuk ke folder Program Files. Sebaliknya apabila menginstall software 32-bit atau bisa dibilang juga sebagai software yang tidak cocok bitnya dengan windows hal ini maka secara otomatis akan terinstall kepada Program Files (x86).

Singkatnya begini, Folder Program Files (x86) disini boleh dibilang sebagai folder yang menampung semua software dari 32-bit, sedangkan untuk folder Program Files ini justru untuk menampung semua software atau aplikasi yang telah support windows 64-bit. Kabarnya Microsoft membuatkan program files (x86) ini yaitu agar software 32-bit atau yang tidak support windows 64-bit bisa dengan lancar saat di jalankan pada windows 64-bit.


Lalu Bagaimana Bila Software 64-bit dijalankan di Windows 32-bit

Memang benar software atau aplikasi 32-bit ini bisa dijalankan di windows 64-bit, akan tetapi untuk software 64-bit tidak akan pernah bisa dijalankan di windows 32-bit. Mengapa demikian? Alasannya karena pada dasarnya kebanyakan software telah support windows 32-bit, berbeda dengan software yang support dengan windows 64-bit. Maka dari itu, alasan pihak microsoft tidak memperbolehkan software 64-bit untuk dijalankan di windows 32-bit . Jelas alasan ini karena lebih banyak software 32-bit yang di buat. Oia bagi kamu yang belum tau 32 bit atau 64 bit. Coba baca di artikel Cara Mengetahui 32 bit dan 64 bit di pc/laptop kamu.

Nah, gimana nih teman-teman teknokrat? Sudah pahamkah? Atau masih ada yang mengganjal dan ingin bertanya. Tidak usah ragu, mimin sudah sediakan langsung kotak komentar nya. Tinggal di komen saja. Bagi yang sudah paham, semoga artikel sederhana ini bisa membantu pengetahuan kita semua. Terus membaca dan buka jendela dunia. Keep going !

EnjoyYourDay..

Subscribe to receive free email updates: