Pengertian GNU/Linux

GNU/Linux adalah - GNU merupakan akronim dari GNU's not Unix, dimana sebuah project yang diusung oleh Richard Stallman dalam membuat sistem operasi Unix-like berbasis semangat free Software.

Kamus besar wikipedia mengatakan General Public License (disingkat GNU atau GPL) yang artinya suatu lisensi perangkat lunak bebas. Ini aslinya tulsian Richard Stallman untuk proyek GNU. Lisensi GPL ini memberikan penerima salinan perangkat lunak hak dari perangkat lunak bebas serta menggunakan copyleft. Bertujuan untuk memastikan kebebasan yang sama hingga diterapkan pada versi berikutnya dari karya tersebut. Pada versi terakhir lisensi ada versi 2, rilisan tahun 1991. GNU lesser General Public License (LGPL) yang merupakan versi lain dari GPL, ini justru ditujukan pada penggunaan software library.

GNU/Linux
Pengertian GNU/Linux
Menurut kacamata FUI, GNU lebih unggul kepada sebuah gerakan revolusi software dimana dengan membuka source code dan juga menempatkan kebebasan penuh terhadap software tersebut.

Nah.. sedangkan, GNU/Linux atau sering disingkat Linux ini merupakan sistem operasi dimana yang bersifat Open Source. Kernel Linux ini diciptakan pertama kali tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Kernel Linux berikutnya menggunakan utility serta library sistem operasi GNU dimana yang telah dikembangkan jauh sejak tahun 1983 yaitu Richard Stallman. Maka setelah itu, Linux diusung dengan nama alternatif GNU/Linux sebagai tanda bahwa Linux telah dikembangkan dengan menggunakan lisensi publik GNU (GPL).

Kesimpulan dari pembahasan di atas jika disederhanakan akan menjadi seperti berikut :

GNU/Linux OS  →  GNU + Linux
GNU/Linux OS  →  GNU.org (Richard M. Stallman) + Linus B.Torvals

GNU/Linux merupakan Sistem Operasi utuh dimana gabungan aplikasi-aplikasi, libraries serta tools hasil developing dari GNU Project dengan kernel Linux.

Subscribe to receive free email updates: