Tips Menumbuhkan Motivasi Diri Sendiri

Tumbuhkan Motivasi Dalam Diri 

1. Ciptakan Sensasi

Menumbuhkan Motivasi dalam diri
Lakukan Sesuatu untuk Dirimu Sendiri

Point pertama adalah Ciptakan sensasi atau sesuatu, maksudnya adalah untuk dapat “membangunkan” atau membangkitkan gairah anda saat menyambut pagi. Contohnya begini, anda harus berhasil mendapatkan keuntungan ratusan juta rupiah. Meskipun ini terdengar mustahil, tapi dengan adanya pikiran seperti ini justru membuat semangat bangkit seolah harus mendapatkan nya.

2. Terus Kembangkan Tujuan 

Melatih diri untuk kreatif
Kembangkan Tujuan Anda dengan Semangat

Sebagai makhluk yang kreatif, jangan pernah terpaku pada satu tujuan yang sederhana. Mengapa? Karena tujuan hidup ini terlalu sederhana jika hanya punya tujuan sederhana. Padahal kita telah diberikan kekuatan oleh Allah. Saya ingatkan lagi, tidak ada yang instan untuk mendapatkan semua nya. Maka dari itu, setia lah pada proses. Dan dalam perjalanan itu anda semakin melatih diri untuk maju dan sabar saat menghadapi sesuatu. Ingatlah kembali bahwa Allah bersama orang-orang yang sabar. Terus kembangkan tujuan anda.

3. Hindari Teman yang Tak Suka Belajar

Hindari Teman yang tidak perlu
Jangan takut sendiri, jika itu lebih baik

Teman begitu berpengaruh dalam setiap langkah. Jika dia tak suka dalam hal kebaikan, maka jika kita terus bersama nya tentu akan menular hal demikian. Tak perlu ragu untuk meninggalkan teman-teman yang tidak sama sekali mendorong kamu dalam mencapai tujuan. Sebab, siapapun teman yang baik, semestinya mampu membawa anda pada perubahan yang lebih baik, bukan sebaliknya. Kamu harus tahu bahwa dengan bergaul dengan orang-orang yang optimis akan membuat pikiran terbuka, lebih berani, dan tentu masih banyak hal positif lainnya. Bersama mereka hidup lebih bermanfaat dan penuh motivasi.

4. Cegah Rasa Takut

jangan takut dalam melakukan sesuatu yang benar
Don't be Afraid

Rasa takut jangan sampai menguasai diri kamu. Cegah hal ini dari sekarang. Tak akan jadi apa-apa bila kita takut. Apalagi bagi kamu yang berkeinginan kuat untuk mendapatkan sesuatu, rasa takut ini tak pantas berada disisi kamu. Untuk mencegah rasa takut, kamu cukup menghampiri rasa takut tersebut. Contohnya begini, selama ini kamu begitu takut saat menghadapi masa depan yang buruk. Ubah mindset seperti itu, karena hal demikian hanya membuat kamu semakin tidak mengenal dirimu yang sebenarnya. Datang dan nikmati saja rasa takut itu yaitu dengan cara mencoba mengatasinya. 

5. Katakan “Selamat Datang” pada Setiap Masalah

Welcome
katakan selamat datang kepada Bismillah

Nah, poin ke-5 ini mungkin terlihat biasa, tapi tahukah kamu bahwa dengan mengatakan hal demikian akan semakin membuat semangat dan fokusmu meningkat dan sebagai muslim jangan lupa dalam mengawali apapun dengan Bismillah. Karena hanya Allah yang membantu kita untuk mengatasinya. 


6. Mulailah dengan Rasa Senang

kebahagiaan
Melakukan sesuatu dengan ikhlas dan senang

Melakukan sesuatu sangat sempurna jika dilakukan dengan rasa senang. Yaa tentu benar, senang ini bisa juga dikatakan bermain. Jadi bila kamu melakukan suatu kegiatan dengan membumbui nya dengan rasa senang, maka akan terlihat seperti bermain. Maka dari itu, bekerja dengan hobi yang dibayar itu merupakan sesuatu yang sangat bagus dan hebat. Ingat, dalam melakukan sesuatu itu jangan pernah terbebani.

7. Berlatih Keras 

Hard working
Berjuang dan berlatih keras

Walahh, point terakhir malah harus berlatih dengan keras yaa, jadi malas dong ya. Eh tidak bisa begitu, tidak mbak, mas. Dalam melakukan apa pun harus disertai kerja keras agar hasil pun nampak jelas dari jerih payah kita. Bermalas-malasan hanya mendatangkan keburukan. Kita mesti berlatih terus agar mendapatkan hasil terbaik. Pada dasarnya, tidak ada yang tidak dapat anda raih jika terus berlatih keras. Semakin gigih, semakin mudah pula dalam mengatasi setiap kesulitan.

8. Berdo’a

pray
Meminta petunjuk kepada Allah

Tak dapat kita pungkiri lagi bahwa kekuatan do’a ini sangat ampuh dalam menjalankan apapun. Berdo’a kepada Allah memberikan kita semangat terus. Menggantungkan harapan hanya kepada Allah semata. Selama kita terus berharap kepada Allah, maka harapan kita belum mati. Jadi bumbui perjuangan kamu dengan berdoa kepada Allah SWT agar kemudahan terus mengalir deras.

Akhir Kata:

Motivasi menumbuhkan semangat mencapai tujuan. Dorongan kuat dalam diri, memberikan apresiasi dan penghargaan tersendiri terhadap diri serta hidup ini. Sehingga tak akan ada keraguan dalam melangkah ke depan. DREAM, BELIEVE, ACHIEVE.

EnjoyYourDay..

Baca juga:
8 Kunci keberhasilan 

Subscribe to receive free email updates: