Kiat Menjadi Seorang Insinyur Keamanan IT (IT Security Engineer)

Apa yang diperlukan untuk menjadi seorang insinyur keamanan TI ?


Langkah Awal Menjadi Seorang IT Security Engineer - Kita akan berbicara menurut pengalaman seorang Security Engineer, dimana peran aktif merupakan salah satu yang cukup penting di banyak perusahaan, dan kandidat untuk memenuhi syarat juga menjadi permintaan tinggi dalam sebuah perusahaan. Oleh itu, mari kita pelajari cara insinyur keamanan IT yang telah berpengalaman mendapat pekerjaannya hingga sukses hingga sekarang. Keterampilan dan pelatihan menjadi proses yang setia membantu nya sampai di sana.



Ketika Scott Copeland mendapat gelar associate di administrasi jaringan pada tahun 2004 lalu, ia menghadiri perguruan tinggi namun tidak ada tawaran dirinya untuk bekerja di keamanan jaringan, “akan tetapi justru dengan itu semangat nya lebih terpacu untuk mempelajari lebih lanjut tentang keamanan jaringan,” katanya. Dengan tekad dan haus untuk belajar membawanya pada pekerjaan yang saat ini dia telah menjadi seorang insinyur keamanan IT di FedEx Jasa di Memphis, Tenn.

IT Security Engineer
Scott Copeland

Awal Mula

Setelah diberhentikan pada tahun 2008 dari pekerjaan IT Security Engineer, teman-teman nya mendorong Copeland untuk menyalurkan bakat jaringannya untuk mendapatkan sertifikasi yang akan meningkatkan kariernya. Ia belajar selama tiga bulan dan mendapat gelar sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA) di routing dan switching. “CCNA adalah penolong terbesar [untuk jalur karir keamanan saya],” kata Copeland. “Ini salah satu sertifikasi jaringan yang paling sulit didapatkan dalam dunia industri.”ia menambahkan, “Karena hubungan jaringan untuk firewall dan VPN, memiliki komponen keamanan saat itu.” Dia juga menjelajahi posting setiap hari di Reddit, agregasi berita dan situs diskusi , lalu dia belajar sebanyak mungkin tentang jaringan dan keamanan IT, demi bersaing dengan orang-orang di luar sana.

Kemudian, ia mencari pekerjaan untuk mengasah kemampuan keamanan dan menemukan pekerjaan keamanan kontrak di FedEx. “Kami upgrade klien VPN,” kata Copeland. “Saya melakukan penulisan teknis untuk pengguna kami, dan saya masih mempertahankan hingga sekarang". Saya juga melakukan tiket dukungan VPN dan mulai melakukan tiket firewall.”Ketika proyek berakhir, ia mendarat di posisi keamanan jaringan penuh di waktu pertamanya yaitu Southwest Tennessee Community College. Dua tahun kemudian, ia kembali bergabung FedEx Jasa dengan peran sebagai insinyur security engineer tetap.

Peran dalam Fluks

Posisi keamanan IT engineer adalah peran yang cukup baru bagi sebagian besar perusahaan, dan tanggung jawab dan lingkup posisi masih dalam fluks, kata Victor Janulaitis, CEO dari Janco Associates Inc., yang menerbitkan laporan tahunan tentang posisi teknologi baru dan uraian tugas . “Peran dan tanggung jawab dalam permintaan tinggi,” kata Janulaitis, karena pekerjaan berfokus pada kontrol kualitas dalam infrastruktur TI. “Itu adalah salah satu hal yang telah dipotong kembali dalam beberapa tahun terakhir sebagai organisasi TI telah berusaha untuk mempertahankan dan biaya kontrol,” dan karena mereka terus outsourcing, katanya.

"Secara garis besar, insinyur keamanan TI bekerja pada sistem data center operasional dan jaringan. orang ini membantu organisasi memahami ancaman cyber canggih dan membantu menciptakan strategi mitigasi untuk memastikan bahwa jaringan dilindungi", menurut laporan deskripsi pekerjaan Janco.

Tangga karir yang logis untuk insinyur keamanan TI, menurut Janulaitis, akan pindah ke senior IT peran keamanan engineer dan kemudian untuk proyek manajer atau sistem dan posisi pemrograman.


Subscribe to receive free email updates: