Langkah Penting dalam Pembuatan Brand

Hal-hal Penting yang Perlu Kamu Perhatikan dalam Membuat Brand – Dalam pembuatan brand ada beberapa jenis Brand yang perlu kamu ketahui, seperti: Brand Perusahaan, Brand Organisasi, Brand Acara, Brand Produk, Brand Jasa, Brand Perorangan, Brand Geografis. Atau untuk lebih jelasnya coba pelajari lagi penjelasan singkat mengenai brand agar kamu lebih paham ;)

Apabila kamu ingin membuat Brand maka tentukan target pasar yang akan kamu tuju. Buatlah Brand atau merk yang sesuai dengan Model Bisnis UKM kamu, bukan malah sebaliknya. Misalnya begini jika bergerak di bidang kuliner, maka Brand tersebut haruslah mencerminkan Product tersebut serta Image Perusahaan yang meliputi layanan yang akan diperoleh oleh pelanggan.
(Baca juga: Cara membuat graffiti secara online)

Cara Pembuatan Brand
Brand atau merk produk


Berikut ini Element-element Penting dalam Membuat Brand

Nama

Element nama merupakan rangkaian kata yang digunakan untuk meng-identifikasikan perusahaan, product, jasa maupun jenis brand lainnya. Kemudian juga bisa mencerminkan visi dan misi perusahaan kamu.

Logo

Sebuah bentuk Visual yang mencerminkan Brand kamu pada bagian dari brand image, karena itulah tagline harus mampu mengkomunikasikan visi dan misi kamu, dan juga konsisten dengan apa yang kamu janjikan kepada publik. (Ketahui Desain terlebih dahulu)

Bentuk

Bentuk unik dan berbeda dari botol kaca Coca Cola inin pada akhirnya membentuk sebuah identitas brand yang cukup kuat dan kenal cukup luas. Tak jauh berbeda bentuk produk Apple, mulai dari iPhone, iPod hingga iPad yang meskipun selalu bervariasi, akan tetapi tetap mengesankan dengan bentuk minimalis elegan yang menjadi ciri khasnya pun kini menjadi salah satu identitas yang dipertahankan dan menjadi pembeda dari brand ini.

Warna

warna juga tak kalh penting, teman. Warna melambangkan identitas brand tersebut. Katakanlah GreenPeace dimana sesuai dengan warnanya selalu menggunakan warna-warna yang berhubungan dengan alam, hijau dan cokelat.

Grafik

Termasuk kepada bentuk font yang digunakan untuk mencetak nama brand. Walt Disney memiliki grafik nama yang legendaris, begitu pula dengan Coca Cola.


Suara

Jangan diragukan lagi bahwa peranan sebuah jingle sangat berperan penting dalam mengaitkan persepsi brand dengan sebuah produk/jasa. Hal ini tentu saja, kamu bisa langsung mengenali jingle es krim Walls, sari roti saat keliling dan terdengar di telinga kamu. Selain itu juga soundtrack film Mission Impossible – ya, film ini pun bisa  menjadi sebuah brand yang benar-benar kuat – karena menjadi salah satu penanda pentingnya asosiasi suara terhadap suatu persepsi brand.

Nah, begitulah uraian singkat dari saya mengenai Langkah Penting dalam Pembuatan Brand. Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan  langsung. Jangan lupa berbagi cerita kamu di kolom  komentar yang telah disediakan. Semoga hari mu menyenangkan ;)

Subscribe to receive free email updates: