Apa itu E-Commerce?

Pengertian E-Commerce


Definisi E-Commerce - E-Commerce adalah pembelian dan penjualan produk dan jasa oleh bisnis dan konsumen melalui media elektronik, tanpa menggunakan dokumen kertas. E-commerce secara luas dianggap sebagai pembelian dan penjualan produk melalui internet, tetapi setiap transaksi yang selesai hanya melalui langkah-langkah elektronik dapat dianggap e-commerce.

Secara umum, ketika kita berpikir tentang e-commerce, kita berpikir tentang transaksi komersial online antara pemasok dan klien. Namun, dan meskipun ide ini benar, kita dapat lebih spesifik dan benar-benar membagi e-commerce menjadi enam jenis utama, semua dengan karakteristik yang berbeda.

E-Commerce adalah
Apa itu E-Commerce?

Ada 6 jenis dasar e-commerce:

  1. Business-to-Business (B2B)
  2. Business-to-Consumer (B2C)
  3. Konsumen-to-consumer (C2C)
  4. Konsumen-to-Business (C2B).
  5. Business-to-Administrasi (B2A)
  6. Konsumen-ke-Administrasi (C2A)

1. Business-to-Business (B2B)

Business-to-Business (B2B) e-commerce meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa yang dilakukan antara perusahaan. Produsen dan grosir perdagangan tradisional biasanya beroperasi dengan jenis perdagangan elektronik.

2. Business-to-Consumer (B2C)

The Business-to-Consumer jenis e-commerce dibedakan oleh pembentukan hubungan bisnis elektronik antara perusahaan dan konsumen akhir. Hal ini sesuai dengan bagian ritel e-commerce, di mana perdagangan ritel tradisional biasanya beroperasi.

jenis hubungan dapat lebih mudah dan lebih dinamis, tetapi juga lebih sporadis atau dihentikan. Jenis commerce telah dikembangkan sangat, karena munculnya web, dan sudah ada banyak toko virtual dan mal di Internet, yang menjual segala macam barang-barang konsumsi, seperti komputer, software, buku, sepatu, mobil, makanan , produk keuangan, publikasi digital, dll

Bila dibandingkan dengan membeli ritel dalam perdagangan tradisional, konsumen biasanya memiliki informasi lebih lanjut tersedia dalam hal konten informatif dan ada juga ide luas bahwa Anda akan membeli lebih murah, tanpa membahayakan layanan pelanggan yang sama pribadi, serta memastikan proses yang cepat dan pengiriman pesanan Anda.

3. Consumer-to-Consumer (C2C)

Konsumen-to-consumer (C2C) jenis e-commerce meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa yang dilakukan antara konsumen. Umumnya, transaksi tersebut dilakukan melalui pihak ketiga, yang menyediakan platform online di mana transaksi sebenarnya dilakukan.

4. Consumer-to-Business (C2B)

Dalam C2B ada pembalikan lengkap dari pengertian tradisional barang bertukar. Jenis e-commerce adalah sangat umum di crowdsourcing proyek berbasis. Sejumlah besar individu membuat layanan atau produk mereka tersedia untuk pembelian untuk perusahaan yang mencari tepat jenis layanan atau produk.

Contoh praktek-praktek tersebut adalah situs di mana desainer menyajikan beberapa proposal untuk logo perusahaan dan di mana hanya satu dari mereka dipilih dan efektif dibeli. platform lain yang sangat umum dalam jenis perdagangan adalah pasar yang menjual foto-foto bebas royalti, gambar, media dan elemen desain, seperti iStockphoto.

5. Business-to-Administrasi (B2A)

Ini bagian dari e-commerce mencakup semua transaksi yang dilakukan secara online antara perusahaan dan administrasi publik. Ini adalah area yang melibatkan sejumlah besar dan berbagai layanan, khususnya di bidang-bidang seperti fiskal, jaminan sosial, ketenagakerjaan, dokumen hukum dan register, dll Jenis layanan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dengan investasi yang dilakukan dalam e- pemerintah.

6. Konsumen-ke-Administrasi (C2A)

Model Consumer-to-Administrasi meliputi semua transaksi elektronik yang dilakukan antara individu dan administrasi publik.

Contoh aplikasi nya meliputi:

  • Pendidikan - penyebaran informasi, pembelajaran jarak jauh, dll
  • Jamsostek - melalui penyebaran informasi, melakukan pembayaran, dll
  • Pajak - pajak pengajuan, pembayaran, dll
  • Kesehatan - janji, informasi tentang penyakit, pembayaran pelayanan kesehatan, dll

Kedua model yang melibatkan Administrasi Publik (B2A dan C2A) sangat terkait dengan gagasan efisiensi dan mudah kegunaan dari layanan yang diberikan kepada warga negara oleh pemerintah, dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi.

Keuntungan dari e-commerce

Keuntungan utama dari e-commerce adalah kemampuannya untuk menjangkau pasar global, tanpa harus menyiratkan investasi keuangan yang besar. Batas-batas jenis perdagangan tidak didefinisikan secara geografis, yang memungkinkan konsumen untuk membuat pilihan global, memperoleh informasi yang diperlukan dan bandingkan penawaran dari semua pemasok potensial, terlepas dari lokasi mereka. Lebih jelas nya mari baca lagi 15 Manfaat E-Commerce.

Dengan memungkinkan interaksi langsung dengan konsumen akhir, e-commerce memperpendek rantai distribusi produk.

Subscribe to receive free email updates: