Ubah Hobi Jadi Hoki

Bagaimana Agar Hobi Menghasilkan Uang?


Mengubah hobi menjadi hoki - Teman-teman tahu tidak bahwa dengan hobi dapat menghasilkan uang? Kedengaran nya cool bener yaa. Sudah hobi, dapat duit lagi. Saya rasa, semua orang juga ingin seperti itu. Tapi sayang, tidak cukup banyak yang melakukan demikian. Hanya sekedar suka tanpa ada action sama sekali.

Hobi mahal kamu ternyata dapat dipakai sebagai mata pencaharian utama. Tentu ini sangat menyenangkan. Mulai dari actor Christian Ronaldo yang hobi sekali bermain bola, kini menjadi bintang bola ternama dunia. Kemudian actor dalam negeri sebut saja Raditya Dika, siapa yang tidak mengenal stand up comedy yang satu ini. Selain gemar membaca, menulis, Radit juga terkenal Youtober handal di Indonesia. Gak kebayang dong, penghasilan nya itu bagaimana. Tentu banyak guys. 

Lalu bagaimana dengan kita? Apakah bisa juga demikian? Tentu bisa guys. Setiap manusia pasti memiliki hobi. Namun, terkadang hobi biasanya justru menghabiskan biaya. Nah, bagaimana agar hobi dapat menghasilkan hoki bagi kita? Simak uraian berikut dan baca juga tips menumbuhkan motivasi diri sendiri:

hobi jadi uang
Hobi kamu apa dong?


1. Apa hobi utama kamu?

Berbicara hobi, kecil kemungkinan yang terjadi hanya memiliki satu hobi saja, umumnya hobi ini ada lebih dari satu. Sebab itu, kamu harus memilih satu hobi yang paling kamu sukai. Baiklah saya contoh kan saya saja, di bangku kuliah, saya senang sekali dengan kegiatan blogging, membaca, masak. Lalu, dari ketiga hobi tersebut saya hanya memilih satu yang paling saya cintai, blogging. Iyaa, tepat sekali. Dunia ngeblog membuat saya lupa duka, lupa akan hal yang menyuruh sedih. Dengan kesenangan demikian, saya pun mantapkan hati untuk ngeblog dari awal sampai sekarang.

2. Kembangkan Lebih Lanjut

Kamu hobi memelihara binatang? Hobi yang dikenal sebagai ‘hobi mahal’ ini ternyata dapat di manfaatkan sebagai mata pencaharian. Seorang bapak bertangan dingin bertempat tinggal di kota Malang telah berhasil menangkarkan burung-burung langka dan unik. 
Harga jualnya? Tentu puluhan sampai ratusan juta rupiah. Kini, hidupnya cukup mapan.

3. Ikut Komunitas Sehobi

Apabila ada kemampuan memotret, ikutilah komunitas penggemar fotografi dan persatuan fotographer yang ada di kota mu, kalau saya sekarang mengikuti komunitas yang sama-sama senang dengan blogging. 

Lalu apakah ada kelebihan jika kita mengikuti komunitas semacam ini? 
Tentu ada guys, malah sangat banyak manfaat yang di dapat. Selain semakin berkembang nya ilmu dari hobi, kemampuan semakin terasah, dan kita juga semakin banyak teman. Jika ahli di bidang tertentu, maka komunitas yang menjadi ‘corong’ gratis bagi kia. Worth of mouth advertising alias iklan getok tular sangat efektif untuk memberi nilai ekonomi bagi hobi kamu guys.

4. Jual Diri

Wah jual diri’? Loh, loh kok malah jadi jual diri sih. Gak bener nih artikel. Sssttt, jangan salah paham dulu guys. Kalimat jual diri ini seringkali berkonotasi negatif. Namun, sebenarnya, frase ini netral. ‘How to sell yourself’ merupakan salah satu cara agar mengubah hobi menjadi hoki. Tidak hanya melalui komunitas, tetapi kita perlu juga ‘memperkenalkan diri’ agar nama kita tetap ‘terdengar’ hingga layak disebut aktif. Selain itu, jual ilmu yang ada pada diri kamu. Maka dari itu, kamu harus lah giat belajar agar memperoleh ilmu dan ilmu tersebut kamu jual sesuai skill hingga kamu punya pemasukan. It’s easy!

Bila passion kamu kuat pada hobi, maka jangan ragukan lagi tentang ahli yang kamu punya. Keahlian tersebut dapat menghasilkan uang.Lalu kamu tunggu apalagi? Mari, ubah hobi menjadi hoki seumur hidup. Jangan lupa terus berdoa agar Allah memudahkan segala urusan duniawi dan akhirat kita.

EnjoyYourDay..

Subscribe to receive free email updates: